OTOMOTIF

Michelin Memberikan Pengingat Penting Mengenai Garansi Ban kepada Konsumen

40
×

Michelin Memberikan Pengingat Penting Mengenai Garansi Ban kepada Konsumen

Sebarkan artikel ini
Michelin Ingatkan Konsumen Tentang Garansi Ban Yang Diberikan
Michelin Ingatkan Konsumen Tentang Garansi Ban Yang Diberikan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Michelin Indonesia telah mengingatkan konsumen tentang pentingnya memahami garansi yang diberikan terhadap ban mereka.

Sebagai salah satu merek terkemuka dalam industri otomotif dengan kantor pusatnya di Clermont-Ferrand, Prancis, Michelin telah menetapkan garansi ban maksimal selama sembilan tahun.

Sai Banu Ramani, Presiden Direktur PT Michelin Indonesia, menjelaskan bahwa garansi ini berlaku sejak tanggal pembelian.

“Kami memberikan garansi sejak tanggal pembelian, dengan masa garansi hingga enam tahun untuk semua produk kami,” ujarnya di Jakarta pada Jumat (15/3/2024).

Garansi yang diberikan oleh Michelin mencakup kode produksi pada ban yang dapat dilihat dari DOT (Department of Transportation).

Kepastian dalam memberikan garansi yang sama dan komprehensif ini didasarkan pada hasil uji internal Michelin.

Perusahaan percaya bahwa tidak ada perbedaan performa antara ban yang baru diproduksi dan ban yang berumur tiga tahun dengan kondisi penyimpanan yang baik.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun pembelian ban yang sudah berusia tiga tahun tetap memenuhi syarat garansi, namun garansi tersebut hanya berlaku untuk tiga tahun.

“Jadi jika Anda membeli ban yang masih baru, Anda akan mendapatkan garansi maksimal selama sembilan tahun,” tambah Sai Banu.

Michelin ingin menegaskan kepada konsumen bahwa garansi yang mereka berikan berlaku sejak pembelian, bukan dari usia ban setelah keluar dari pabrik.

Pernyataan ini didukung oleh Mochammad Fachrul Rozi, Manager Pemasaran Produk PT Michelin Indonesia, yang menjelaskan bahwa durasi pemakaian ban dihitung sejak ban pertama kali dibeli dan dipasang.

Rozi menekankan pentingnya untuk melakukan pengecekan visual ban setiap lima tahun atau lebih, meskipun secara teknis ban Michelin dapat digunakan hingga sepuluh tahun dengan memperhatikan kode tanggal DOT pada masing-masing ban.

“Meskipun secara teknis dapat digunakan hingga sepuluh tahun dari DOT, namun dalam praktiknya, sangat jarang orang akan menggunakan ban selama sepuluh tahun,” jelasnya.

Kode tanggal DOT sendiri terdiri dari empat angka, di mana dua angka pertama menunjukkan pekan produksi dan dua angka berikutnya menunjukkan tahun produksi.

Contohnya, angka 3523 menandakan bahwa ban tersebut diproduksi pada pekan ke-35 tahun 2023.

Dengan penjelasan ini, Michelin berharap konsumen dapat lebih memahami garansi yang mereka berikan serta mengerti pentingnya untuk memeriksa dan mengganti ban secara berkala sesuai dengan panduan yang diberikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *