OTOMOTIF

Uji Konsumsi BBM All New Mazda CX-60 dari Jakarta ke Semarang: Apakah Benar-Benar Irit?

49
×

Uji Konsumsi BBM All New Mazda CX-60 dari Jakarta ke Semarang: Apakah Benar-Benar Irit?

Sebarkan artikel ini
Konsumsi BBM All New Mazda CX-60 Jakarta—Semarang, Iritkah
Konsumsi BBM All New Mazda CX-60 Jakarta—Semarang, Iritkah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin (16/10/2023), Media90 mendapatkan kesempatan langka untuk menghitung estimasi konsumsi bahan bakar (BBM) All New Mazda CX-60 dalam sebuah sesi test drive yang membawa mobil dari Jakarta hingga Semarang.

Sesi test drive ini mencakup beragam rute, termasuk perjalanan di dalam kota Jakarta dan perjalanan panjang di jalan tol. Total jarak yang ditempuh sekitar 445 km.

Dalam rangkaian pengujian ini, kami menggunakan varian All New Mazda CX-60 Elite. Harap dicatat bahwa All New Mazda CX-60 tersedia dalam dua varian: Elite dan Kuro, dengan harga yang sama, yaitu Rp1,188 miliar On The Road (OTR) Jakarta.

Media90 memiliki kesempatan untuk menjadi pengemudi selama perjalanan dari Jakarta menuju rest area KM 101A Tol Cipali dan dari Salt Resto di Cirebon ke rest area KM 379A Tol Batang.

Selama test drive ini, kami berusaha mencermati berbagai aspek kinerja mobil, termasuk konsumsi BBM.

Selama test drive, kami mengambil pendekatan pengemudian yang beragam. Kami menggunakan mode berkendara normal dengan kecepatan sekitar 100-170 km per jam, terutama saat berada di jalan tol.

Namun, saat kondisi lalu lintas padat, kami tetap mematuhi batasan kecepatan dan menjaga mobil berjalan tidak lebih dari 90 km per jam.

All New Mazda CX-60 dilengkapi dengan fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive), yang memungkinkan pengemudi untuk mengubah mode berkendara dari Normal ke Sport atau bahkan Off Road sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, kami juga mencoba untuk menghindari penggunaan pedal gas terlalu dalam selama perjalanan, untuk melihat sejauh mana efisiensi BBM kendaraan ini.

Untuk urusan mesin, All New CX-60 didukung oleh mesin mild hybrid berkapasitas 3.300 cc, 6 silinder, turbocharged, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 280 hp pada rentang 5.000-6.000 rpm.

Tenaga ini disalurkan ke semua roda (All Wheel Drive/AWD) melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Torsi mesin yang cukup besar, yakni 450 Nm pada rentang 2.000-3.500 rpm, memungkinkan mobil ini untuk mencapai kecepatan tinggi dalam waktu relatif singkat.

Perlu diperhatikan bahwa Media90 tidak menggunakan fitur Mazda Radar Cruise Control (MRCC) selama perjalanan di jalan tol.

Sesampainya di Padma Hotel, kami mencatat bahwa All New Mazda CX-60 mencapai konsumsi BBM sekitar 10,6 km per liter untuk rute kombinasi yang melibatkan berbagai jenis jalan.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, All New Mazda CX-60 juga dilengkapi dengan teknologi canggih lainnya, seperti Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LKAS), Blind Spot Monitoring (BSM), dan berbagai fitur keamanan dan kenyamanan lainnya.