OTOMOTIF

Pesona Tak Tergoyahkan: Pemeriksaan Pajak Tahunan Honda CR-V Hybrid

44
×

Pesona Tak Tergoyahkan: Pemeriksaan Pajak Tahunan Honda CR-V Hybrid

Sebarkan artikel ini
Tampil Memikat, Cek Pajak Tahunan Honda CR-V Hybrid
Tampil Memikat, Cek Pajak Tahunan Honda CR-V Hybrid

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bagi calon pemilik Honda CR-V hybrid alias CR-V RS e:HEV, mengetahui besarnya pajak yang harus dibayarkan setiap tahun merupakan hal yang penting.

Biaya ini harus diselesaikan setiap tahun selama masa kepemilikan kendaraan masih berlangsung.

Pajak yang dimaksud terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pokok dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) pokok.

Berdasarkan informasi dari Media90 pada Kamis (21/4/2024), PKB untuk mobil ini mencapai Rp9.187.500. Sementara itu, biaya SWDKLLJ sebesar Rp143.000.

Dengan demikian, total biaya yang harus dibayar setiap tahun oleh pemilik CR-V hybrid adalah Rp9.330.500, tanpa denda atas keterlambatan pembayaran.

Detail biaya ini dapat ditemukan dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) CR-V hybrid yang baru-baru ini dites oleh Media90.

Dari STNK tersebut, juga terungkap bahwa mobil ini terdaftar di Samsat Provinsi Banten. Namun, perlu dicatat bahwa tagihan pajak dapat bervariasi di daerah lain.

Selain PKB dan SWDKLLJ, STNK juga mencantumkan biaya lain seperti Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Biaya Administrasi STNK (ADM STNK), dan Biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (ADM TNKB).

Namun, tidak semua biaya ini harus dibayar setiap tahun. Misalnya, BBN-KB hanya dikenakan pada mobil baru atau saat terjadi pergantian nama, sementara ADM STNK dan ADM TNKB muncul setiap lima tahun saat pembayaran pajak.

CR-V hybrid merupakan varian tertinggi yang resmi diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2023 dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Sebagai generasi keenam dari Honda CR-V, kendaraan ini hadir dengan status all new. Sistem hybrid e:HEV yang diusungnya mencerminkan komitmen Honda dalam menerapkan teknologi elektrifikasi di pasar otomotif Indonesia.

Menurut situs web resmi Honda, harga jual CR-V RS e:HEV adalah Rp814,4 juta. Meskipun demikian, tersedia juga varian CR-V generasi keenam dengan mesin bensin biasa yang dilengkapi turbo.

Harga varian dasar tersebut mencapai Rp749,1 juta. Varian ini menjadi pilihan bagi konsumen yang membutuhkan kapasitas kabin lebih besar karena dilengkapi dengan jok 7-seater, berbeda dengan CR-V hybrid yang hanya memiliki jok 5-seater.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *