OTOMOTIF

Perusahaan Pertamina dan Electrum Bersatu, Rencanakan Pabrik Produksi 1 Juta Motor Listrik

90
×

Perusahaan Pertamina dan Electrum Bersatu, Rencanakan Pabrik Produksi 1 Juta Motor Listrik

Sebarkan artikel ini
Perusahaan Pertamina dan Electrum Bersatu, Rencanakan Pabrik Produksi 1 Juta Motor Listrik
Perusahaan Pertamina dan Electrum Bersatu, Rencanakan Pabrik Produksi 1 Juta Motor Listrik

Media90 – Pertamina New & Renewable Energy (NRE) bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga (PPN) dan Electrum dalam pengembangan baterai motor listrik.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dan upacara peletakan batu pertama secara simbolis pabrik motor listrik Electrum di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, pada Jumat (23 Juni 2023).

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dihadiri oleh Fadli Rahman, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE, Riva Siahaan, Direktur PPN, dan Patrick Adhiatmaja, Direktur Utama Electrum.

Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari perjanjian kerja sama utama mengenai ekosistem kendaraan listrik yang ditandatangani antara PNRE dan Electrum pada KTT G20 di Bali pada tahun 2022.

“Indonesia memiliki potensi dan peluang yang besar untuk menjadi pemimpin di industri baterai kendaraan listrik. Kerja sama antara para pihak akan mempercepat pembentukan ekosistem kendaraan listrik,” ujar Fadli.

Pertamina NRE, PPN, dan Electrum akan melengkapi rantai pasok produksi baterai di dalam negeri.

Selain itu, mereka juga berencana mendukung pengembangan produk baterai litium-ion untuk sepeda motor listrik roda dua.

Electrum sendiri memiliki target untuk memproduksi ratusan ribu motor listrik setiap tahunnya.

Dengan terwujudnya ekosistem ini, fasilitas pendukung yang lengkap, dan infrastruktur lainnya, diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik.

“Kami akan membangun satu jalur perakitan dengan kapasitas 250 ribu unit per tahun. Jika semua jalur dibangun, pabrik ini akan mencukupi untuk empat jalur perakitan, dengan produksi sekitar 1 juta unit,” tambah Patrick Adhiatmaja.

Fadjar Djoko Santoso, Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, menyatakan bahwa Pertamina berkomitmen untuk mempercepat penyediaan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami sepenuhnya mendukung program pemerintah terkait percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sebagai upaya mencapai target NZE 2060,” ujarnya.

Digunakan oleh Ojek Online

Sebelumnya, pada Oktober 2022, Electrum menargetkan 500 unit motor listrik untuk digunakan oleh GoJek.

Perusahaan patungan antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT TBS Energi Utama Tbk telah melakukan uji coba penggunaan motor listrik bagi para pengemudi ojek online sepanjang tahun 2022.

Dua jenis motor yang digunakan adalah merek Gesits dan Gogoro.

Electrum juga dibantu oleh Pertamina dalam pengadaan stasiun pengisian baterai.