TEKNO

Samsung Kembali Digelar: Membangun Literasi Digital dan Mengasah Talenta AI dengan Solve for Tomorrow

90
×

Samsung Kembali Digelar: Membangun Literasi Digital dan Mengasah Talenta AI dengan Solve for Tomorrow

Sebarkan artikel ini
Samsung Solve for Tomorrow kembali digelar, ajang peningkatan literasi digital dan mencetak talenta AI
Samsung Solve for Tomorrow kembali digelar, ajang peningkatan literasi digital dan mencetak talenta AI

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Samsung Solve for Tomorrow (SFT) kembali hadir sebagai wadah untuk para talenta muda AI yang ingin mengubah imajinasi menjadi solusi nyata dan inovatif dalam memecahkan masalah masyarakat.

Program ini merupakan gabungan antara pembelajaran dan kompetisi dalam bidang Science, Technology, Engineering, and Math (STEM).

Tahun 2024, SFT akan membuka kesempatan bagi mahasiswa tingkat D3, D4, dan S1, serta siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat (SMA, SMK, dan MA) untuk berpartisipasi.

Keputusan ini diambil dengan harapan dapat menjangkau lebih banyak penerima manfaat serta memperluas cakupan peserta.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, mengungkapkan bahwa setelah kesuksesan pada tahun sebelumnya, Samsung memperluas jangkauan program SFT 2024 untuk mencetak lebih banyak talenta digital muda Indonesia, terutama dari kalangan mahasiswa.

Pada tahun 2023, program ini diikuti oleh 309 tim dengan total 1.087 peserta dari SMA, SMK, dan MA.

Salah satu sorotan pada tahun lalu adalah keberhasilan tim perempuan, Qalam Malaq, yang menjadi salah satu dari tiga pemenang SFT 2023.

Tema utama Samsung SFT tahun ini adalah “Education & Learning”, di mana peserta diharapkan menggunakan STEM untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran, serta “Environment & Sustainability” untuk menciptakan solusi terhadap masalah lingkungan dan perubahan iklim.

Selain itu, ada tema baru yang dihadirkan, yaitu “Health & Wellness”, yang menitikberatkan pada peningkatan gaya hidup sehat bagi masyarakat.

Kompetisi SFT 2024 akan berlangsung selama kurang lebih lima bulan dalam tiga fase: preliminary, semi-final, dan final. Selain pengembangan keterampilan teknis, peserta juga akan mendapatkan pelatihan dalam soft skill penting seperti kerja sama tim, berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi melalui berbagai workshop dan sesi mentoring dengan pakar dari Samsung dan mitra program.

Tahun ini, Samsung SFT menawarkan kombinasi unik antara teori dan aplikasi praktis. Peserta akan dihadapkan pada skenario dunia nyata, mendorong mereka untuk berpikir di luar kebiasaan dan menghasilkan solusi inovatif untuk berbagai masalah sosial di sekitar mereka.

Pendaftaran untuk program ini akan dibuka pada bulan Mei 2024 melalui website resmi program Solve for Tomorrow yang akan segera diluncurkan.

Dengan adanya SFT, diharapkan akan muncul lebih banyak generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan kreativitas dan keberanian untuk membuat perubahan positif dalam masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *