OTOMOTIFTIPS

Menguasai Seni Berkendara di Jalan Sempit: Tips Penting Berkendara Motor

218
×

Menguasai Seni Berkendara di Jalan Sempit: Tips Penting Berkendara Motor

Sebarkan artikel ini
Menguasai Seni Berkendara di Jalan Sempit Tips Penting Berkendara Motor
Menguasai Seni Berkendara di Jalan Sempit Tips Penting Berkendara Motor

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mengendarai motor di jalan yang lebar seringkali dianggap mudah, namun situasi menjadi berbeda ketika melintasi jalan atau gang sempit.

Melewati jalan sempit merupakan hal yang sering dilakukan oleh para pengendara motor, terutama karena bentuk dan ukuran motor yang kompak memungkinkan untuk melakukannya.

Namun, jalan sempit biasanya menawarkan ruang terbatas dan dihadapkan pada berbagai rintangan, yang membuat diperlukan pemahaman khusus bagi para pengendara untuk bisa melewatinya dengan aman.

Baru-baru ini, Yamaha Riding Academy Jawa Tengah memberikan beberapa tips aman mengendarai motor di jalan sempit untuk memastikan keselamatan selama berkendara.

Kenali Lebar Motor

Sebelum memulai perjalanan, penting untuk mengenali lebar motor. Hal ini akan membantu ketika harus melewati jalan sempit, sehingga Anda bisa mengetahui apakah motor dapat melalui jalan tersebut dengan aman atau tidak.

Berkendara dengan Kecepatan Rendah

Saat melintasi jalan sempit, disarankan untuk berkendara dengan kecepatan rendah agar mudah menghentikan motor jika diperlukan.

Gunakan rem belakang ketika harus berkendara dengan kecepatan rendah, ini akan membantu menjaga keseimbangan motor saat berkendara.

Perhatikan Pejalan Kaki

Ketika bertemu dengan pejalan kaki di jalan sempit, selalu turunkan kecepatan atau berhenti untuk memberikan jalan terlebih dahulu.

Pastikan untuk memberikan jarak yang cukup kepada pejalan kaki agar mereka bisa melintas dengan aman.

Tips Mengendarai Motor Saat Lewat Jalan Sempit
Tips Mengendarai Motor Saat Lewat Jalan Sempit

Jaga Jarak

Selalu jaga jarak dengan kendaraan yang berada di depan Anda, hal ini akan memberikan cukup waktu untuk bereaksi jika terjadi pengereman mendadak.

Perhatikan Trafik

Meskipun melintasi jalan sempit, tetaplah perhatikan lalu lintas sekitar. Pastikan untuk melihat ke kiri dan kanan sebelum melanjutkan atau keluar dari jalan.

Selalu waspada terhadap kemungkinan munculnya kendaraan lain secara tiba-tiba.

Berbelok Secara Hati-hati

Jika hendak berbelok, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati. Posisikan tangan dan bahu dalam keadaan rileks saat memegang stang motor, dan pastikan kaki masuk ke dalam dek motor.

Jika Anda menggunakan motor sport, posisikan kaki dengan rapat menghimpit tangki motor. Jangan lupa untuk selalu menyalakan lampu sein saat berbelok.

Tetap Tenang dan Sabar

Selama melintasi jalan sempit, tetaplah tenang dan sabar. Hindari memutar gas secara berlebihan agar tidak menimbulkan suara yang bising dan meminimalisir risiko kehilangan kendali.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan lebih siap dan percaya diri ketika mengendarai motor melalui jalan sempit.

Keselamatan selalu menjadi prioritas utama, sehingga pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain ketika berada di jalan raya.

Selamat berkendara dengan aman dan bertanggung jawab!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *