OTOMOTIF

Trik Menyiasati Kebiasaan Buruk yang Merusak Aki: Perilaku Ini Sering Terjadi!

74
×

Trik Menyiasati Kebiasaan Buruk yang Merusak Aki: Perilaku Ini Sering Terjadi!

Sebarkan artikel ini
Kebiasaan Buruk Penyebab Aki Soak, Hal Ini Sering Dilakukan
Kebiasaan Buruk Penyebab Aki Soak, Hal Ini Sering Dilakukan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Aki yang soak atau tekor bisa menjadi masalah besar bagi pengemudi, terutama saat mesin mobil sulit dinyalakan.

Namun, kebanyakan kasus aki soak tidak terjadi begitu saja; mereka sering kali disebabkan oleh kebiasaan buruk dari pemilik kendaraan. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab aki cepat soak:

1. Aki Sudah Berumur

Salah satu penyebab utama aki soak adalah usia pemakaian aki yang sudah cukup tua. Aki yang berumur lebih dari 2 tahun biasanya menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Penting untuk secara rutin memeriksa kondisi aki mobil dan mempertimbangkan untuk menggantinya jika sudah melewati batas usia.

2. Penggunaan Lampu atau Aksesori Berlebihan

Memasang aksesori tambahan pada mobil, terutama jika tidak teratur atau terkesan asal dalam proses instalasinya, bisa mengakibatkan aki cepat soak.

Instalasi yang tidak tepat dapat membuat aliran listrik menjadi tidak stabil dan berpotensi membuat aki terbebani berlebihan.

Sebelum memasang aksesori tambahan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli agar proses instalasi dilakukan dengan benar dan tidak merugikan aki mobil.

3. Menyalakan Perangkat Elektronik Tanpa Menyalakan Mesin

Kebiasaan buruk lainnya adalah mengaktifkan perangkat elektronik di dalam mobil tanpa menyalakan mesin.

Proses pengisian daya listrik pada mobil biasanya terjadi saat mesin mobil menyala atau sedang digunakan.

Ketika mesin tidak aktif, tidak ada pengisian daya, yang dapat menyebabkan aki cepat soak.

4. Mobil Tidak Dinyalakan Dalam Waktu Lama

Mobil yang ditinggalkan dalam waktu yang lama tanpa dinyalakan juga berpotensi merusak aki karena tidak ada proses pengisian daya.

Namun, ada cara aman untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan mencabut terminal aki pada bagian negatif. Hal ini akan memutus aliran listrik dan membantu menjaga aki agar tidak cepat soak.

Kesimpulan

Untuk mencegah aki soak dan memperpanjang umur pakainya, pemilik kendaraan perlu menghindari kebiasaan buruk seperti yang disebutkan di atas.

Melakukan perawatan yang tepat dan berkonsultasi dengan ahli ketika diperlukan akan membantu menjaga kesehatan aki mobil dan mencegah masalah yang tidak diinginkan di jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *