OTOMOTIF

Rahasia di Balik Tidak Adanya Ban Serep pada All New CR-V Hybrid: Apa yang Perlu Diketahui

264
×

Rahasia di Balik Tidak Adanya Ban Serep pada All New CR-V Hybrid: Apa yang Perlu Diketahui

Sebarkan artikel ini
Kenapa All New CR-V Hybrid Tak Punya Ban Serep
Kenapa All New CR-V Hybrid Tak Punya Ban Serep

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Meluncur dengan penuh kejutan di ajang GIIAS 2023, All New CR-V Hybrid dari Honda ternyata memiliki fitur yang mengundang perhatian: tidak adanya ban serep sebagai antisipasi ketika ban mengalami kebocoran atau rusak.

Keputusan ini diambil dengan pertimbangan matang untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang.

Eisuke Sahto, Development Leader dari Automobile Development Center Automobile Operations Honda Motor, menjelaskan alasannya di acara GIIAS 2023.

Menurutnya, penghilangan ban serep bertujuan untuk menciptakan kelegaan kabin dan menghindari penambahan biaya produksi yang tidak diperlukan.

“Tujuannya agar tidak menambah biaya produksi dan juga mempertimbangkan keleluasaan penumpang dan kelegaan ruang kabin,” ujarnya.

Keputusan ini juga berkaitan dengan upaya untuk penyeragaman struktur bodi pada SUV Honda yang baru.

Posisi yang seharusnya ditempati oleh ban serep digunakan untuk menyematkan baterai pada varian hybrid.

Namun, Honda tidak meninggalkan penggunanya tanpa solusi. Sebagai alternatif, mereka memberikan sealant atau cairan yang dapat dimasukkan ke dalam ban sebagai tindakan darurat.

Tidak hanya itu, penggunaan sealant tidaklah baru dalam dunia otomotif. Mobil listrik sebelumnya juga telah mengadopsi teknologi serupa.

Bagi para pemilik All New CR-V Hybrid, penggunaan sealant ini cukup mudah. Cairan tersebut hanya perlu disambungkan ke pompa yang disediakan di dalam mobil.

Dengan begitu, pengemudi dapat mengatasi masalah ban yang kempis atau mengalami kebocoran saat sedang dalam perjalanan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penggunaan sealant ini bersifat sementara dan bukan solusi permanen.

Setelah penggunaan sealant, ban masih harus dibawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, seperti penambalan atau penggantian ban.

Kehadiran All New CR-V Hybrid tanpa ban serep ini tentu saja menimbulkan pertanyaan di kalangan calon konsumen yang tertarik akan mobil ini.

Hal ini menjadi lebih menarik jika dibandingkan dengan versi non-hybrid yang masih menyertakan ban cadangan di bagian belakang bawah mobil.

Untuk informasi lebih lanjut, Honda Prospect Motor (HPM) menyajikan CR-V generasi kedelapan ini dalam dua varian, yaito varian hybrid dan non-hybrid.

Varian hybrid dijual dengan harga Rp799,9 juta, sementara non-hybrid dibanderol dengan harga Rp739,9 juta (OTR Jakarta).

Perbedaan juga terlihat pada sisi eksterior, di mana cover spion pada varian hybrid hadir dalam warna hitam, sementara varian non-hybrid menggunakan warna yang seragam dengan bodinya.

Sementara itu, varian hybrid dirancang untuk mengakomodasi hingga lima penumpang, sementara varian non-hybrid mampu membawa hingga tujuh penumpang dalam satu perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *