OTOMOTIF

Seres E1: Mengukir Impresi Berkendara yang Sempurna dalam Mobilitas Perkotaan

214
×

Seres E1: Mengukir Impresi Berkendara yang Sempurna dalam Mobilitas Perkotaan

Sebarkan artikel ini
Impresi Berkendara Seres E1 Cocok Banget Untuk Mobilitas Perkotaan
Impresi Berkendara Seres E1 Cocok Banget Untuk Mobilitas Perkotaan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pameran otomotif GIIAS 2023 telah menjadi panggung bagi PT Sokonindo Automobile untuk memperkenalkan mobil listrik terbarunya, Seres E1.

Sebagai pihak pers, kami berkesempatan untuk merasakan sensasi mengemudi mobil ini dan membagikan impresi kami.

Tersedia dalam dua varian, yaitu Type B sebagai varian standar dan Type L sebagai varian paling tinggi yang ditawarkan kepada konsumen.

Type B dijual dengan harga OTR Jakarta sebesar Rp189 juta, sementara Type L memiliki harga OTR Jakarta sekitar Rp219 juta.

Dalam segi dimensi dan harga, Seres E1 menempati posisi bersaing dengan model sejenis seperti Wuling Air EV yang telah lebih dulu hadir di Indonesia.

Dimensi dan Ruang Kabin

Seres E1 Type B dan L memiliki dimensi yang identik. Dengan panjang tidak lebih dari 3,1 meter dan lebar di bawah 1,5 meter, mobil ini memang menawarkan dimensi kompak yang sangat cocok untuk mobilitas perkotaan.

Dimensi Seres E1 Type B adalah:

  • Panjang: 3.030 mm
  • Lebar: 1.495 mm
  • Tinggi: 1.640 mm
  • Ground clearance: 135 mm
  • Wheelbase: 1.960 mm

Ketika duduk di kursi depan, kami merasakan kenyamanan dan lega yang diberikan oleh jok dengan busa tebal.

Sayangnya, ketika berada di kursi belakang, ruang kaki terasa agak sempit akibat peningkatan kapasitas bagasi yang mengorbankan sebagian ruang untuk penumpang belakang.

Karena itu, bagian belakang ini lebih sesuai untuk anak-anak atau penumpang dengan postur di bawah 170 cm.

Kursi belakang juga bisa dilipat dengan perbandingan 50:50 untuk memperluas kapasitas bagasi.

Interior dan Fitur

Interior Seres E1 menawarkan nuansa yang cerah dan ceria, terutama pada varian Type B.

Namun, perlu diperhatikan bahwa fitur-fitur interior lebih terbatas pada Type B dibandingkan dengan Type L.

Pada Type B, tidak ada head unit di bagian tengah, sedangkan pada bagian tengah terdapat dua kisi-kisi AC.

Kisi-kisi AC lainnya terletak di ujung kiri dan kanan dasbor. Meskipun tidak ada head unit, pengaturan radio, USB, dan Bluetooth dapat diakses melalui instrument cluster di balik setir.

Kontrol pengaturan seperti suhu AC, defogger, dan mode AC ditempatkan di bagian tengah dasbor. Tuas transmisi e-Shift Selector terletak di sisi kiri setir dan mencakup posisi P, R, N, D, dan Sport.

Pengalaman Berkendara

Kami berkesempatan untuk menguji Seres E1 Type B selama pameran GIIAS 2023, dan impresi kami tentang pengalaman berkendara adalah sebagai berikut:

  1. Posisi Duduk: Ruang kabin memberikan kenyamanan dengan ruang kaki yang lapang dan visibilitas yang baik. Meskipun demikian, posisi sabuk pengaman bisa sedikit sulit dijangkau.
  2. Performa: Mobil tidak langsung bergerak saat tuas transmisi diubah ke posisi D dan pedal gas belum diinjak. Respon tenaga dari motor listrik terasa halus dan linier, mirip dengan pengalaman mengemudi Wuling Air EV. Namun, rem perlu ditekan agak dalam untuk menghentikan mobil.
  3. Suspensi: Karakter suspensi terasa sedikit keras, terutama saat melalui rintangan seperti tanjakan dan polisi tidur. Namun, perlu dicatat bahwa mobil yang diuji merupakan versi pra-produksi, sehingga karakter ini mungkin akan berbeda pada versi produksi.
  4. Visibilitas dan Radius Putar: Visibilitas baik dari sudut pandang depan, samping, dan belakang, berkat kaca yang cukup besar. Radius putar yang baik memungkinkan mobil dengan mudah mengatasi belokan dan putar balik dalam ruang terbatas.

Kesimpulan

Seres E1 muncul sebagai solusi listrik urban yang menarik dengan kabin yang nyaman dan harga yang terjangkau.

Meskipun memiliki keterbatasan fitur pada varian Type B, mobil ini tetap menjadi pilihan menarik untuk mobilitas harian.

Dengan spesifikasi baterai dan performa yang sesuai untuk perjalanan kota, serta beragam fitur keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan, Seres E1 mampu menjadi pendukung aktivitas sehari-hari konsumen.

Bagaimanapun, beberapa aspek seperti pengaturan posisi setir dapat menjadi pertimbangan pengembangan di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *