TEKNO

Apple Siap Rilis Pembaruan Perangkat Lunak iPhone 12 Meski Terdampak Isu Radiasi

186
×

Apple Siap Rilis Pembaruan Perangkat Lunak iPhone 12 Meski Terdampak Isu Radiasi

Sebarkan artikel ini
Diterpa isu miring soal radiasi, Apple bakal merilis pembaruan perangkat lunak untuk iPhone 12
Diterpa isu miring soal radiasi, Apple bakal merilis pembaruan perangkat lunak untuk iPhone 12

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Di tengah eforia peluncuran iPhone 15 Series yang menggebu-gebu, Apple mendapati dirinya terperangkap dalam kontroversi terkait iPhone 12.

Ponsel pintar tersebut dituding memiliki tingkat radiasi yang berlebihan, mengundang sorotan setelah Badan Frekuensi Nasional Prancis (ANFR) menyebutnya melebihi batas tingkat penyerapan radiasi spesifik Eropa.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Cnet, isu ini muncul ketika ANFR, badan regulator radiasi Prancis, mempublikasikan temuannya.

Mereka menyebut bahwa iPhone 12 melanggar batas tingkat radiasi yang ditetapkan. Akibatnya, penjualan iPhone 12 dihentikan sementara di Prancis.

Apple, sementara itu, dengan tegas membantah tudingan bahwa iPhone 12 dapat menimbulkan radiasi yang berbahaya.

Namun, perusahaan teknologi raksasa ini berjanji akan mengatasi kekhawatiran ANFR dengan merilis pembaruan perangkat lunak khusus untuk iPhone 12.

Pada awal pekan ini, ANFR mengeluarkan pernyataan publik yang memerintahkan Apple untuk menghentikan penjualan iPhone 12 dan segera merilis perbaikan yang diperlukan.

Dalam responsnya, Apple, seperti yang dilaporkan oleh Euronews dalam pernyataan resmi, berkomitmen untuk merilis pembaruan perangkat lunak demi mematuhi protokol yang diikuti oleh regulator Prancis.

Biasanya, saat produsen ponsel merilis produk baru, ANFR mengukur Tingkat Penyerapan Spesifik (Specific Absorption Rate atau SAR) di laboratoriumnya.

Ini adalah prosedur yang umum dilakukan oleh produsen perangkat keras di seluruh dunia.

Uni Eropa, sebagai contoh, telah menetapkan bahwa tubuh manusia tidak boleh menerima lebih dari 2W/kg radiasi lebih dari 10g jaringan saat menggunakan ponsel.

Hal ini bertujuan untuk memodelkan apa yang terjadi pada kepala pengguna ketika mereka memegang ponsel di telinga.

Walaupun iPhone 12 telah memenuhi batas ini, ANFR melanjutkan dengan melacak tingkat penyerapan radiasi di bagian tubuh lainnya, seperti tangan saat memegang ponsel atau kaki saat ponsel berada di saku celana.

Hasilnya adalah pengukuran SAR sebesar 5,74 W/kg, yang melewati batas 4 W/kg yang ditetapkan.

Meskipun melampaui batas ini, beberapa ahli berpendapat bahwa iPhone 12 masih jauh di bawah ambang batas radiasi yang dapat menyebabkan risiko serius bagi pengguna.

Kontroversi radiasi iPhone 12 ini menjadi sorotan utama di Eropa, dan menjadi tantangan bagi Apple yang baru saja meluncurkan iPhone 15.

Badan Prancis sejak awal telah menyatakan bahwa pembaruan perangkat lunak akan memperbaiki masalah ini dan memastikan bahwa iPhone 12 memenuhi persyaratan peraturan.

Jika tidak, Apple mungkin harus menarik kembali semua perangkat iPhone 12 yang beredar di Prancis.

Kabarnya, perbaikan ini akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan, sehingga para pengguna iPhone 12 dapat merasa lebih aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *