OTOMOTIF

Revolusi Teknologi: Toyota Hilux Memasuki Era Mild Hybrid!

95
×

Revolusi Teknologi: Toyota Hilux Memasuki Era Mild Hybrid!

Sebarkan artikel ini
Revolusi Teknologi Toyota Hilux Memasuki Era Mild Hybrid!
Revolusi Teknologi Toyota Hilux Memasuki Era Mild Hybrid!

Media90 – Toyota Australia telah mengonfirmasi bahwa Toyota Hilux keluaran terbaru akan dilengkapi dengan teknologi mild hybrid, menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan menyelaraskan kendaraan ikonik ini dengan tren ramah lingkungan.

Model pikap yang populer ini diharapkan akan mulai mengadopsi teknologi baru ini pada tahun 2024, seperti yang dilaporkan oleh Carexpert pada Selasa (27/6/2023).

Teknologi mild hybrid pada Toyota Hilux menggabungkan mesin berkapasitas 2.8 liter empat silinder turbo diesel dengan transmisi otomatis enam percepatan, baterai 48 volt, generator motor listrik kecil, dan komponen lainnya.

Meskipun belum ada konfirmasi detail mengenai peningkatan tenaga dan torsi, Hilux baru ini diharapkan memberikan performa yang lebih baik daripada versi sebelumnya.

Versi saat ini dari Hilux, yang menggunakan mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.8 liter turbo diesel, menghasilkan daya sebesar 201 hp pada 3.400 rpm dan torsi 420 Nm pada rentang 1.400-3.400 rpm.

Meskipun belum ada informasi resmi tentang peningkatan performa, Toyota mengklaim bahwa teknologi mild hybrid akan meningkatkan efisiensi bahan bakar sekitar 10 persen berkat fitur stop/start dan pengurangan kebisingan, getaran, dan kekerasan (NVH).

Sean Hanley, Wakil Presiden Penjualan, Pemasaran, dan Operasi Waralaba Toyota Australia, mengatakan, “Kami terus berupaya mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan kami untuk membantu mengurangi biaya berkelanjutan bagi pelanggan, serta membantu mengurangi dampak lingkungan. Penambahan teknologi 48 volt ke lini kendaraan terlaris kami akan berkontribusi untuk ini.”

Hanley juga menyambungkan, “Teknologi baru ini tidak hanya akan meningkatkan konsumsi bahan bakar, tetapi pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan kinerja baik di jalan raya maupun off-road, membuat Hilux semakin menarik untuk perjalanan akhir pekan atau perjalanan jauh ke pedalaman.”

Toyota Hilux Akan Dijejali Teknologi Mild Hybrid
Toyota Hilux Akan Dijejali Teknologi Mild Hybrid

Toyota dilaporkan akan menyematkan teknologi mild hybrid ini pada varian Hilux tipe 4×4 SR5 dan Rogue, serta menjadi opsional untuk tipe dual-cab 4×4 SR.

Menariknya, Toyota tidak akan menyebut Hilux ini sebagai mobil dengan sistem hybrid, melainkan sebagai Toyota Hilux dengan teknologi 48 volt.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kebingungan di kalangan pelanggan yang mungkin mempertimbangkan pilihan mobil dengan teknologi mild hybrid atau full hybrid yang menawarkan penghematan bahan bakar yang lebih besar.

Dengan adopsi teknologi mild hybrid yang lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Toyota Hilux terbaru semakin memperkuat posisinya sebagai pilihan utama bagi pecinta petualangan dan penggemar pikap yang peduli terhadap lingkungan.

Diharapkan Hilux generasi baru ini akan menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih baik, tanpa mengorbankan daya tarik, daya tahan, dan kemampuan off-road yang menjadi ciri khasnya.