OTOMOTIF

Review dan Harga Honda Brio Bekas: Mobil yang Tetap Jadi Pilihan Favorit

305
×

Review dan Harga Honda Brio Bekas: Mobil yang Tetap Jadi Pilihan Favorit

Sebarkan artikel ini
Review dan Harga Honda Brio Bekas Mobil yang Tetap Jadi Pilihan Favorit
Review dan Harga Honda Brio Bekas Mobil yang Tetap Jadi Pilihan Favorit

Media90 – Honda Brio bekas menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang menginginkan kendaraan dengan harga terjangkau namun tetap menawarkan spesifikasi yang baik. Sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia, tidak sulit untuk menemukan unit Honda Brio bekas di pasaran.

Sejarah Brio di Indonesia dimulai pada tahun 2012, dan sejak tahun 2013 mobil ini telah dirakit di dalam negeri. Honda Brio menjadi pesaing utama dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC), bersaing dengan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Namun, Honda Brio juga memiliki varian RS yang tidak lagi dikategorikan sebagai LCGC karena harga dan fitur-fiturnya yang lebih lengkap.

Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek Honda di Indonesia terus mengembangkan desain Honda Brio agar semakin sesuai dengan selera konsumen. Generasi pertama Honda Brio memiliki ciri khas pada desain eksteriornya, terutama pada pintu bagasi belakang yang rata dan terbuat dari kaca. Namun, pada generasi kedua yang diluncurkan pada bulan Agustus 2018, desain semacam itu sudah tidak digunakan lagi.

Pada tahun 2023, Honda Brio mengalami facelift yang terlihat jelas pada gril depan dan peleknya. Perubahan ini, tentu saja, diiringi dengan kenaikan harga untuk setiap varian Brio baru. Varian termurah, Brio Satya S MT, dijual dengan harga Rp165,9 juta.

Dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yang cukup baik, Honda Brio bekas tetap menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Jika Anda mencari kendaraan yang handal dengan harga terjangkau, Honda Brio bekas layak dipertimbangkan.

Harga Honda Brio Bekas

Meskipun demikian, ada kalangan yang melihat nilai lebih dalam membeli Honda Brio dalam kondisi bekas. Sebagian besar pemilik Brio menggunakan mobil ini sebagai kendaraan sehari-harinya, oleh karena itu penting untuk memerhatikan kondisi mobil yang akan dibeli.

Harga Honda Brio bekas saat ini bervariasi tergantung pada kondisi dan tahun pembuatannya. Jangan heran jika harga mobil bekas ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitornya. Hal ini disebabkan karena Brio sejak awal dilengkapi dengan transmisi otomatis CVT yang terkenal nyaman digunakan. Berbeda dengan Daihatsu Ayla atau Toyota Agya yang baru mengadopsinya pada generasi kedua yang diluncurkan pada 2023.

Baca Juga:  Operasi Zebra 2023: Sasarannya 7 Pelanggaran Ini

Pada situs penjualan mobil bekas seperti CARSOME dan Carmudi, terdapat lebih dari seribu unit Honda Brio bekas yang dipasarkan. Misalnya, terdapat Brio Satya E CVT buatan tahun 2017 yang ditawarkan dengan harga Rp130 jutaan. Meskipun usianya baru 6 tahun, mobil bekas ini masih tergolong muda namun dengan harga yang terjangkau.

Contoh lain yang dapat ditemukan adalah Brio RS CVT buatan tahun 2016 yang ditawarkan dengan harga Rp140 jutaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, varian Brio RS bukan lagi termasuk dalam kategori LCGC, sehingga memiliki fitur yang lebih baik. Hal ini juga berdampak pada harga jualnya yang lebih tinggi di pasaran.

Jika Anda tertarik untuk membeli Honda Brio bekas, perhatikanlah kondisi mobil dengan teliti. Selain itu, lakukan riset harga terlebih dahulu untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran yang kompetitif. Dengan perhatian yang cermat, membeli Honda Brio bekas dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk mendapatkan mobil dengan harga terjangkau dan fitur yang baik.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio

Mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil Honda Brio. Artikel ini memberikan penjelasan yang dapat menjadi pertimbangan bagi calon konsumen yang mempertimbangkan membeli mobil ini dalam kondisi bekas.

Kelebihan Honda Brio:

  1. Mesin 4-Silinder: Honda Brio dilengkapi dengan mesin 1.200 cc yang menggunakan 4-silinder, yang memberikan keuntungan dibandingkan beberapa pesaingnya yang menggunakan mesin 3-silinder. Mesin 4-silinder ini menghasilkan getaran yang lebih halus di dalam kabin, dan memberikan tenaga yang cukup besar.
  2. Transmisi CVT: Brio adalah salah satu mobil yang mempopulerkan penggunaan transmisi CVT di kelas Low-Cost Green Car (LCGC). Transmisi CVT dengan sabuk baja ini terkenal lebih halus saat akselerasi dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional. Namun, penggunaan transmisi CVT juga membutuhkan perawatan yang lebih rajin.
  3. Desain Model Lama Belum Ketinggalan Zaman: Desain Honda Brio terlihat sporty dan stylish, dan bahkan model lama atau generasi pertamanya pun masih terlihat modern. Brio menarik perhatian konsumen anak muda yang sering melakukan modifikasi.
Baca Juga:  Ignis Terhenti Penjualannya di Australia Karena Tidak Dilengkapi Fitur Ini

Kekurangan Honda Brio:

  1. Interior Warna Krem Gampang Kotor: Pada varian Brio Satya generasi lama, interior menggunakan bahan berwarna krem yang terang. Meskipun ini memberikan kesan kabin yang lebih cerah dan lega, namun bahan berwarna krem cenderung kotor dengan mudah. Pemilik Brio dengan interior seperti ini perlu membersihkan kabin secara rutin.
  2. Bagasi Sempit: Karena dimensi bodi yang kompak, kapasitas kabin Honda Brio terbatas. Hal ini juga berlaku untuk kapasitas bagasi Brio, terutama pada generasi pertama. Konsumen perlu mempertimbangkan kapasitas bagasi yang sempit ini sesuai dengan kebutuhan mereka.
  3. Minim Fitur Bantuan Berkendara: Setelah facelift pada tahun 2023, Brio belum mendapatkan tambahan fitur yang signifikan. Hal ini berbeda dengan beberapa pesaingnya. Beberapa rival Brio menawarkan lebih banyak fitur, seperti paddle shift, vehicle stability control, hill start assist, dan wireless charger.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil Honda Brio yang perlu dipertimbangkan oleh calon konsumen yang membeli mobil bekas. Pemilihan mobil tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing konsumen.

Spesifikasi Teknis Honda Brio Tetap Konsisten

Spesifikasi Teknis Honda Brio Tetap Konsisten
Spesifikasi Teknis Honda Brio Tetap Konsisten

Honda Brio tetap setia dengan spesifikasi teknisnya sejak diperkenalkan pertama kali. Mesin yang digunakan adalah mesin 1.200 cc, 4-silinder yang telah terbukti andal dalam performanya.

Mesin ini memiliki tenaga maksimum sebesar 88,7 hp dan torsi tertinggi mencapai 110 Nm. Meskipun tidak mengalami perubahan, mesin ini tetap mampu memberikan performa yang cukup baik untuk mobil ini.

Baca Juga:  Mengatasi Lonjakan Kecelakaan: Perlunya Fitur Ini pada Sepeda Motor

Pabrikan menyediakan dua opsi transmisi untuk Honda Brio, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Opsi transmisi manual memberikan pengalaman berkendara yang lebih interaktif, sementara transmisi otomatis CVT memberikan kenyamanan dalam mengemudi.

Dalam facelift model tahun 2023, Honda Brio RS memiliki dimensi panjang 3.810 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm. Sedangkan Honda Brio Satya memiliki dimensi panjang bodi yang sedikit lebih pendek, yaitu 1.795 mm. Meskipun demikian, keduanya memiliki wheelbase yang sama, yaitu 2.405 mm.

Selain itu, terdapat beberapa perbedaan antara kedua varian ini. Misalnya, Honda Brio RS dilengkapi dengan body kit, lampu kabut, dan menggunakan pelek berukuran 15 inci. Sementara Honda Brio Satya menggunakan pelek berukuran 14 inci dan tidak dilengkapi dengan body kit dan lampu kabut.

Honda Brio memiliki kabin yang dapat memuat hingga 5 orang, termasuk pengemudi. Mobil ini ditujukan untuk konsumen dari kalangan anak muda yang menginginkan mobil dengan ukuran yang kompak namun tetap memiliki fitur-fitur keselamatan, seperti Isofix untuk pemasangan child seat.

Tipe terendah dari Honda Brio adalah Brio Satya S yang hanya tersedia dengan transmisi manual. Jika konsumen menginginkan transmisi otomatis, mereka dapat memilih tipe Brio Satya E yang memiliki opsi transmisi manual dan otomatis. Varian tertinggi, yaitu Brio RS, juga menawarkan pilihan transmisi yang sama.

Secara keseluruhan, Honda Brio tetap menjadi salah satu mobil yang sangat populer di Indonesia. Spesifikasi teknisnya yang konsisten dan ukurannya yang kompak membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen, terutama bagi mereka yang mencari mobil bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *