TEKNO

AI Mendominasi: Sorotan 6 Inovasi Teratas dari Google I/O 2024

67
×

AI Mendominasi: Sorotan 6 Inovasi Teratas dari Google I/O 2024

Sebarkan artikel ini
6 Pembaruan yang diumumkan dalam acara tahunan Google IO 2024, sebagian besar fokus pada AI
6 Pembaruan yang diumumkan dalam acara tahunan Google IO 2024, sebagian besar fokus pada AI

Media90 – Shoreline Amphitheatre di Mountain View, California, menjadi saksi gelaran tahunan yang dinanti-nanti oleh para pengembang di seluruh dunia: Google I/O 2024.

Dalam sebuah pementasan yang memukau pada Selasa (14/05/2024) waktu setempat, CEO Google, Sundar Pichai, memperkenalkan era baru bagi kecerdasan buatan (AI), yang secara tegas disebutkan sebanyak 121 kali.

Kehadiran AI telah menjadi kekuatan penggerak di balik evolusi layanan Google yang digunakan oleh lebih dari dua miliar orang di seluruh penjuru dunia.

Dalam sebuah tanda kejayaan teknologi, Google mengumumkan serangkaian pembaruan besar yang merambah hampir semua aspek kehidupan digital, mulai dari pencarian hingga sistem operasi.

Berikut adalah sorotan dari pengumuman besar yang dibuat dalam acara tersebut:

1. Gemini 1.5 Flash dan Pembaruan untuk Gemini 1.5 Pro

Google memperkenalkan model AI terbaru, Gemini 1.5 Flash, yang ditenagai untuk kecepatan dan efisiensi.

Model ini menempati posisi di antara Gemini 1.5 Pro dan Gemini 1.5 Nano, dengan fokus pada aplikasi ringan dan biaya yang lebih terjangkau.

Rencana kedepan Google adalah untuk meningkatkan kapasitas pemrosesan model Gemini hingga dua juta token, membuka potensi penggunaan yang lebih luas.

2. Proyek Astra: Mendekati Era Asisten Universal

Google memperkenalkan Project Astra, sebuah inisiatif yang bertujuan menciptakan asisten universal berbasis AI.

Diperkenalkan oleh CEO DeepMind Google, Demis Hassabis, Astra diharapkan dapat menyediakan bantuan yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, membuka potensi baru dalam interaksi manusia dan mesin.

3. Tanya Google Photos: Menggali Kecerdasan dalam Galeri Foto

Google Photos kini hadir dengan fitur Tanya Google, yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan rumit dan meminta saran dalam memilih foto terbaik.

Dilengkapi dengan kecerdasan buatan, fitur ini memperkaya pengalaman pengguna dalam mengelola dan membagikan momen penting dalam bentuk gambar.

4. Veo dan Imagen 3: Merekonstruksi Realitas dengan AI

Google memperkenalkan mesin pembuat media baru, Veo dan Imagen 3.

Veo menghasilkan video berkualitas tinggi dengan konsep sinematik, sementara Imagen 3 menjadi ujung tombak dalam menghadirkan gambar fotorealistik berdasarkan teks.

Dengan demikian, Google merespons kebutuhan akan konten kreatif yang semakin kompleks dan dinamis.

5. Pembaruan Besar pada Google Search: Transformasi Cara Kita Mencari

Google melakukan transformasi pada cara kerja Penelusuran dengan menghadirkan fitur AI baru yang disebut Ikhtisar AI.

Dengan kemampuan untuk menjawab pertanyaan kompleks secara langsung di atas hasil pencarian, Google mengangkat standar dalam memberikan informasi yang relevan dan tepat waktu kepada pengguna.

6. Gemini di Android: Integrasi AI yang Mendalam

Google mengintegrasikan Gemini secara langsung ke dalam sistem operasi Android. Dengan demikian, pengguna dapat mengakses kecerdasan AI dalam konteks yang lebih menyeluruh, dari aplikasi hingga interaksi sehari-hari.

Meskipun detail tentang peran Gemini dalam menggantikan Asisten Google masih menjadi tanda tanya, langkah ini menandai komitmen Google dalam memperluas jangkauan AI di platform Android.

Selain itu, Google juga mengumumkan sejumlah pembaruan lainnya, termasuk penambahan tanda air digital pada konten AI yang dihasilkan, integrasi Gemini dalam aplikasi Gmail dan Dokumen, serta penguatan kemampuan AI untuk mendeteksi penipuan dalam panggilan telepon.

Google I/O 2024 tidak hanya menjadi sebuah konferensi pengembang, tetapi juga perayaan atas kemajuan luar biasa dalam era kecerdasan buatan.

Dengan visi yang jelas dan komitmen yang kuat, Google melangkah maju untuk membentuk masa depan teknologi yang lebih cerdas dan terhubung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *