OTOMOTIFTIPS

Strategi Perawatan Penting: Mobil yang Jarang Digunakan Rentan Rusak, Yuk Cek Dampaknya dan Tips Perawatannya!

137
×

Strategi Perawatan Penting: Mobil yang Jarang Digunakan Rentan Rusak, Yuk Cek Dampaknya dan Tips Perawatannya!

Sebarkan artikel ini
Mobil Jarang Dipakai Bisa Rusak Cek Dampak Dan Perawatannya
Mobil Jarang Dipakai Bisa Rusak Cek Dampak Dan Perawatannya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Memiliki mobil pribadi memberikan keuntungan dalam mobilitas sehari-hari, tetapi ada kalanya mobil yang dimiliki malah jarang dipakai.

Alasannya bermacam-macam, seperti kenyamanan menggunakan angkutan umum atau sepeda motor.

Meskipun mobil tampak terjaga di garasi, mobil yang jarang dipakai tetap memerlukan perawatan agar kondisinya tetap prima. Mari simak dampak dan cara perawatan mobil yang sering terabaikan ini.

Dampak Mobil Jarang Dipakai:

  1. Ban Kekurangan Tekanan Angin: Mobil yang sering terparkir dapat mengakibatkan kekurangan tekanan angin pada ban. Ini bisa menyebabkan flatspot, di mana ban memiliki permukaan yang tidak bulat sempurna. Pemilik perlu rutin memeriksa dan mengisi tekanan angin ban.
  2. Aki Menjadi Lemah: Mobil yang jarang digunakan dapat menyebabkan aki menjadi lemah karena kurangnya pasokan listrik dari mesin yang tidak aktif. Pemilik disarankan untuk secara rutin menyalakan mesin agar aki tetap terisi listrik.
  3. Oli Melewati Masa Pakai: Walaupun jarang dipakai, penggantian oli mobil tetap diperlukan sesuai dengan interval waktu yang disarankan oleh pabrikan. Oli mesin yang lama dapat menyebabkan performa mesin menurun.
  4. Eksterior Kusam: Paparan sinar matahari dan kotoran lingkungan dapat membuat eksterior mobil kusam. Penggunaan cover mobil dapat melindungi eksterior dari kerusakan akibat faktor eksternal.
  5. Interior Apek atau Jamuran: Bagian interior mobil juga rentan terhadap kelembaban dan bau apek jika mobil jarang digunakan. Pemilik disarankan untuk membersihkan interior secara rutin dan memastikan mobil disimpan di tempat yang tidak lembab.

Cara Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai:

  1. Perhatikan Lokasi Parkir: Pilihlah tempat parkir yang terlindungi dari sinar matahari dan hujan. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada eksterior dan interior mobil.
  2. Parkir di Tempat Rata, Ganjal Ban: Hindari parkir di tempat yang curam. Mengganjal ban dan melepas rem parkir dapat mencegah rem parkir menjadi lengket.
  3. Menggunakan Cover Mobil: Gunakan cover mobil untuk melindungi eksterior dari sinar matahari dan kotoran lingkungan. Pilihlah cover yang tidak merusak cat mobil.
  4. Cek dan Panaskan Mesin: Lakukan pengecekan rutin pada mesin, termasuk kondisi pelumas, air radiator, dan aki. Selain itu, rutin menyalakan mesin dapat menjaga kesehatan aki.
  5. Cabut Aki Jika Mobil Ditinggal Lama: Jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu yang lama, pertimbangkan untuk mencabut aki agar tidak drop. Namun, lakukan hal ini dengan hati-hati sesuai prosedur yang benar.
  6. Cek Tekanan Angin Ban: Lakukan pemeriksaan rutin terhadap tekanan angin ban dan pastikan untuk mengisi jika diperlukan.

Demikianlah beberapa dampak dan cara perawatan mobil yang jarang dipakai. Meskipun jarang digunakan, mobil tetap memerlukan perhatian agar tetap dalam kondisi optimal.

Jangan lupa untuk mengikuti jadwal perawatan yang disarankan oleh pabrikan dan melakukan pemeriksaan secara berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *