BERITANASIONAL

Universitas Teknokrat Indonesia Menduduki Peringkat Teratas di Luar Pulau Jawa Versi Times Higher Education

246
×

Universitas Teknokrat Indonesia Menduduki Peringkat Teratas di Luar Pulau Jawa Versi Times Higher Education

Sebarkan artikel ini
Universitas Teknokrat Indonesia Menduduki Peringkat Teratas di Luar Pulau Jawa Versi Times Higher Education
Universitas Teknokrat Indonesia Menduduki Peringkat Teratas di Luar Pulau Jawa Versi Times Higher Education

Media90 – Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) telah kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Luar Pulau Jawa. Penghargaan ini diberikan oleh Times Higher Education World’s Impact Ranking 2023, sebuah lembaga pemeringkatan bergengsi yang berbasis di Inggris.

UTI berhasil bersaing dengan 14 ribu perguruan tinggi lainnya di Indonesia dan menduduki posisi teratas dalam upaya mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) yang digagas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Skor yang diperoleh UTI dalam kategori SDG 4 Quality Education menunjukkan komitmen institusi untuk mewujudkan pendidikan yang inklusif, setara, dan mendukung pembelajaran sepanjang hayat. Dalam indikator ini, UTI meraih skor 43,6-50,6, menegaskan dedikasinya dalam memastikan akses pendidikan yang berkualitas bagi semua.

Selain itu, UTI juga berhasil mencapai skor 48,4–57,7 dalam kategori SDG 8 Decent Work and Economic Growth. Hal ini menandakan peran aktif UTI dalam mendukung masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan yang layak serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dalam upaya membangun infrastruktur dan mendorong inovasi, UTI meraih skor 33,9-50,8 dalam indikator SDG 9 Industry Innovation and Infrastructure. Ini menunjukkan komitmen UTI dalam memajukan industri dan infrastruktur yang inklusif serta berkelanjutan.

Pencapaian gemilang terakhir UTI terlihat dalam indikator wajib, yaitu SDG 17 Partnership for the Goals, di mana UTI berhasil memperoleh poin tertinggi, yakni 61,1-70,5. Ini menunjukkan bahwa UTI telah berhasil membangun kolaborasi yang kuat dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri, dalam rangka mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dengan meraih penghargaan ini, UTI berhasil masuk dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia, sejajar dengan universitas ternama seperti UNY, Unila, Maranatha University, dan lainnya. Wakil Rektor UTI, Dr. Mahathir Muhammad, SE., MM., menyatakan kepentingan pemeringkatan Times Higher Education bagi suatu perguruan tinggi.

“Times Higher Education telah menjadi lembaga pemeringkatan yang andal selama 50 tahun, dan reputasinya tak terbantahkan dalam menilai mutu perguruan tinggi,” ungkapnya. Ia juga menekankan bahwa universitas yang masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education Impact Ranking adalah perguruan tinggi yang memberikan perhatian khusus dalam mendukung pembangunan berkelanjutan secara global.

Visi UTI untuk menjadi universitas unggul di Sumatera dan berstandar internasional dalam Tridharma Perguruan Tinggi mendapat dukungan dari Rektor UTI, Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE., MBA. Beliau mengapresiasi kerja keras tim manajemen dan sivitas akademika UTI yang berkomitmen tinggi dalam mendorong UTI menjadi kampus hijau bermutu dan berprestasi internasional.

“UTI terus meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sejalan dengan perkembangan teknologi dan isu-isu global seperti pencapaian Sustainable Development Goals,” kata Rektor.

Prestasi gemilang ini juga sejalan dengan pencapaian UTI dua tahun berturut-turut sebagai PTS terbaik di luar Pulau Jawa menurut peringkat UIGreenmetric. UIGreenmetric juga merupakan lembaga pemeringkatan yang mengukur upaya kampus dalam memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan.

Universitas Teknokrat Indonesia terus membuktikan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan yang berdedikasi tinggi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Melalui prestasi-prestasi gemilang yang diraihnya, UTI telah menetapkan standar kualitas tinggi dan memperkuat reputasinya sebagai PTS terbaik di luar Pulau Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *