OTOMOTIF

Tantangan Mencari Citra Terbaik: Review Perjalanan dengan Honda BR-V 2024

84
×

Tantangan Mencari Citra Terbaik: Review Perjalanan dengan Honda BR-V 2024

Sebarkan artikel ini
Impresi Berkendara Honda BR-V 2024, Mencari Definisi Ideal SUV Keluarga
Impresi Berkendara Honda BR-V 2024, Mencari Definisi Ideal SUV Keluarga

Media90 – Setelah menghabiskan empat hari yang intens dengan All New Honda BR-V N7X Edition, kami berhasil mengumpulkan beberapa impresi positif, meskipun bukan berarti tanpa kritik sama sekali.

Honda BR-V, menjadi unggulan PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan sebuah mobil keluarga.

Meskipun definisi mobil keluarga sendiri cukup luas dan tidak memiliki batasan pasti, namun dalam pemahaman umum, mobil keluarga di Indonesia sering diidentikkan dengan model 7-seater, harga yang terjangkau oleh banyak kalangan, dan tentu saja, efisiensi bahan bakar yang baik.

Intinya, mobil ini harus bersahabat dalam segala aspek untuk digunakan sehari-hari dan siap jika harus mengangkut banyak penumpang.

Pada awalnya, mobil semacam ini diwakili oleh Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), yang pernah sangat populer di Indonesia.

Namun, tren Sport Utility Vehicle (SUV) kemudian memengaruhi desain dari LMPV, melahirkan mobil-mobil MPV crossover yang memiliki sentuhan SUV pada eksteriornya, tetapi tetap mempertahankan karakteristik MPV atau LMPV.

Honda telah memiliki Mobilio sebagai perwakilan dalam segmen LMPV, tetapi upaya adaptasi seperti yang dilakukan oleh banyak pabrikan lainnya tidak begitu terlihat di sini.

Karena selain Mobilio, Honda juga memiliki BR-V yang pada awalnya mengusung konsep Low SUV (LSUV). Dengan masa depan Mobilio yang masih menjadi tanda tanya, praktis hanya BR-V yang menjadi pilihan konsumen untuk kategori “mobil keluarga” dari merek Honda.

Tampilan Menawan dengan N7X Edition

Mobil keluarga haruslah tampil dengan gaya yang khas. Honda sepertinya memahami bahwa desain eksterior masih menjadi faktor penting bagi calon konsumen dalam memilih mobil.

Hal ini terbukti dengan peluncuran All New Honda BR-V N7X Edition pada Februari 2024 yang menekankan pada peningkatan tampilan luar.

Penambahan nama N7X Edition sebagai special grade menandakan perubahan di eksterior yang mendekati wujud Honda N7X Concept (mobil konsep BR-V) dulu.

Model baru ini telah kami uji coba pada pertengahan Mei 2024, dipinjam dari diler resmi Honda Bintang Tabanan, Bali.

Perubahan special grade N7X Edition terlihat cukup signifikan, meskipun terkadang terlihat samar jika dibandingkan dengan All New Honda BR-V biasa.

Meskipun demikian, perubahan-perubahan seperti pada bagian gril, lampu kabut, body kit, rumah kaca spion, antena, dan emblem memberikan sentuhan yang segar pada tampilan mobil ini.

Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah penambahan pilihan warna Sand Khaki Pearl (cokelat) yang eksklusif untuk model baru ini.

Secara keseluruhan, tampilan BR-V generasi kedua di Indonesia ini sudah mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan pendahulunya, memberikan kesan yang lebih berwibawa dan kokoh.

Kabin Luas dan Nyaman

Kami menemukan kabin yang sangat luas di dalam mobil All New Honda BR-V. Jok baris pertama menyediakan ruang kaki yang sangat ideal ke arah depan, sementara jok baris kedua juga menawarkan ruang lega terutama di bagian kepala penumpang.

Namun, ada sedikit kompromi pada jok baris kedua yang terasa agak pendek, sehingga kemampuan untuk menopang paha dengan baik ke arah depan sedikit terganggu.

Berbagai fasilitas pun tersedia di dalam mobil ini, seperti soket 12V, arm rest tengah, dan kantong penyimpanan di depan lutut yang memiliki partisi-partisi kecil serba guna.

Pengaturan jok baris kedua juga memungkinkan penumpang untuk mendapatkan ruang kaki semaksimal mungkin ketika bangku baris ketiga atau paling belakang sedang kosong.

Kepraktisan dan Keselamatan

Kepraktisan juga menjadi fokus utama dalam desain mobil ini. Fitur-fitur seperti passive keyless entry memudahkan dalam membuka pintu, sedangkan head unit yang mendukung koneksi Android Auto memberikan kemudahan dalam navigasi dan hiburan selama perjalanan.

Fitur keselamatan juga tidak kalah pentingnya, dengan fitur seperti Honda LaneWatch yang memberikan visual sisi kiri mobil dari kamera yang terpasang di spion.

Selain itu, varian paling tinggi dari All New Honda BR-V N7X sudah dilengkapi dengan fitur Honda Sensing yang menyediakan berbagai fungsi keselamatan tambahan.

Performa yang Memuaskan

Dari segi performa, mobil ini mampu memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan, baik di jalan tol maupun medan jalan tanjakan.

Meskipun menggunakan transmisi CVT, mesinnya yang berkapasitas 1.498 cc mampu memberikan tenaga yang cukup untuk menaklukkan berbagai medan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, All New Honda BR-V N7X memberikan impresi berkendara yang positif dan mampu bersaing dengan para kompetitor dalam kategori “mobil keluarga”.

Dengan mengedepankan BR-V, Honda telah mengambil langkah yang efektif dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari mobil keluarga yang stylish, nyaman, dan aman.

Penutup

Mengakhiri ulasan ini, kami merangkum beberapa pertanyaan umum mengenai mobil BR-V:

1. Apakah Mobil BR-V Punya Sunroof?
Tidak, BR-V tidak memiliki sunroof. Fasilitas sunroof baru bisa ditemui pada model HR-V.

2. Berapa Harga Mobil BR-V Terbaru?
Berdasarkan informasi di situs web resmi PT HPM, harga BR-V terbaru berkisar antara Rp292,9 juta hingga Rp363,4 juta on the road Jakarta.

Dengan segudang fitur dan impresi positif yang ditawarkan, All New Honda BR-V N7X Edition menawarkan pengalaman berkendara yang memuaskan bagi para penggunanya, memperkuat posisinya sebagai salah satu opsi terbaik dalam segmen mobil keluarga di pasar Indonesia.

Sebagai penutup, Honda BR-V N7X Edition berhasil memberikan kombinasi yang baik antara desain menawan, kabin yang luas dan nyaman, kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari, fitur keselamatan yang canggih, serta performa yang memuaskan.

Meskipun tidak sempurna dan masih ada ruang untuk penyempurnaan, BR-V N7X Edition berhasil memenuhi harapan banyak konsumen yang mencari mobil keluarga yang ideal.

Dengan demikian, Honda BR-V N7X Edition tidak hanya sekadar sebuah kendaraan, tetapi juga merupakan mitra setia bagi keluarga dalam setiap petualangan mereka.

Dengan segala kelebihan dan keunggulannya, tidak mengherankan jika BR-V N7X Edition tetap menjadi pilihan utama bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan gaya dalam sebuah mobil keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *