OTOMOTIF

Jelajahi Ragam Jenis Bus dan Harga 1 Unit: Untuk Para Penasaran

154
×

Jelajahi Ragam Jenis Bus dan Harga 1 Unit: Untuk Para Penasaran

Sebarkan artikel ini
Buat Yang Penasaran, Ini Ragam Jenis Dan Harga 1 Unit Bus
Buat Yang Penasaran, Ini Ragam Jenis Dan Harga 1 Unit Bus

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Jenis-jenis bus yang berbeda menawarkan beragam kegunaan dan kenyamanan, serta juga memiliki harga yang bervariasi.

Bukan hanya bagi para kalangan penghobi atau busmania, harga 1 unit bus kerap bikin penasaran.

Terdapat berbagai jenis bus yang digunakan di Indonesia saat ini, seperti Normal Deck, High Decker, Super High Decker, hingga Double Decker (bus tingkat).

Tanpa panjang lebar, berikut ini kami mencoba mengulas beragam jenis serta harga bus yang ada di Indonesia.

Normal Deck

Normal Deck merupakan bus yang mempunyai dek atau lantai dalam bus tidak tinggi. Kursi sopir bus ini sejajar dengan penumpang.

Bus tersebut berbeda dengan High Decker yang memiliki dek lebih tinggi dan umumnya ada ruang tambahan untuk penumpang.

Pada umumnya, bus Normal Deck punya ketinggian sekitar 3-3,3 meter dan tampilan bodinya seperti persegi panjang.

Bagasi bus jenis ini sendiri tidak terlalu luas. Meski demikian, terdapat beberapa fasilitas pada bus Normal Deck yang bisa memberikan kenyamanan selama perjalanan seperti Air Conditioner (AC) dan pemutar musik.

Beberapa bus tersebut juga menyediakan beberapa fasilitas tambahan seperti Wi-Fi, TV, serta toilet.

Fasilitas yang diberikan pada bus Normal Deck bervariasi, tergantung dari operator bus dan harga tiket.

Bus Normal Deck biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang kelas ekonomi atau menengah ke bawah.

Adapun biaya tiket untuk bus ini biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan bus High Decker, yaitu mulai sekitar Rp100 ribuan.

Harga tiket bus Normal Deck bervariasi tergantung dari jarak perjalanan, fasilitas, dan lokasi tujuan. Untuk harga busnya, mencapai Rp1 miliaran.

High Decker

Jenis bus kedua yaitu High Decker yang merupakan varian pertama dari jenis bus dengan dek tinggi, bisa sekitar 3,4—3,5 meter.

Tinggi dek mempengaruhi luas bagasi bus. Semakin tinggi dek, maka bagasi bus juga semakin luas. Bus jenis High Decker bisa saja mengangkut motor di bagasinya.

Tampilan luar bus tersebut terlihat tidak berbeda dengan bus Normal Deck. Perbedaan keduanya bisa kamu lihat pada bagian dalam.

Bila kursi sopir bus Normal Deck dibuat sejajar dengan penumpang, posisi kursi tersebut pada High Decker lebih rendah dibandingkan kursi penumpang.

Selain itu, kaca depan bus High Decker adalah kaca tunggal berukuran besar sehingga penumpang bisa melihat pemandangan luar dengan jelas selama perjalanan.

Harga bus High Decker mulai sekitar Rp1,3 milaran. Berdasarkan penelusuran, harga ini untuk satu unit bus tanpa kursi, AC, toilet, dan smoking room.

Super High Decker

Jenis bus selanjutnya adalah Super High Decker yang bisa dibilang jenis bus modern dengan tinggi sekitar 3,8—3,9 meter sehingga bagasinya luas.

Bagasi bus Super High Decker bisa sampai memuat motor. Di sisi lain, penumpang dapat melihat pemandangan luar secara leluasa karena kabin penumpang yang tinggi.

Adapun ciri khas pada bus ini paling mencolok, yaitu memiliki kaca depan yang menggunakan kaca ganda atau mempunyai sekat pembatas.

Selain itu, bus Super High Decker juga umumnya memiliki interior yang mewah di mana dilengkapifasilitas lengkap guna memberikan kenyamanan bagi penumpang, seperti AC, TV, wi-fi, dan sebagainya. Harga bus Super High Decker bisa mencapai Rp2 miliaran.

High Decker Double Glass

Bus jenis High Decker Double Glass memiliki bodi yang panjang dan terlihat gagah sehingga menjadi primadona di jalan.

Ditambah lagi bus jenis ini juga mempunyai desain interior yang terlihat kekinian. Tinggi bus High Decker Double Glass biasanya sekitar 3,7 meter.

Bus High Decker Double Glass adalah pengembangan dari bus Super High Decker. Sesuai namanya, bus High Decker Double Glass mengusung kaca depan ganda (double glass) yang membuat tampilannya kekinian.

Namun, bus ini hanya menggunakan single wiper di kaca atasnya karena bidang yang tak terlalu luas.

Jarak kaca belakang dengan lubang sirkulasi pada bus tersebut juga sempit. Di sisi lain, bus High Decker Double Glass punya konfigurasi kursi 2-2 atau 2-3. Harga bus High Decker Double Glass sekitar Rp2—3 miliar.

Double Decker

Selanjutnya, bus Double Dekcer yang dikenal juga sebagai bus tingkat. Lebih tinggi dari jenis-jenis bus sebelumnya, tinggi bus Double Dekcer mencapai sekitar 4,15 meter.

Dengan tinggi tersebut, bus ini memiliki dua tingkat dek yang terhubung tangga. Bus Double Dekcer pun cocok digunakan sebagai bus wisata, namun ada juga yang menggunakannya sebagai bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Bus ini menawarkan layanan kelas premium dengan waktu tempuh cepat.

Ada pula bus Double Dekcer yang menawarkan kursi rebahan sehingga penumpang bisa tidur di tengah perjalanan di mana biasanya terletak di dek bawah, belakang kabin pengemudi.

Harga bus Double Dekcer terbilang cukup fantastis, yaitu sekitar Rp3,5 miliar.

Ultra High Decker

Terakhir, bus Ultra High Decker yang bisa dibilang menggabungkan fungsi bus Super High Decker dan Double Decker.

Tinggi bus Ultra High Decker sekitar 4 meter di mana di dalamnya terbagi antara antara kabin khusus sopir dan kru serta kabin untuk penumpang.

Untuk sopir dan kru, berada di kabin bawah, sedangkan penumpang ditempatkan di kabin atas. Selain itu, kabin bawah juga khusus kompartemen bagasi.

Mirip seperti Double Dekcer, bus Ultra High Decker banyak digunakan untuk armada AKAP karena dinilai memiliki kapabilitas tinggi untuk mengangkut banyak penumpang serta barang. Harga bus Ultra High Decker mulai Rp2,5 miliaran.

FAQ

  • Ada berapa jenis bus di Indonesia?
    Ada 6 jenis bus yang digunakan di Indonesia.
  • Apa saja jenis bus yang digunakan di Indonesia?
    Jenis-jenis bus yang digunakan di Indonesia yaitu Normal Deck, High Decker, Super High Decker, hingga Double Decker.
  • Berapa harga bus yang ada di Indonesia?
    Harga bus di Indonesia sangat mahal, yakni mencapai miliaran rupiah untuk seluruh jenisnya.
  • Berapa harga bus jenis Normal Deck?
    Harga bus jenis Normal Deck mencapai Rp1 miliaran.
  • Berapa harga bus Double Decker?
    Harga bus Double Decker sekitar Rp3,5 miliar.
  • Apakah bagasi bus Super High Decker bisa memuat sepeda motor?
    Iya, bagasi bus Super High Decker dapat memuat sepeda motor.

Dengan beragam jenis bus yang ada di Indonesia, pemilihan bus tergantung pada kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Mulai dari bus ekonomis hingga bus mewah dengan berbagai fasilitas, ada pilihan untuk setiap jenis perjalanan.

Harga yang bervariasi ini mencerminkan tingkat kenyamanan dan fitur yang ditawarkan oleh masing-masing jenis bus. Selamat bepergian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *