OTOMOTIF

Yamaha Inovatif: MT-07 Terbaru Hadir dengan Transmisi Semi Otomatis

72
×

Yamaha Inovatif: MT-07 Terbaru Hadir dengan Transmisi Semi Otomatis

Sebarkan artikel ini
Yamaha Kembangkan MT-07 Dengan Transmisi Semi Otomatis
Yamaha Kembangkan MT-07 Dengan Transmisi Semi Otomatis

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Yamaha Motor Company sedang mengembangkan transmisi semi otomatis untuk menyematkannya pada Yamaha MT-07, demikian kabarnya.

Motor ini tidak akan lagi menggunakan transmisi manual seperti sebelumnya, melainkan beralih ke transmisi semi otomatis.

Rencananya, transmisi semi otomatis yang sedang dikembangkan oleh Yamaha akan diterapkan tidak hanya pada MT-07, tetapi juga pada sepeda motor lain yang menggunakan mesin dua silinder 690 cc.

Kabar ini dilansir dari laman Cycle World, yang baru-baru ini menunjukkan paten mengenai transmisi semi otomatis yang akan ditanamkan pada MT-07.

Patent tersebut memperlihatkan bahwa tuas kopling pada setang kiri akan dihilangkan oleh Yamaha, digantikan dengan tombol-tombol untuk mengoperasikan aktuator yang ditempatkan di atas transmisi.

Sistem ini terinspirasi dari ACC-S yang sebelumnya telah diaplikasikan pada Yamaha FJR1300 yang dirilis pada tahun 2006.

Transmisi semi otomatis ini bahkan dapat digunakan dalam mode otomatis sepenuhnya untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Yamaha akan menyematkan sistem aktuator di bagian luar rumah transmisi, sementara modul kontrol akan mengubah penekanan tombol menjadi perpindahan gigi.

Pengendara nantinya hanya perlu menggunakan tombol yang akan ditempatkan pada area setang bagian kiri untuk memindahkan gigi.

Ada kemungkinan sistem ini juga akan diterapkan pada beberapa sepeda motor lain, seperti Yamaha Tenere 700, Tracer 07, dan CP2 yang masih menggunakan transmisi manual.

Rencana Yamaha untuk menggunakan transmisi semi otomatis ini mengikuti langkah Honda dan Kawasaki yang juga telah menggunakan transmisi serupa.

Sebelumnya, Kawasaki dan Honda telah merencanakan penggunaan transmisi semi otomatis pada Ninja 7 Hybrid, Z 7 Hybrid, dan Honda CBR650.

Honda telah memperkenalkan transmisi bernama E-Clutch pada CBR650 untuk memberikan alternatif yang lebih murah dan sederhana dibanding transmisi DCT.

Namun, transmisi semi otomatis E-Clutch Honda masih mengandalkan tuas kopling dan tuas perpindahan yang ada di kaki kiri.

Ini merupakan terobosan baru bagi Yamaha untuk menghadirkan transmisi semi otomatis pada sepeda motor naked bike seperti MT-07. Saat ini, belum ada informasi detail mengenai tanggal peluncuran motor tersebut ke pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *