OTOMOTIF

Menapaki Jejak Legenda: Sejarah dan Spesifikasi Honda Win 100 yang Wajib Diketahui Sebelum Dimiliki

55
×

Menapaki Jejak Legenda: Sejarah dan Spesifikasi Honda Win 100 yang Wajib Diketahui Sebelum Dimiliki

Sebarkan artikel ini
Honda Win 100, Kenali Sejarah Dan Spesifikasi Motor Ini Sebelum Koleksi
Honda Win 100, Kenali Sejarah Dan Spesifikasi Motor Ini Sebelum Koleksi

Media90 – Honda Win 100, sebuah nama yang mungkin belum terdengar sepopuler Vespa, Honda CB, atau Yamaha RX-King, namun memiliki tempat istimewa dalam dunia otomotif Indonesia.

Motor yang terkenal tangguh dan irit ini memiliki sejarah menarik yang layak untuk diketahui sebelum memasukkannya dalam koleksi pribadi.

Jejak Sejarah

Menurut catatan Media90, Honda Win 100 mulai dijual di Indonesia sejak tahun 1984 hingga 2005. Namun, pada awalnya, model ini tidak menggunakan angka “100” di belakang namanya.

Selama 21 tahun masa penjualannya, bentuk motor ini tidak mengalami perubahan signifikan.

Desainnya yang khas dengan lampu-lampu dan tangki bahan bakar yang mengotak memberikan nuansa berbeda di masa itu, di mana kebanyakan motor menggunakan desain yang lebih membulat.

Variasi Model

Honda Win 100 hadir dalam dua varian utama, yakni tipe standar dan semi trail. Perbedaan yang paling mencolok adalah ukuran roda yang digunakan.

Varian standar menggunakan pelek 17 inci untuk kedua roda, sementara varian semi trail menggunakan pelek 18 inci di depan dan 17 inci di belakang.

Varian semi trail juga dilengkapi dengan sepatbor yang terpasang di segitiga, menggunakan bahan plastik sebagai materialnya, berbeda dengan varian standar yang menggunakan besi.

Keunggulan di Medan Sulit

Honda Win 100 didesain untuk menghadapi medan jalan yang sulit dengan keunggulan dalam kenyamanan dan ketangguhan.

Setangnya dilengkapi dengan bushing karet yang berfungsi untuk meredam getaran dari permukaan jalan, meskipun hal ini membuatnya terasa tidak kaku atau sedikit goyang-goyang.

Namun, hal ini sebenarnya dirancang untuk meningkatkan kenyamanan pengendara. Selain itu, suspensinya yang empuk juga menambah kenyamanan dalam berkendara.

Tantangan yang Diatasi

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Honda Win 100 tidak luput dari tantangan. Salah satu julukannya yang kurang menguntungkan adalah “motor banci”, yang merujuk pada penggunaan mesin yang cenderung memiliki performa standar.

Mesin dengan kapasitas 97,2 cc mampu menghasilkan tenaga puncak 8 hp dan torsi tertinggi 7,4 Nm, yang dipasangkan dengan transmisi 4 kecepatan.

Penggunaan sistem karburator, meskipun umum pada masa itu, juga menjadi penyebab masalah seperti kebocoran yang sering terjadi.

Kembali Populer

Meskipun demikian, belakangan ini Honda Win 100 kembali mendapat perhatian di kalangan penggemar motor lawas.

Baik sebagai koleksi dalam kondisi asli maupun setelah dimodifikasi, motor ini menunjukkan potensi yang menarik.

Tak sedikit pemilik yang memberikan sentuhan gaya scrambler atau trail retro pada motor ini, memberikan kesan baru yang menarik bagi penggemar sejarah otomotif.

Honda Win 100, meskipun mungkin tidak sepopuler beberapa nama besar lainnya, memiliki tempat istimewa dalam sejarah otomotif Indonesia.

Dengan sejarahnya yang kaya dan karakteristik uniknya, motor ini terus memikat hati penggemar otomotif di berbagai kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *