OTOMOTIF

Pilih Ban Mobil Ring 15 Terbaik: Merek dan Harga yang Harus Anda Ketahui

164
×

Pilih Ban Mobil Ring 15 Terbaik: Merek dan Harga yang Harus Anda Ketahui

Sebarkan artikel ini
Pilih Ban Mobil Ring 15 Terbaik Merek dan Harga yang Harus Anda Ketahui
Pilih Ban Mobil Ring 15 Terbaik Merek dan Harga yang Harus Anda Ketahui

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Ban mobil ring 15 banyak digunakan oleh para pengguna mobil saat ini.

Ban mobil dengan ring tersebut umumnya digunakan untuk mobil berukuran sedang hingga besar seperti Sport Utility Vehicle (SUV), sedan, dan Multi Purpose Vehicle (MPV).

Perlu diketahui, ban termasuk salah satu komponen penting pada kendaraan motor maupun mobil.

Komponen ini dapat mempengaruhi keselamatan pengguna saat berkendara.

Jika kualitas ban yang digunakan kurang bagus, kemungkinan besar bisa membahayakan keselamatan Kamu selama berkendara dengan mobilnya.

Oleh karena itu, Kamu pilih ban mobil yang sesuai dengan ukuran serta memiliki kualitas bagus.

Pada umumnya, ban mobil berkualitas bagus ditawarkan dengan harga yang tinggi.

Namun, ban ini memang sebaiknya dipilih dibandingkan Kamu menggunakan ban murah tapi harus sering ganti karena kualitasnya kurang bagus.

Daftar Merek dan Harga Ban Mobil Ring 15

Digunakan untuk sedan, SUV, dan MPV, terdapat beberapa merek yang menawarkan ban mobil ring 15 seperti Dunlop, Achilles, hingga Bridgestone.

Harga ban tersebut cukup bervariasi. Untuk versi bekas berdasarkan penelusuran, harganya mulai Rp200–700 ribuan per ban.

Sementara itu, harga ban ini untuk versi baru mulai dari Rp400 ribuan.

Berikut ini adalah daftar mobil yang umumnya menggunakan ban ring 15.

  • Citroen C3 195/65 ring 15
  • Suzuki Ignis 175/65, Ertiga 185/65 ring 15
  • Toyota Avanza 1.3 185/65, Vios E 185/60 ring 15
  • Honda Brio RS 185/55 ring 15
  • dll.

Dunlop

Dunlop bisa dibilang merupakan salah satu merek ban yang banyak dipilih pengguna mobil.

Merek ini dikenal sebagai merek ban yang menawarkan kualitas terbaik.

Selain menawarkan ban mobil ring 15, Dunlop juga tawarkan ban ring lain seperti 14, 16, 17, dan lain-lain.

Mengenai harganya, terbilang cukup terjangkau.

Dilansir dari e-commerce, harga ban mobil ring 15 merek Dunlop mulai Rp500 ribuan–1 jutaan.

Achilles

Mirip seperti Dunlop, Achilles juga termasuk salah satu merek ban mobil yang dikenal mempunyai kualitas ban terbaik di dalam maupun luar negeri.

Mungkin banyak yang mengira merek satu ini berasal dari luar negeri.

Padahal, Achilles merupakan merek ban lokal.

Ban Achilles diproduksi oleh PT Multistrada Arah Sarana, Tbk (PT MASA).

Perusahaan ini juga memproduksi ban untuk kendaraan roda dua (merek Corsa). Ban Achilles sendiri menawarkan berbagai tipe dan ring.

Adapun beberapa tipe bannya yang cukup banyak diminati, antara lain Achilles 122, Achilles 868, Achilles RTR Sport, Achilles Desert Hawk, Achilles Platinum, dan lainnya.

Untuk ring, terdapat ring 14, 15, 16, dan 17. Bagi Kamu yang ingin membeli ban mobil ring 15 merek Achilles, tak perlu khawatir harganya mahal.

Harga ban ini cukup ramah di kantong, yaitu mulai Rp400–900 ribuan berdasarkan penelusuran di e-commerce.

Bridgestone

Berikutnya, merek ban yang yang turut banyak dikenal dan dipilih banyak pengguna mobil yaitu Bridgestone.

Berdasarkan situs web resminya, merek ban ini memiliki sejarah panjang di Indonesia di mana sudah ada sejak 1973 silam.

Bridgestone sebenarnya menjual ban untuk berbagai jenis kendaraan, seperti mobil penumpang, truk komersial & bis, truk light & vans, forklift, ban dalam, hingga tube.

Harga ban mobil ring 15 merek Bridgestone mulai Rp600 ribuan–1 jutaan. Bagi Kamu yang mencari versi bekasnya, bisa ditemukan di e-commerce dengan harga mulai Rp200 ribuan.

Hankook

Hankook mungkin kurang dikenal jika dibandingkan dengan merek-merek ban di atas. Namun, kualitas ban dari Hankook tidak perlu diragukan.

Mirip seperti Bridgestone, merek tersebut juga menawarkan ban untuk berbagai jenis kendaraan seperti SUV, truk ringan, dan bis.

Untuk harga ban mobil ring 15 merek Hankook, mulai dari Rp600 ribuan berdasarkan e-commerce.

GT Radial

Siapa yang tidak tahu merek GT Radial? GT Radial merupakan merek ban yang dipercaya mempunyai kualitas bagus di mana sudah menerapkan standar tinggi.

Berdasarkan situs web resminya, GT Radial memiliki cukup banyak penghargaan bergengsi, salah satunya Quality Excellence Award 2012 sebagai pengakuan atas kinerjanya di bidang kualitas, pelayanan, teknologi, serta harga.

Di situs e-commerce, ban mobil ring 15 GT Radial ditawarkan seharga mulai Rp600 ribuan, mirip seperti Hankook.

Rekomendasi Merek Dan Harga Ban Mobil Ring 15
Rekomendasi Merek Dan Harga Ban Mobil Ring 15

Tips Pilih Ban Mobil

Setelah mengetahui merek dan harga ban mobil ring 15 di atas, tidak ada salahnya Kamu juga tahu tips-tips memilih ban mobil agar tidak salah pilih. Berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Pilih Ban Sesuai Kebutuhan: Pertama, Kamu perlu tahu kebutuhan mobil masing-masing. Misal, Kamu yang memiliki mobil sedan harus tahu apakah mobil tersebut sering digunakan untuk ngebut atau tidak. Perlu diketahui, ban mobil punya karakter yang berbeda-beda. Tapak pada ban khusus performa dan kenyamanan pun sangat berbeda. Oleh karena itu, penting memilih ban mobil yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Mengecek Tahun Pembuatan Ban: Tips selanjutnya adalah mengecek tahun pembuatan dari ban mobil yang akan dibeli. Sebaiknya, pilih ban mobil yang masih baru alias belum lama diproduksi. Kamu dapat mengetahui tahun pembuatan ban ini melalui kode yang tertera di dindingnya. Pada umumnya, kode produksi ban mobil dimulai dari pekan pembuatan dan diakhiri tahun pembuatan. Misalnya, ban dibuat di pekan ke-30 di tahun 2023, maka kode yang terpampang yakni 3023.
  3. Mengecek Merek Ban: Jangan lupa untuk mengecek merek ban mobil dan pilih yang memiliki reputasi baik. Untuk mengetahuinya, Kamu bisa bertanya pada banyak penjual ban ataupun orang terdekat yang sering membeli ban mobil. Saat ini, sudah banyak merek ban mobil yang ditawarkan untuk konsumen dengan harga bervariasi, mulai dari yang paling murah sampai mahal. Pastikan Kamu tidak tergiur dengan harga ban mobil yang terlalu murah di mana umumnya belum teruji durabilitas serta performanya. Kamu lebih baik memilih ban mobil dari merek yang direkomendasikan banyak orang.
  4. Cek Ketebalan Ban: Sebelum memilih ban mobil yang baru, sebaiknya cek ukuran ban yang masih digunakan sebelumnya. Kamu sebaiknya pilih ban mobil dengan ketebalan yang sama dengan ban tersebut untuk menghindari ukuran terlalu besar ataupun kekecilan. Mungkin banyak dari Kamu yang bertanya-tanya, bagaimana cara mengetahui ketebalan ban mobil? Kamu bisa tahu ketebalan ban mobil dari kode yang ada di belakang ukuran tapak ban tersebut. Misalnya, ban mobil yang Kamu gunakan berukuran 185/55 ring 15 inci. Berdasarkan angka tersebut, maka ketebalan ban yang Kamu gunakan adalah dua angka yang ada di belakang, yakni 55. Angka ini menandakan ketebalan ban dalam ukuran mm yang berarti ban tersebut memiliki tebal 55 mm. Jika bingung menentukan ukuran, Kamu dapat melihat rekomendasi ukuran di stiker yang ada di mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *