OTOMOTIF

Misteri Makna Nama “RS” Pada Mobil Honda di Indonesia

187
×

Misteri Makna Nama “RS” Pada Mobil Honda di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Misteri Makna Nama “RS” Pada Mobil Honda di Indonesia
Misteri Makna Nama “RS” Pada Mobil Honda di Indonesia

Media90 – Baru-baru ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengadakan acara Honda TrackFEST yang mengundang rasa penasaran dan pertanyaan mengenai arti nama “RS” pada mobil Honda.

Acara tersebut dihadiri oleh rekan media dan pemilik Civic Type R (FL5) terbaru yang berkesempatan mencoba line up mobil terkencang dan termahal dari Honda di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok.

Selain kehadiran beberapa unit Honda Civic Type R, line up RS seperti Brio RS, WR-V RS, City Hatchback RS, HR-V RS, dan Civic RS Honda juga turut dipamerkan dalam acara tersebut.

Untuk memahami arti dari nama RS ini, HPM memberikan penjelasan mengenai setiap line up mobil sporty Honda yang ada di seluruh dunia.

Fedianto Budiono, New Business Planning Manager HPM, menjelaskan bahwa line up mobil sporty Honda dibagi menjadi empat kategori, yaitu Type R, RS, Type S, dan Si.

Namun, yang dijual di Indonesia hanya Type R dan RS. Masing-masing kategori mobil sporty Honda ini memiliki kepanjangan tertentu.

Type R adalah singkatan dari “Type Racing”, RS adalah singkatan dari “Road Sailing”, Type S adalah singkatan dari “Type Sport”, dan Si adalah singkatan dari “Sport Injected”.

Meskipun demikian, hingga saat ini arti sebenarnya dari nama-nama tersebut masih menjadi misteri.

Para penggemar Honda di Indonesia dan pecinta mobil sporty Honda tentu saja tetap penasaran dengan makna yang sebenarnya dari nama RS pada mobil Honda di Indonesia.

Sampai kapan misteri ini akan terungkap? Kita tunggu informasi lebih lanjut dari PT Honda Prospect Motor.

nama RS pada mobil Honda di Indonesia
nama RS pada mobil Honda di Indonesia

Misteri Kehadiran Type S dan Si: Simbol Mewah dan Sporty yang Hilang di Indonesia

Di Indonesia, para pecinta mobil sporty Honda harus rela tidak mendapatkan line up Type S dan Si yang menjadi bagian dari line up sporty Honda di pasar internasional.

Contoh unit Honda dengan nama belakang Type S dapat ditemui di Amerika Serikat, seperti Acura Integra Type S dan Acura NSX Type S.

Acura, sebagai sub-brand Honda di pasar Amerika Utara, mewakili line up mobil yang lebih mewah dan memiliki performa kencang.

Selain memiliki arti “Type Sport”, nama Type S pada Honda atau Acura menandakan model yang menggabungkan sisi sporty dan kemewahan dalam satu kesatuan. Ini menjadikan Type S sebagai simbol “Luxury Sport”.

Sebagai informasi, Acura Integra Type S dilengkapi dengan mesin bertenaga 320 HP dan torsi 420 Nm yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Sedangkan NSX Type S menggunakan mesin hibrida dengan tenaga sebesar 573 HP dan torsi 645 Nm.

Selain Type S, line up sporty Honda juga memiliki kategori Si yang tidak dijual di Indonesia. Contoh unit Honda dengan imbuhan Si ini adalah Civic Si, yang berada di atas versi standar Civic namun di bawah Civic Type R.

Selain memiliki kepanjangan “Sport Injected”, nama Si juga mencerminkan model Honda yang mengutamakan kenyamanan harian sekaligus memiliki sisi sporty yang kuat, menjadikannya sebagai simbol “All-Round Sport”.

Sayangnya, para penggemar Honda di Indonesia harus merelakan kehadiran Type S dan Si yang tidak tersedia di pasar domestik.

Namun, misteri mengenai alasan di balik keputusan ini tetap mengundang pertanyaan. Apakah akan ada perubahan di masa depan? Kita tunggu informasi lebih lanjut mengenai langkah Honda terkait line up sporty mereka di Indonesia.

Prestasi Legendaris Type R: Kombinasi Ultimate Sport dan Kesenangan Berkendara

Selain menjadi singkatan dari “Type Racing”, nama Type R pada Honda dan Acura melambangkan “Ultimate Sport”.

Mobil-mobil Honda yang memperoleh gelar Type R menggabungkan performa mobil balap dengan pengalaman berkendara yang luar biasa.

Ferdianto, menjelaskan dengan mudah bahwa Type R adalah sports car, sementara RS adalah sporty car.

Istilah ini tidak hanya terbatas pada Civic, melainkan telah menciptakan sejarah yang panjang dan memberikan status istimewa bagi setiap line up baru yang memperoleh gelar tersebut.

Awal mula penggunaan nama ini dapat ditelusuri pada Honda/Acura NSX generasi pertama pada tahun 1992.

NSX R, bukan NSX Type R, adalah sebutan yang digunakan pada saat itu. NSX R dengan bodi kode NA1 ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 272 HP (276 PS) dan torsi 367 Nm.

Mobil ini dapat mencapai percepatan dari 0-100 km/jam dalam 5,2 detik dan mencapai kecepatan maksimal 270 km/jam.

Pada tahun 1995, Honda/Acura meluncurkan model Type R kedua yaitu Honda/Acura Integra Type R dengan bodi kode DC2.

Kemudian, pada tahun 1997, hadirlah Civic Type R pertama dengan bodi kode EK9, diikuti oleh Civic Type R kedua dengan bodi kode EP3 pada tahun 2001.

Pada tahun 2002, generasi pertama NSX berakhir, dan diperkenalkanlah NSX R dengan bodi kode NA2.

Perjalanan Civic Type R berlanjut pada tahun 2010 dengan generasi ketiga yang memiliki bodi kode FN2.

Civic Type R FN2 ini mungkin terasa asing bagi sebagian orang karena basisnya adalah Civic yang ditujukan untuk pasar Eropa.

Pada tahun 2015, Civic Type R generasi keempat diluncurkan dengan bodi kode FK2, dan tahun 2017, generasi kelima dengan bodi kode FK8 melihat terang dunia.

Generasi terkini adalah Civic Type R generasi keenam dengan bodi kode FL5, yang juga diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2023.

Civic Type R FL5 menggunakan mesin K20C1 berkapasitas 1.996 cc dengan turbocharger, menghasilkan tenaga sebesar 315 HP (319 PS) dan torsi 420 Nm.

Prestasi legendaris dari line up Type R Honda terus mengukir sejarah dan memberikan pengalaman mengemudi yang tak terlupakan.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan keinginan untuk terus melampaui batasan, kita bisa berharap bahwa line up Type R Honda akan terus menghadirkan inovasi dan performa yang menggoda bagi para pecinta mobil sporty.

RS: Simbol Keunikan, Sportivitas, dan Kualitas pada Line Up Honda di Indonesia

Sejak tahun 2007 hingga saat ini, imbuhan RS telah menjadi nama yang akrab di line up mobil Honda di Indonesia.

Selain kepanjangan “Road Sailing”, nama RS juga diberikan pada model Honda yang sesuai dengan persyaratan “Sophisticated Sport”.

Untuk dapat menyandang gelar RS dan memenuhi kategori “Sophisticated Sport” menurut Honda, ada tiga kebutuhan yang harus dipenuhi.

Pertama, model RS harus memiliki keunikan yang “Outstanding”. Ini berarti tampilannya harus berbeda dan unik dibandingkan dengan varian standar.

Dalam kata lain, model RS umumnya memiliki tampilan yang lebih sporty dibandingkan dengan model non-RS, seperti perbedaan antara HR-V E dan RS, WR-V E dan RS, serta Jazz S dan RS.

Selanjutnya, model RS harus menampilkan “Sportiness” yang mencerminkan DNA balap Honda dalam pengalaman berkendara sehari-hari.

Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan mesin yang berbeda, seperti pada HR-V E dan RS, serta melalui pengaturan suspensi dan desain jok yang berbeda, seperti pada Brio Satya dan RS.

Terakhir, model RS harus memiliki “Quality” yang menggabungkan kualitas dan gaya secara sempurna.

Biasanya, hal ini dicapai melalui penggunaan bahan yang lebih mewah atau sporty, seperti lapisan jok kulit atau kulit sintetis, jahitan merah yang mencolok, atau panel dengan tampilan karbon fiber.

Model RS pertama yang hadir adalah pada Honda Civic generasi pertama pada tahun 1974. Di Indonesia, RS pertama kali digunakan pada Honda Jazz dengan bodi kode GE8 pada tahun 2007.

Setelah itu, berbagai model Honda mengikuti jejaknya, seperti Jazz RS dengan bodi kode GK5 dari tahun 2014 hingga 2021, Mobilio RS dari tahun 2014 hingga 2021, Brio RS dari tahun 2016 hingga sekarang, Civic Hatchback RS yang dijual dari 2020-2021, HR-V RS yang mulai dijual tahun 2022, dan yang terbaru adalah WR-V RS yang hadir sejak tahun 2022.

Imbuhan RS pada line up Honda di Indonesia telah membawa keunikan, sportivitas, dan kualitas yang memikat para penggemar mobil sporty.

Dengan terus menghadirkan inovasi dan desain yang menarik, Honda menjaga reputasinya sebagai produsen yang menghadirkan model RS yang memenuhi kebutuhan para pecinta mobil dengan gaya hidup yang dinamis dan bergaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *