OTOMOTIF

Mengenal Lebih Dekat: Ragam Mobil Tangki Pertamina yang Menarik

251
×

Mengenal Lebih Dekat: Ragam Mobil Tangki Pertamina yang Menarik

Sebarkan artikel ini
Mengenal Lebih Dekat Ragam Mobil Tangki Pertamina yang Menarik
Mengenal Lebih Dekat Ragam Mobil Tangki Pertamina yang Menarik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Jajaran mobil tangki Pertamina ternyata memiliki tugas dan peran yang beragam, dari mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kendaraan umum hingga memasok pesawat terbang.

Melalui unggahan resmi di akun Instagram Pertamina yang dilihat oleh Media90 pada Jumat (21/7/2023), terungkap bahwa ada paling tidak empat jenis mobil tangki Pertamina yang dibedakan berdasarkan warna dan bentuknya.

Mobil Tangki Berwarna Merah Putih

Mobil tangki dengan warna merah dan putih seringkali terlihat melintasi jalanan. Tugas utama mobil ini adalah mengangkut BBM ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Pertashop.

Dengan peran strategis ini, mobil tangki merah putih menjadi penghubung penting dalam menyuplai bahan bakar bagi kendaraan masyarakat umum.

Mobil Tangki Berwarna Biru Putih

Mobil tangki dengan warna biru putih lebih sering ditemui di kawasan industri. Peran utamanya adalah mengantar BBM kepada konsumen industri atau yang sering disebut sebagai segmen Business-to-business (B2B).

Dengan tugas ini, mobil tangki biru putih menjadi garda terdepan dalam mendukung operasional berbagai sektor industri yang membutuhkan pasokan BBM secara tepat dan efisien.

Mobil Skid Tank

Selain mobil tangki untuk BBM, Pertamina juga memiliki mobil skid tank yang memiliki ciri khas tangki berbentuk tabung di belakangnya.

Namun, perbedaan utamanya adalah mobil skid tank bertugas menyalurkan Liquefied Petroleum Gas (LPG) ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE).

Peran mobil skid tank dalam menyediakan pasokan LPG ini memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi bersih untuk berbagai keperluan.

Mobil Refueller

Jenis mobil tangki Pertamina yang berikutnya dinamakan refueller. Meskipun menggunakan warna merah putih seperti mobil tangki lainnya, mobil refueller ini memiliki tugas yang berbeda.

Mobil refueller didedikasikan untuk mengangkut avtur, yang merupakan bahan bakar untuk pesawat terbang.

Dengan mengisi bahan bakar pesawat, mobil refueller mendukung kelancaran dan keamanan penerbangan, serta memastikan konektivitas udara yang penting dalam mobilitas global.

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Mobil Tangki Pertamina
Yuk, Kenali Jenis-Jenis Mobil Tangki Pertamina

Menurut sumber yang sama, Elnusa Petrofin, anak perusahaan Pertamina, saat ini mengelola sekitar 1.800 unit mobil tangki dan memiliki 665 unit mobil tangki sebagai asetnya.

Fakta menarik lainnya adalah setiap jenis mobil tangki memiliki kapasitas yang berbeda, mulai dari 5.000 liter hingga 40.000 liter.

Khusus untuk mobil tangki dengan kapasitas lebih dari 8.000 liter, mereka dilengkapi dengan sekat pemisah di dalamnya.

Keunggulan ini memungkinkan mobil tangki untuk membawa lebih dari satu jenis BBM secara bersamaan, meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dalam pendistribusian bahan bakar.

Dengan ragam jenis mobil tangki Pertamina yang disesuaikan dengan peran dan tugasnya, Pertamina telah menunjukkan komitmen dan peran strategisnya dalam menyediakan pasokan BBM dan energi untuk berbagai sektor kehidupan masyarakat dan industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *