OTOMOTIF

Memburu Prestasi: Jejak Perjalanan Merek BYD dalam Dunia Otomotif Sejak 2005

148
×

Memburu Prestasi: Jejak Perjalanan Merek BYD dalam Dunia Otomotif Sejak 2005

Sebarkan artikel ini
Sejarah Merek BYD Impresif Meski Baru Bikin Mobil Tahun 2005
Sejarah Merek BYD Impresif Meski Baru Bikin Mobil Tahun 2005

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Merek mobil BYD telah menorehkan sejarahnya di Indonesia melalui tiga model kendaraannya yang menjadi perbincangan hangat: Atto 3, Dolphin, dan Seal.

Ketiganya menjadi andalan PT BYD Motor Indonesia dalam debutnya pada panggung pentas otomotif nasional Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Namun, perlu diketahui bahwa langkah BYD memasuki dunia industri otomotif baru dimulai pada tahun 2005. Pada waktu itu, BYD memperkenalkan mobil sedan pertamanya yang diberi nama F3, di pasar China.

“Sejarah dimulai pada tahun 2005 dengan peluncuran mobil sedan F3. Ini bukanlah Electric Vehicle, melainkan mesin pembakaran dalam,” ungkap Jacob Ma, Kepala Pelatihan BYD Asia Pasifik, saat berbincang di tengah-tengah IIMS 2024 pada hari Rabu (21/2/2024).

Berdasarkan penelusuran, F3 dipasarkan dari tahun 2005 hingga 2021 dengan berbagai varian mesin, mulai dari 1.500 cc, 1.600 cc, hingga 1.800 cc.

Inovasi BYD sebagai perusahaan teknologi tercermin dalam F3 ketika pada tahun 2008, mereka memperkenalkan versi plug-in hybrid dari sedan tersebut, yang dikenal dengan nama F3DM.

Kode ‘DM’ pada nama mobil tersebut melambangkan dual mode, di mana pengemudi dapat beralih antara mode listrik dan hybrid secara manual saat berkendara.

“Inilah F3DM. BYD menghasilkan mobil plug-in hybrid pertama di dunia,” jelas Jacob Ma.

Tidak hanya di China, penjualan mobil ini juga meluas ke Amerika dan Eropa. Menurut Jacob Ma, sejak awal berdirinya pada tahun 1995, BYD telah memiliki visi untuk menjadi perusahaan internasional.

“Kami memulainya di sebuah ruangan sewaan dengan hanya 20 orang. Namun, dalam waktu tiga tahun, kami berhasil membuka cabang di Eropa sebagai anak perusahaan,” tambahnya.

Saat ini, BYD memegang teguh prinsip untuk berusaha menurunkan suhu bumi sebanyak satu derajat Celsius dalam setiap operasionalnya.

Komitmen ini menunjukkan bahwa BYD tidak hanya berusaha menjadi pemimpin dalam inovasi otomotif, tetapi juga dalam perlindungan lingkungan.

Perjalanan BYD dari F3 hingga berbagai inovasi elektrifikasi menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam memperkenalkan teknologi ramah lingkungan ke pasar otomotif global.

Dengan tujuan yang jelas dan semangat inovatif, BYD terus mengukir prestasi baru dan memberikan inspirasi bagi industri otomotif di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *