OTOMOTIFTIPS

Melacak 6 Bagian Penting Sepeda Motor Setelah Perjalanan Panjang

72
×

Melacak 6 Bagian Penting Sepeda Motor Setelah Perjalanan Panjang

Sebarkan artikel ini
6 Komponen Sepeda Motor Yang Wajib Dicek Usai Pergi Jauh
6 Komponen Sepeda Motor Yang Wajib Dicek Usai Pergi Jauh

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Setelah berakhirnya liburan Lebaran, bagi pengguna sepeda motor yang melakukan perjalanan mudik atau jauh, penting untuk memeriksa 6 komponen utama ini.

Terutama karena selama liburan, seringkali kita harus berurusan dengan kemacetan lalu lintas dan menempuh jarak jauh, yang membuat kendaraan bekerja lebih keras dari biasanya.

Menurut Frengky Rusli, Asisten Manajer Umum Divisi Layanan Pelanggan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), memerhatikan kondisi sepeda motor sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari sangatlah penting.

Berikut adalah 6 komponen yang harus diperiksa setelah melakukan perjalanan jauh:

  1. Oli Mesin dan Transmisi: Periksa kondisi oli mesin menggunakan dipstick yang tersedia pada mesin sepeda motor. Jika volume oli berkurang atau terlihat kotor, segera ganti dengan yang baru. Pemilik sepeda motor matik juga harus memeriksa kondisi oli transmisi.
  2. Kampas Rem: Setelah melalui perjalanan jauh, terutama yang melibatkan kemacetan atau tanjakan dan turunan, penting untuk memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang. Ganti jika sudah aus untuk memastikan sistem pengereman optimal.
  3. CVT: Pastikan komponen CVT bersih dan tidak aus. Tanda-tanda CVT yang kotor atau aus adalah kesulitan mencapai kecepatan maksimal saat berkendara. Periksa roller, clutch carrier assy (kampas ganda), dan v-belt jika mengalami hal tersebut.
  4. Rantai: Lakukan penyetelan rantai sesuai buku petunjuk pemilik dan bersihkan dengan pelumas khusus. Jangan gunakan oli bekas karena dapat merusak. Pemeriksaan ini penting setelah perjalanan jauh seperti mudik atau touring.
  5. Ban: Periksa ketebalan alur ban menggunakan Tread Wear Indicator (TWI). Jika sudah menyentuh tanda panah, tandanya ban sudah aus dan perlu diganti.
  6. Saringan Udara: Saringan udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke ruang bakar, mengurangi performa motor. Penggantian direkomendasikan setiap 12.000 km, tapi sesuaikan dengan kondisi perjalanan.

Untuk memastikan perawatan yang tepat setelah perjalanan jauh, disarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel yang terpercaya.

Dengan memeriksa komponen-komponen ini, Anda dapat memastikan bahwa sepeda motor Anda dalam kondisi prima untuk perjalanan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *