OTOMOTIF

Kijang Innova Zenix Q Hybrid: Review Menarik, Sesuai Ekspektasi atau Tidak?

593
×

Kijang Innova Zenix Q Hybrid: Review Menarik, Sesuai Ekspektasi atau Tidak?

Sebarkan artikel ini
Kijang Innova Zenix Q Hybrid Review Menarik, Sesuai Ekspektasi atau Tidak
Kijang Innova Zenix Q Hybrid Review Menarik, Sesuai Ekspektasi atau Tidak

Media90 – Berikut adalah laporan terbaru dari sesi test drive beberapa waktu lalu, kali ini kami akan memberikan ulasan tentang Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid, varian teratas dari generasi terbaru Innova.

Sebelumnya, kami telah membahas pengalaman berkendara dengan Innova Zenix tipe V yang menurut kami adalah “sahabat terbaik” di jalan tol. Fitur hiburan yang disediakannya memberikan kenyamanan dalam perjalanan jarak jauh.

Kami melakukan review Kijang Innova Zenix Q Hybrid TSS berdasarkan pengalaman kami selama sesi media test drive bersama Toyota beberapa waktu lalu. Berikut ini adalah laporan lengkapnya.

Impresi Penumpang Belakang

Impresi Penumpang Belakang
Impresi Penumpang Belakang

Kendati demikian, secara keseluruhan, Toyota All New Kijang Innova tipe Q Hybrid ini memberikan pengalaman yang memuaskan bagi penumpangnya. Dengan segala fitur dan kenyamanan yang ditawarkan, perjalanan dari Gringsing, Jawa Tengah hingga Yogyakarta menjadi lebih menyenangkan.

Selain fitur hiburan di bagian belakang, mobil ini juga menawarkan ruang kaki dan kepala yang luas serta jok yang dilapisi dengan bahan kulit yang nyaman. Meskipun pengaturan posisi jok masih menggunakan pengaturan manual, adanya ottoman elektrik pada baris kedua memberikan sentuhan kemewahan.

Salah satu kelebihan lainnya adalah panoramic sunroof yang dapat dibuka, memberikan suasana kabin yang lebih terang dan lapang. Keindahan hujan yang disambut oleh butiran air yang terlihat melalui panoramic sunroof menambah kesan mewah dalam perjalanan.

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah posisi kisi-kisi AC yang terletak di atas plafon. Semburan AC yang langsung mengarah ke kepala dapat menjadi kurang nyaman bagi penumpang dengan postur tertentu. Disarankan agar posisi kisi-kisi AC ditempatkan lebih mundur untuk memberikan kesejukan yang merata.

Meskipun demikian, Toyota All New Kijang Innova tipe Q Hybrid tetap menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang menginginkan kenyamanan dan kemewahan dalam perjalanan jauh. Dengan fitur-fitur canggih dan ruang yang lapang, mobil ini mampu memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan memuaskan bagi semua penumpangnya.

Suspensi Nyaman

Suspensi Nyaman
Suspensi Nyaman

Innova Zenix tipe Q Hybrid telah menjadi sorotan dalam dunia otomotif dengan karakteristik yang mengagumkan. Setelah menjalani test drive review, kami menemukan bahwa salah satu hal yang paling mencolok adalah kenyamanan suspensinya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tipe V yang telah kami gunakan sebelumnya.

Secara struktur, komponen kaki-kaki pada seluruh varian Innova Zenix dapat dikatakan serupa. Bagian depan mengandalkan MacPherson Strut, sementara bagian belakang menggunakan Torsion Beam. Namun, perbedaan yang signifikan terletak pada perbedaan ukuran pelek.

Tipe V yang kami gunakan sebelumnya memiliki pelek 17 inci yang dilengkapi dengan ban berukuran 215/60. Sementara itu, tipe Q Hybrid yang kami uji coba dilengkapi dengan pelek berukuran lebih besar, yaitu 18 inci dengan ban 225/50.

Secara teori, ukuran pelek yang lebih besar seharusnya mengurangi tingkat kenyamanan berkendara. Namun, kenyataannya adalah sebaliknya. Tipe Q Hybrid justru menawarkan kenyamanan yang jauh lebih baik dengan karakter suspensi yang lembut.

Awalnya, kami menduga bahwa kelembutan suspensi ini disebabkan oleh bobot tambahan yang dihasilkan dari adanya baterai pada mobil hibrida ini. Bobot yang lebih besar seharusnya memberikan kestabilan yang lebih baik saat melintasi jalan. Namun, kami baru menyadari bahwa kenyataannya suspensi ini memberikan kenyamanan luar biasa ketika kami menghantam beberapa sambungan jalan tol dan jalan rusak di tol Trans Jawa.

Dalam pengujian kami, kami sangat terkejut dengan tingkat kenyamanan yang kami rasakan. Empuknya suspensi ini secara efektif meredam guncangan dan getaran yang biasanya terasa di jalan yang tidak rata. Innova Zenix tipe Q Hybrid memberikan kenyamanan yang luar biasa bagi penumpangnya.

Dalam perbandingan dengan Kijang Innova Reborn, karakter suspensi Innova Zenix tipe Q Hybrid memang tidak seterah empuknya. Namun, ini justru memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil dan responsif. Dengan sedikit kekerasan yang dirasakan, mobil ini tetap memberikan kenyamanan yang optimal bagi pengendara dan penumpangnya.

Setelah perjalanan yang menyenangkan, kami akhirnya tiba di hotel Padma Semarang. Kami menikmati pengalaman mengemudi yang luar biasa dengan Innova Zenix tipe Q Hybrid ini. Keesokan harinya, kami pun siap melanjutkan perjalanan dengan semangat baru.

Dengan suspensi yang nyaman dan performa yang tangguh, Innova Zenix tipe Q Hybrid adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan kenyamanan ekstra.

Konsumsi BBM

Pada keesokan harinya, kami melanjutkan perjalanan menuju Tip Tap Toe di Yogyakarta dengan menguji Toyota Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid. Rute perjalanan kami meliputi daerah Kopeng, Ambarawa, Secang, dan Sleman.

Perjalanan menuju Yogyakarta ini menghadirkan beragam kontur jalan yang menanjak. Meskipun kami tidak memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi mengenai konsumsi bahan bakar, kami tetap ingin menjawab rasa penasaran kami.

Secara keseluruhan, perjalanan dari Semarang ke Tip Tap Toe di Yogyakarta memiliki jarak sekitar 115 km, dengan sebagian besar menggunakan jalur biasa daripada tol.

Ketika kami melaju, kami merasakan bahwa mesin dan tenaga yang disalurkan terasa jauh lebih halus dibandingkan dengan tipe V. Namun, hal ini bisa dimaklumi mengingat perbedaan antara mesin hybrid dan non-hybrid, meskipun memiliki basis yang sama.

Toyota All New Kijang Innova Q Hybrid TSS dilengkapi dengan mesin berkode M20A-FXS, berkapasitas 1.987 cc, dan terdiri dari 4 silinder segaris. Mesin ini menggunakan teknologi 16 katup, DOHC, chain drive, Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin bensin mencapai 149,9 hp pada 6.000 rpm, sedangkan tenaga dari motor listrik mencapai 111,4 hp. Untuk torsi mesin bensin, mencapai 187,3 Nm pada rentang 4.400-5.200 rpm, sementara torsi dari motor listrik adalah 205,9 Nm. Transmisinya menggunakan otomatis CVT, dan kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 52 liter.

Mesin dengan rasio kompresi 1:14 ini memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi sekitar 1:12 km/liter. Ketika berbicara mengenai konsumsi bahan bakar, Kijang Innova generasi terbaru ini lebih efisien sebesar 20-40% dibandingkan dengan Innova Reborn. Versi mesin hybrid juga menawarkan efisiensi yang lebih maksimal, terutama saat digunakan dalam kondisi kemacetan. Mesin bensin hanya akan aktif ketika mobil telah melaju di atas 50 km/jam. Ketika berada dalam kemacetan, motor listrik akan mengambil alih dan menjalankan mobil.

Tidak perlu khawatir mengenai daya tahan baterai, karena Toyota memberikan garansi baterai hingga 8 tahun atau 160.000 km, mana yang tercapai lebih dulu.

Selain itu, pengemudi juga dapat mengatur mode berkendara sesuai keinginan dengan menekan tombol yang terletak di sebelah tuas transmisi.

Dengan performa yang efisien dan bertenaga, Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari kendaraan keluarga yang handal dan hemat bahan bakar. Dalam uji test drive kami, Innova Zenix hybrid berhasil memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, terutama dalam situasi kemacetan perkotaan. Dengan garansi baterai yang cukup panjang, pengguna tidak perlu khawatir mengenai daya tahan dan pemeliharaan. Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid membuktikan dirinya sebagai pilihan yang bijaksana untuk kendaraan keluarga masa depan yang ramah lingkungan.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Pada varian Innova Zenix tipe Q Hybrid, Toyota telah melengkapi mobil ini dengan fitur canggih bernama Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini memiliki beberapa komponen penting yang sangat bermanfaat bagi pengendara. Berikut adalah beberapa fitur yang ada dalam TSS:

  1. Pre-collision System: Fitur ini membantu menghindari kemungkinan terjadinya tabrakan dengan mendeteksi kendaraan atau penghalang di depan mobil. Jika sistem mendeteksi adanya risiko tabrakan, pengemudi akan menerima peringatan visual dan suara, dan rem akan secara otomatis diaktifkan untuk mencegah tabrakan atau mengurangi dampaknya.
  2. Dynamic Radar Cruise Control (Adaptive): Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk menjaga jarak yang aman dengan mobil di depannya saat berkendara di jalan tol atau jalan raya. Sistem radar akan mengukur jarak dan kecepatan mobil di depan, dan secara otomatis mengatur kecepatan kendaraan Anda untuk menjaga jarak yang aman.
  3. Lane Departure Alert: Fitur ini membantu pengemudi dalam menjaga mobil tetap berada dalam jalurnya. Jika mobil mendekati garis pembatas tanpa tanda belok atau mengaktifkan lampu sein, sistem akan memberikan peringatan visual atau suara untuk memperingatkan pengemudi.
  4. Lane Tracing Assist: Fitur ini bekerja secara bersamaan dengan Lane Departure Alert. Selain memberikan peringatan saat keluar jalur, fitur ini juga membantu untuk menjaga mobil tetap berada di tengah jalur dengan menggunakan sistem penginderaan visual dan pengemudi yang mengarahkan mobil ke tengah jalur.
  5. Automatic High Beam: Fitur ini secara otomatis mengendalikan sistem lampu jauh mobil. Fitur ini akan mendeteksi kendaraan yang mendekat dari arah berlawanan atau kendaraan yang berada di depan mobil, dan secara otomatis menyesuaikan kecerahan lampu jauh agar tidak mengganggu pengendara lain.

Kelima fitur ini sangat berguna bagi pengemudi. Salah satu fitur yang menarik adalah adaptive cruise control yang kami gunakan saat berkendara di jalan tol. Pengemudi hanya perlu mengaktifkan fitur ini melalui tombol yang terletak di setir. Setelah diaktifkan, mobil akan mengikuti kecepatan mobil di depan, bahkan ketika mobil tersebut melambat. Ini sangat menyenangkan!

Selain itu, Toyota juga menyediakan fitur lain seperti vehicle stability control, 6 airbag untuk depan dan samping, panoramic view monitor, blind spot monitor, dan hill start assist yang terpasang pada platform TNGA-C.

Dengan adanya fitur-fitur canggih ini, Toyota Innova Zenix tipe Q Hybrid memberikan kenyamanan, keamanan, dan keandalan bagi pengendara serta menjadikan pengalaman berkendara lebih menyenangkan.

Kesimpulan Review Kijang Innova Zenix Hybrid

Test drive jarak jauh yang kami lakukan pada Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe V dan Q Hybrid akhirnya menutup rasa penasaran kami. Terlebih tipe Q Hybrid yang membuat kami terbuai ketika duduk di jok captain seat. Perangkat hiburan dan kenyamanan yang diberikan terasa sangat mantap, khususnya untuk perjalanan jauh.

Salah satu hal yang membuat Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid menonjol adalah jok captain seat yang memberikan kenyamanan luar biasa. Duduk di jok ini, kami merasa seperti sedang berada di dalam mobil mewah. Tidak hanya itu, pengalaman menggunakan fitur-fitur hiburan yang disediakan juga sangat memuaskan. Head unit yang digunakan pada tipe Q dan V memiliki ukuran 10 inci dengan konektivitas smartphone yang lengkap. Penumpang juga dapat menyambungkan perangkat mereka melalui Bluetooth, menggunakan voice recognition, dan bahkan mengecek saldo kartu elektronik melalui NFC.

Selain itu, kami juga mengamati perbedaan pada suspensi antara tipe Q Hybrid dan tipe V. Suspensi pada tipe Q Hybrid terasa lebih empuk, memberikan kenyamanan ekstra saat melintasi jalan yang tidak rata atau bergelombang. Sayangnya, kami tidak dapat mengkonfirmasi hal ini secara pasti karena tidak ada tim teknis TAM yang hadir selama test drive kami. Namun, jika pengalaman kami dapat dijadikan gambaran, pembeli Kijang Innova generasi ketujuh pasti akan mendapatkan kenyamanan yang lebih dengan tipe Q Hybrid.

Berikut ini adalah daftar harga Toyota All New Kijang Innova tipe Q Hybrid TSS:

  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Non Modellista (Non Premium Color): Rp601,15 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Non Modellista (Premium Color): Rp604,15 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Modellista (Non Premium Color): Rp611 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Modellista (Premium Color): Rp614 juta

Dengan berbagai fitur dan kenyamanan yang ditawarkan, Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang luar biasa. Harga yang kompetitif juga menjadi pertimbangan bagi para pembeli. Jadi, jika Anda mencari mobil dengan kenyamanan ekstra dan teknologi canggih, Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *