OTOMOTIF

Menyelami Inovasi Terbaru: E-Platform 3.0 dari BYD

187
×

Menyelami Inovasi Terbaru: E-Platform 3.0 dari BYD

Sebarkan artikel ini
Mengupas Canggihnya Teknologi E-Platform 3.0 Milik BYD
Mengupas Canggihnya Teknologi E-Platform 3.0 Milik BYD

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – BYD (Build Your Dreams) telah menerapkan teknologi E-Platform 3.0 pada tiga model mobil listrik yang telah resmi dijual di Indonesia.

Ketiga model tersebut adalah Dolphin, Atto 3, dan Seal. Perusahaan asal Cina ini mengungkapkan secara rinci tentang platform canggih dan berteknologi tinggi yang ditanamkan dalam ketiga mobil tersebut.

Tatsuya Mikami, Chief Advisor BYD Japan, menyampaikan hal ini melalui presentasinya di International Indonesia Motor Show (IIMS) 2024 di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Jumat (23/2/2024).

Menurut Tatsuya, E-Platform 3.0 BYD memiliki empat keunggulan utama yang mampu menjaga performa mobil listrik BYD secara menyeluruh.

“Pertama, E-Platform 3.0 ini bisa menjamin safety, design, efficiency, dan intelligence,” ungkap Tatsuya Mikami yang datang langsung dari Jepang.

Dalam hal keselamatan, blade battery dipasang secara langsung dengan bodi mobil untuk meningkatkan stabilitas.

Sedangkan dari segi desain, bodi mobil menjadi lebih rendah dan basis roda lebih panjang, membuatnya lebih aerodinamis dan menawarkan tampilan yang lebih baik daripada kendaraan listrik lainnya.

Efisiensi juga menjadi fokus utama. E-Platform 3.0 dilengkapi dengan sistem tenaga listrik efisiensi tinggi 8-1 pertama di dunia, mencapai efisiensi 89 persen melalui integrasi motor dan kontrol.

Dan dari segi kecerdasan, platform ini memungkinkan integrasi dengan seluruh sistem kontrol yang tidak ditemukan pada kendaraan listrik lainnya.

“E-Platform 3.0 BYD menggabungkan aspek ketahanan, keselamatan, teknologi, dan kecerdasan yang bersinergi untuk performa efisien,” tambah Tatsuya.

Dalam perancangannya, BYD mengintegrasikan motor, transmisi, inverter, konverter DC/DC, dan komponen lain ke dalam satu unit kendaraan. Hal ini tidak hanya menghemat ruang di bodi mobil tetapi juga mengurangi berat kendaraan untuk meningkatkan efisiensi.

Platform ini juga memiliki kemampuan untuk mengatur suhu baterai dengan efektif bahkan dalam cuaca ekstrem, memperpanjang jarak tempuh mobil.

Tatsuya juga menegaskan bahwa platform yang dirancang ini bersifat terbuka dan dapat digunakan oleh berbagai produsen kendaraan listrik.

Selain itu, BYD juga memperkenalkan teknologi 8-1 Powertrain yang menggantikan 7-1 powertrain sebelumnya.

Teknologi ini mencakup battery management system (BMS), vehicle control unit (VCU), inverter, power distribution unit (PDU), dan on board charger (OBC) yang digabung dalam satu unit.

Dengan demikian, efisiensi mencapai 89 persen dan mencakup berbagai fungsi penting.

“Pengendali domain ini lebih lanjut juga dikatakan sudah diproduksi masal secara mandiri oleh BYD,” jelas Tatsuya.

“Ada 2 keuntungan dari 8-1 powertrain. Yakni ruang lega sebagai rumah komponen dan pengurangan biaya. Kami melakukan semua ini secara mandiri, sehingga harga produksi bisa lebih terjangkau.”

Dengan penerapan teknologi E-Platform 3.0 dan 8-1 Powertrain, BYD menunjukkan komitmen mereka untuk menghadirkan mobil listrik yang lebih aman, efisien, dan inovatif bagi pasar otomotif Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *