OTOMOTIF

Memahami Keunggulan dan Kekurangan Honda Jazz: Dimensi, Fitur, dan Harga Terkini

45
×

Memahami Keunggulan dan Kekurangan Honda Jazz: Dimensi, Fitur, dan Harga Terkini

Sebarkan artikel ini
Spesifikasi Honda Jazz Dimensi, Fitur, Dan Harga
Spesifikasi Honda Jazz Dimensi, Fitur, Dan Harga

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, Honda Jazz tetap menjadi sorotan banyak kalangan yang mencari kendaraan dengan spesifikasi istimewa.

Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai dimensi, fitur, dan harga terbaru Honda Jazz.

Sejarah Singkat Honda Jazz di Indonesia

Honda Jazz, model yang telah mempopulerkan segmen hatchback di Indonesia, pertama kali diperkenalkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada tahun 2003 dengan generasi pertama berkode bodi GD3.

Sejak saat itu, Jazz terus berkembang dengan munculnya generasi GE8 dan GK5, yang merupakan model terakhir yang dipasarkan di Indonesia sebelum pensiunnya pada Maret 2021.

Spesifikasi Mesin Honda Jazz GK5

Generasi terakhir Honda Jazz, GK5, menawarkan dua varian utama: Jazz dan Jazz RS.

Keduanya didukung oleh mesin 1.500 cc 4-silinder SOHC 16-katup i-VTEC, menghasilkan tenaga sebesar 118 hp dan torsi 145 Nm.

Tersedia pilihan transmisi CVT atau manual 5-kecepatan.

Dimensi Yang Menarik

Salah satu keunggulan Jazz adalah kabinnya yang lega, cocok untuk 5 penumpang, dengan fitur khusus bernama Ultra Seat.

Sistem ini memungkinkan pemilik untuk mengatur lipatan kursi sesuai kebutuhan, dengan 4 jenis pelipatan yang unik.

Meskipun dimensinya tidak jauh berbeda dengan pesaingnya, seperti Toyota Yaris, Jazz menonjol dengan keleluasaan kabin dan konfigurasi bangku yang cerdas.

Dimensinya mencapai 4.035 mm x 1.694 mm x 1.524 mm, dengan wheelbase 2.530 mm.

Fitur Keselamatan dan Kesenangan Berkendara

Honda Jazz menyajikan beragam fitur keselamatan, termasuk brake override system, dual front SRS airbag, pretensioner, dan ISOFIX.

Semua varian dilengkapi dengan ABS dan EBD. Selain itu, fitur-fitur seperti keyless entry, immobilizer, alarm system, dan berbagai perbedaan fitur antara Jazz RS dan Jazz biasa.

Harga Terakhir Sebelum Pensiun

Meskipun tidak lagi dijual dalam kondisi baru, Honda Jazz terakhir kali dipasarkan dengan harga berkisar antara Rp256,5 juta hingga Rp300 juta untuk varian tertinggi.

Saat ini, konsumen yang tertarik harus melirik pasar mobil bekas, dengan harga yang bervariasi tergantung pada kondisi dan tahun pembuatan.

Keunggulan dan Kekurangan

Meski sudah tidak diproduksi lagi, Honda Jazz tetap menjadi primadona di pasar mobil bekas berkat desain bodi yang timeless dan fleksibilitas kabin yang unggul.

Namun, beberapa kekurangan seperti karet support shockbreaker dan sistem power steering perlu diperhatikan.

Meskipun sudah tidak lagi tersedia di pasaran mobil baru, Honda Jazz tetap menjadi pilihan menarik bagi para pecinta otomotif yang mencari kombinasi dimensi yang ideal, fitur lengkap, dan harga yang bersaing.