TEKNO

Rilis Terbaru dari AMD: Seri CPU Mobile Ryzen 8040 dengan Keunggulan Utama di Bidang Kecerdasan Buatan (AI)

212
×

Rilis Terbaru dari AMD: Seri CPU Mobile Ryzen 8040 dengan Keunggulan Utama di Bidang Kecerdasan Buatan (AI)

Sebarkan artikel ini
AMD umumkan CPU mobile Ryzen 8040 Series yang fokus pada AI
AMD umumkan CPU mobile Ryzen 8040 Series yang fokus pada AI

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – AMD telah menggebrak pasar dengan pengumuman terbaru mereka mengenai seri CPU Mobile Ryzen 8040 yang menempatkan fokus utama pada kecerdasan buatan (AI).

Meskipun masih menggunakan arsitektur Zen 4 dan GPU RDNA 3 yang sama dengan pendahulunya, Ryzen 7040 Series, chip terbaru ini membawa inovasi baru dengan adanya Neural Processing Unit (NPU) AI pada model-model tertentu.

Pada awal tahun lalu, AMD mengumumkan platform Ryzen AI mereka di acara CES 2023.

Saat itu, AMD memberikan klaim menarik bahwa CPU mobile Ryzen 7040 Series dapat mengungguli chip M2 Apple hingga 20% dalam kinerja dan lebih hemat energi hingga 50%.

Dilansir dari thurrott.com, prosesor mobile Ryzen 8040 Series menawarkan peningkatan signifikan dalam kinerja pemrosesan AI, mencapai hingga 1,6 kali lipat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Seri ini terdiri dari 9 CPU mobile yang berbeda, dengan Ryzen 3 8440U sebagai model entry-level yang memiliki 4 core CPU/8 thread dengan frekuensi dasar 3,0 GHz (ditingkatkan hingga 4,7 GHz).

Di puncaknya, Ryzen 9 8945HS hadir dengan 8 core/16 thread berjalan pada 4,0 GHz (boost hingga 5,2 GHz).

Dengan chip ini, AMD mengklaim bahwa pengeditan video dapat dilakukan hingga 64% lebih cepat, rendering 3D hingga 37% lebih cepat, dan performa gaming meningkat hingga 77% dibandingkan dengan sistem serupa yang menggunakan CPU Intel Core i9-13900H.

Pengiriman CPU mobile Ryzen 8040 Series AMD baru diharapkan akan dimulai pada kuartal pertama 2024 di berbagai PC mobile.

Selain pengumuman mengenai CPU, AMD juga memperluas ekosistem AI mereka dengan merilis perangkat lunak Ryzen AI 1.0 secara luas untuk para pengembang yang ingin mengintegrasikan model AI mereka pada PC dengan Ryzen AI. AMD juga melangkah lebih jauh dengan mengumumkan dua chip bertenaga AI baru untuk pusat data, yaitu GPU Instinct MI300X dan APU MI300A.

Kedua chip ini telah direncanakan oleh perusahaan ternama seperti Meta dan Microsoft sebagai alternatif untuk chip Nvidia dalam pengembangan solusi AI di pusat data.

AMD terus menunjukkan komitmen mereka untuk menjadi pemimpin di bidang teknologi AI, dan pengumuman ini dapat menjadi langkah besar dalam merealisasikan visi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *