OTOMOTIF

Mercedes Berencana Kembali Menggebrak dengan Mesin V8 di C63 dan E63!

182
×

Mercedes Berencana Kembali Menggebrak dengan Mesin V8 di C63 dan E63!

Sebarkan artikel ini
Mercedes Berencana Kembali Menggebrak dengan Mesin V8 di C63 dan E63!
Mercedes Berencana Kembali Menggebrak dengan Mesin V8 di C63 dan E63!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pabrikan mobil mewah asal Jerman, Mercedes-Benz, sedang berencana untuk memberikan kejutan kepada penggemar mobil performa tinggi dengan mengembalikan mesin berkonfigurasi V8 pada model C63 dan E63.

Langkah ini diambil sebagai tanggapan atas banyaknya konsumen yang merasa tidak puas dengan penggunaan mesin konfigurasi 4 dan 6 silinder sebelumnya.

Berdasarkan laporan dari Car and Driver yang dirilis pada Senin (7/8/2023), divisi Mercedes-AMG, yang merupakan sub-brand dari Mercedes-Benz, tengah mempertimbangkan untuk memasangkan mesin V8 pada model-model berperforma tinggi mereka.

Rencananya, mesin V8 ini akan memiliki kapasitas 4.0 liter dengan twin-turbo yang digabungkan dengan teknologi hybrid untuk meningkatkan efisiensi dan performa.

Sebelumnya, mesin V8 ini telah digunakan pada model AMG GT63 S E Performance dan AMG S63, yang telah membuktikan kinerjanya secara mengesankan. Rencananya, mesin ini akan diadopsi pada C63 dan E63 mulai tahun 2026.

Keputusan Mercedes-Benz untuk kembali menggunakan mesin V8 ini sebagian besar dipengaruhi oleh keluhan dari para konsumen AMG terkait mesin 4 silinder yang digunakan pada model C63 sebelumnya.

Meskipun mesin 2.0 liter dengan 4 silinder tersebut dilengkapi dengan turbo dan motor elektrik, tenaga yang dihasilkan mencapai 671 hp.

Sementara itu, pada model E63 yang akan datang, rencananya akan menggunakan mesin 6 silinder segaris dengan teknologi plug-in hybrid.

Namun, dengan adanya kembalinya mesin V8 pada C63 dan E63, diharapkan para penggemar mobil performa tinggi akan lebih puas dengan performa yang ditawarkan.

Mercedes Berencana Kembalikan Mesin V8 Di C63 Dan E63
Mercedes Berencana Kembalikan Mesin V8 Di C63 Dan E63

Menurut salah satu insinyur senior di Mercedes-AMG, penggunaan kembali mesin V8 ini tidak akan terlalu sulit untuk direalisasikan.

Hanya dengan melakukan sedikit modifikasi pada bodi mobil, Mercedes-AMG bisa mengakomodasi twin-turbo powerplant, baterai plug-in hybrid, dan motor listrik.

Basis mesin yang digunakan akan mengambil referensi dari mesin berkode M117, yang merupakan mesin V8 dengan kapasitas 4.0 liter.

Tak hanya itu, Mercedes-Benz juga tengah melakukan modifikasi pada mesin V8 ini untuk memenuhi standar emisi Euro7 yang semakin ketat.

Saat ini, mesin yang sama pada model AMG GT63 S E Performance mampu menghasilkan tenaga hingga 831 hp, sedangkan pada AMG S63, tenaganya sedikit lebih rendah dengan klaim mencapai 791 hp.

C63 dan E63 merupakan model spesial yang sejak awal dirancang untuk memasuki pasar Amerika Utara pada tahun 2007.

C63 dibuat sebagai pesaing langsung untuk BMW M3 di segmen yang sama, sementara E63 dibuat untuk bersaing dengan BMW M5.

Dengan kembalinya mesin V8 pada C63 dan E63, Mercedes-Benz menunjukkan komitmennya dalam memberikan pengalaman mengemudi yang luar biasa dan memberikan pilihan performa yang lebih beragam bagi para pecinta mobil mewah dengan performa tinggi.

Para penggemar tentu tak sabar menantikan kehadiran duo maut ini di pasar otomotif global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *