OTOMOTIF

Review Ground Clearance Fortuner dan SUV Toyota Lainnya

68
×

Review Ground Clearance Fortuner dan SUV Toyota Lainnya

Sebarkan artikel ini
Mengulas Ground Clearance Fortuner Dan SUV Toyota Lainnya
Mengulas Ground Clearance Fortuner Dan SUV Toyota Lainnya

Media90 Toyota Fortuner merupakan salah satu SUV terlaris di Indonesia yang dikenal punya ground clearance tinggi.

Hal ini membuat SUV tersebut mudah menaklukkan berbagai jalur yang ada di hadapannya tanpa takut terkena bagian bawah mobil.

Ground clearance sendiri merupakan jarak antara bagian tengah knalpot mobil dengan permukaan tanah. Lalu, berapa ground clearance dari Toyota Fortuner generasi terbaru yang ada di Indonesia saat ini?

Apa Itu Ground Clearance?

Ground clearance adalah jarak antara titik terendah mobil dengan permukaan aspal atau tanah. Titik terendah mobil yang dimaksud ini bukanlah dihitung dari bagian bodi atau pijakan kaki, melainkan bagian kolong mobil, biasanya knalpot atau bagian lain yang paling rendah.

Setiap mobil memiliki ground clearance yang berbeda-beda menyesuaikan jenis dan kebutuhan mobil itu sendiri.

Umumnya, mobil yang dikategorikan sebagai SUV memiliki ground clearance yang cukup tinggi dibandingkan mobil lain.

Tujuannya agar mobil tersebut bisa menaklukkan berbagai medan dengan mudah tanpa harus takut terpentok sesuatu di bawahnya.

Fungsi Ground Clearance

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa fungsi dari ground clearance yang tinggi pada mobil berjenis SUV:

  1. Menghindari Air: Tinggi jarak yang cukup rendah dapat memunculkan potensi mesin mobil kemasukan air saat melewati jalan yang banjir atau tergenang air. Saat menerjang jalanan yang berarus air tinggi, potensi knalpot mobil untuk kemasukan air pun akan menjadi lebih tinggi jika jaraknya rendah.
  2. Siap Melewati Ragam Kontur Jalan: Keuntungan lain adalah kemampuan untuk berjalan di kondisi jalanan seperti apapun. Jalanan Indonesia masih dihiasi dengan kontur jalan yang bergelombang atau bahkan cenderung rusak. Ground clearance yang tinggi membuat pemilik mobil merasa lebih aman melewati jalan rusak tanpa khawatir bagian bawah mobilnya terkena batu atau jalan.

Kategori Tinggi Mobil

Setelah membahas mengenai fungsinya, ketahui dulu kategori ground clearance yang ada di Indonesia:

  1. Rendah (170-180 mm): Kategori ini biasanya diisi oleh kendaraan di segmen perkotaan seperti sedan atau city car. Contohnya adalah Toyota Agya dan Toyota All New Sienta.
  2. Sedang (190-200 mm): Kategori ini diisi oleh mobil-mobil dengan ukuran ground clearance sedang seperti Toyota Avanza. Dengan ukuran ini, Toyota Avanza dinilai ideal untuk dikendarai di jalanan perkotaan Indonesia.
  3. Tinggi (di atas 200 mm): Kategori ini biasanya digolongkan untuk kendaraan yang masuk kategori SUV seperti Fortuner. Mobil ini didesain untuk melintasi jalanan dengan permukaan ekstrem seperti jalur perbukitan atau pegunungan.

Ground Clearance Toyota Fortuner

Toyota Fortuner diketahui memiliki ground clearance sebesar 220 mm, angka ini berlaku untuk Toyota Fortuner generasi pertama hingga generasi terbaru yang dijual di Indonesia.

Di sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa tinggi mobil SUV berkapasitas 7 penumpang ini tidak mengalami perbedaan signifikan pada setiap generasinya, hanya saja perbedaan terjadi pada bagian eksterior, interior, mesin, dan fitur yang diusung.

Ground Clearance Toyota Rush

Kemudian, Toyota Rush memiliki ground clearance serupa dengan Toyota Fortuner yaitu 220 mm.

Rush sendiri mengisi segmen low SUV (LSUV) di Indonesia dan termasuk ke salah satu mobil terlaris di Indonesia.

Ground Clearance Yaris Cross Hybrid

Toyota Yaris Cross Hybrid diketahui memiliki ground clearance sebesar 210 mm, hanya berselisih 10 mm dibanding Fortuner dan Rush.

Yaris Cross Hybrid menjadi salah satu SUV alternatif yang bisa dipilih oleh konsumen.

Ground Clearance RAV4 Hybrid

Toyota RAV4 Hybrid yang sudah resmi dijual di Indonesia memiliki ground clearance sebesar 190 mm.

Ini lebih rendah dibandingkan Fortuner maupun Rush, meskipun harga RAV4 Hybrid jauh lebih tinggi.

Ground Clearance Land Cruiser

Toyota Land Cruiser generasi terbaru dikenal memiliki ground clearance sebesar 230 mm, 10 mm lebih tinggi dibanding Fortuner dan Rush.

Sebagai SUV legendaris, Land Cruiser menjadi varian SUV top-of-the-line Toyota yang kerap menjadi incaran kolektor.

Kesimpulan

Tidak selamanya mobil yang punya jarak ke tanah terlalu tinggi itu baik, karena semua tergantung jenis mobilnya.

Misalnya, mobil SUV atau offroad biasanya memiliki ukuran yang lebih tinggi agar mudah melewati berbagai kontur jalan.

Sementara mobil sport biasanya memiliki ketinggian yang lebih rendah untuk mengejar Center of Gravity (CoG) yang lebih rendah, yang sangat penting untuk manuver pada kecepatan tinggi.

Pada umumnya, mobil-mobil rendah seperti sedan memiliki aerodinamis yang baik dan mengurangi angin yang melewati bagian bawah mobil.

Ground clearance tinggi pada SUV seperti Fortuner, Rush, dan Land Cruiser memberikan kemampuan untuk menghadapi medan ekstrem, sementara mobil dengan ground clearance lebih rendah seperti sedan dan city car lebih cocok untuk jalanan perkotaan yang mulus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *