OTOMOTIF

Revolutionary: Pabrik VinFast Diperkuat dengan Lebih dari 1.000 Robot untuk Produksi Kendaraan

75
×

Revolutionary: Pabrik VinFast Diperkuat dengan Lebih dari 1.000 Robot untuk Produksi Kendaraan

Sebarkan artikel ini
Keren, Pabrik VinFast Dilengkapi Lebih Dari 1.000 Robot Untuk Produksi Kendaraan
Keren, Pabrik VinFast Dilengkapi Lebih Dari 1.000 Robot Untuk Produksi Kendaraan

Media90 – Produsen otomotif Vietnam, VinFast, menempatkan dirinya di garis depan inovasi dengan pabrik pembuatan kendaraan yang memanfaatkan teknologi canggih, termasuk ribuan robot untuk mempercepat proses produksi.

Media90 bersama rekan-rekan media dari Indonesia baru-baru ini menerima undangan resmi dari VinFast Indonesia untuk mengunjungi markas Vingroup di Vietnam, dengan salah satu destinasi utamanya adalah pabrik kendaraan listrik VinFast.

Terletak di Cat Hai Island, Hai Phong, pabrik VinFast ini menempati lahan seluas 828 hektar dan mulai beroperasi pada tahun 2019 setelah dimulai pembangunannya pada bulan September 2017.

Di dalamnya, terdapat berbagai fasilitas modern yang mendukung proses produksi, salah satunya adalah penggunaan lebih dari 1.400 robot.

Stuart Taylor, Deputy CEO Electric & Electronics Vingroup, menjelaskan bahwa pabrik VinFast telah menjadi salah satu pabrik manufaktur paling otomatis dan modern di Asia Tenggara.

Dengan tingkat otomatisasi mencapai 90 persen untuk jalur produksi secara keseluruhan dan 95 persen untuk bagian press dan paint shop, pabrik ini memanfaatkan teknologi terkemuka dari perusahaan seperti KUKA, ABB, Siemens, dan Durr.

Pabrik yang dulunya digunakan untuk memproduksi kendaraan dengan mesin pembakaran dalam kini telah beralih sepenuhnya untuk memproduksi kendaraan listrik, skuter elektrik, dan bus listrik.

Taylor menjelaskan bahwa fleksibilitas operasional yang tinggi memungkinkan pabrik untuk dengan lancar beralih antara produksi ICE dan EV, bahkan memungkinkan produksi beberapa model SUV secara bersamaan di jalur perakitan yang sama.

Dengan kapasitas produksi hingga 300 ribu unit kendaraan listrik per tahun, pabrik VinFast di Vietnam telah menghasilkan beberapa model terkenal seperti Vinfast VF e34, VF 6, dan VF 7.

Selain itu, VinFast juga telah mengumumkan rencananya untuk membangun pabrik produksi mobil listrik di Indonesia, dengan lokasi di Karawang, Jawa Barat, yang direncanakan memiliki kapasitas produksi hingga 50 ribu unit per tahun.

Selain sebagai produsen kendaraan, Vingroup juga dikenal sebagai perusahaan multi-sektor dengan fokus pada teknologi, real estate, dan pilar sosial.

Dalam sektor Technology & Industry, Vingroup memiliki beragam entitas seperti VinES, VinAI, VinBigData, dan lainnya.

Sementara itu, dalam sektor Real Estate Development & Services, perusahaan-perusahaan seperti Vinhomes, VinPearl, dan Vincom memimpin pasar.

Dan di sektor sosial, Vingroup juga aktif dengan berbagai inisiatif seperti Vinschool, Vinmec, VinFuture Prize, VinUniversity (VinUni), dan VinBus.

Dengan komitmen pada inovasi dan kontribusi sosial, VinFast dan Vingroup terus membawa perubahan yang positif tidak hanya dalam industri otomotif, tetapi juga dalam kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *