OTOMOTIF

Teknologi Terbaru BYD: Blade Battery Unggul dengan Desain Tipis dan Keamanan Anti Terbakar

39
×

Teknologi Terbaru BYD: Blade Battery Unggul dengan Desain Tipis dan Keamanan Anti Terbakar

Sebarkan artikel ini
Keunggulan Blade Battery Milik BYD, Lebih Tipis Hingga Anti Terbakar
Keunggulan Blade Battery Milik BYD, Lebih Tipis Hingga Anti Terbakar

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – BYD, yang dikenal sebagai produsen mobil elektrik terkemuka, tidak hanya fokus pada pengembangan kendaraan listriknya.

Perusahaan ini juga menunjukkan keunggulannya dalam dunia baterai melalui teknologi terbaru bernama Blade Battery.

Baterai ini diproduksi oleh anak perusahaan BYD, FinDreams Battery, yang memiliki pabrik canggih di Chongqing, China.

Berita terbaru yang diperoleh oleh Media90 dari kunjungan mereka ke kantor pusat BYD di Shenzhen pada Rabu, 20 Desember 2023, mengungkap beberapa keunggulan yang membuat Blade Battery unggul dibandingkan dengan baterai NCM pada umumnya.

Salah satu kelebihan yang mencolok adalah desainnya yang lebih tipis, disertai dengan peningkatan kepadatan energi sebesar 50 persen.

Tidak hanya itu, Blade Battery juga berhasil melewati Nail Penetration Test, sebuah uji ketahanan yang menguji kemampuan baterai untuk mengeliminasi potensi terbakar saat terjadi kecelakaan.

Hal ini menunjukkan tingkat keamanan yang tinggi, memberikan kepercayaan tambahan bagi pengguna kendaraan listrik.

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, menyampaikan komitmen BYD dalam berkontribusi pada ekosistem tanpa emisi melalui kendaraan elektrik.

“Dengan kekuatan riset dan pengembangan yang kami miliki ini, maka kami juga ingin lebih nyata berkontribusi pada ekosistem tanpa emisi melalui kendaraan elektrik,” ujar Zhao.

BYD saat ini memfokuskan produksinya pada New Energy Vehicle (NEV) dengan menggunakan inovasi baterai Blade Battery mereka sendiri.

Para ahli di BYD terus menyempurnakan volume kubik instalasi baterai dengan menyediakan 50 persen lebih banyak ruang untuk penyimpanan dan fitur lainnya.

Blade Battery tidak hanya diandalkan dalam kondisi normal, tetapi juga telah melewati serangkaian uji ekstrem, termasuk penghancuran, penekukan, pemanasan hingga 300 °C dalam tungku, dan pengisian berlebihan hingga 260 persen.

Semua uji ini menegaskan ketangguhan dan kehandalan Blade Battery dalam berbagai situasi.

Menariknya, Blade Battery bukan hanya sebagai sumber daya untuk kendaraan, melainkan juga berfungsi sebagai platform kendaraan.

BYD telah mengembangkan e-platform 3.0 dengan struktur yang didasarkan pada Blade Battery, menjadikannya sebagai fondasi kendaraan masa depan yang memprioritaskan keselamatan.

Luther Panjaitan, Kepala Komunikasi Pemasaran PT BYD Motor Indonesia, menekankan peran sentral baterai dalam kendaraan listrik.

“Baterai adalah komponen paling utama dan paling penting pada kendaraan elektrik, dan kami memiliki kekuatan itu. Saat ini, BYD menjadi produsen baterai terbesar kedua di dunia,” ungkap Panjaitan.

Dengan inovasi Blade Battery dan komitmen BYD untuk mengembangkan kendaraan listrik yang aman dan efisien, perusahaan ini terus menjadi pemimpin dalam industri mobil elektrik global.