OTOMOTIF

Kisaran Harga Suzuki Ertiga 2012, Dulu dan Kini: Penasaran?

95
×

Kisaran Harga Suzuki Ertiga 2012, Dulu dan Kini: Penasaran?

Sebarkan artikel ini
Cek Lagi Harga Suzuki Ertiga 2012 Pertama Meluncur, Sekarang Harga Bekasnya Segini
Cek Lagi Harga Suzuki Ertiga 2012 Pertama Meluncur, Sekarang Harga Bekasnya Segini

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Suzuki Ertiga adalah salah satu Multi Purpose Vehicle (MPV) yang membuat gebrakan saat pertama kali meluncur di pasar Indonesia pada tahun 2012.

Saat itu, pasar MPV Indonesia didominasi oleh Avanza dan Xenia, tetapi kehadiran Ertiga berhasil meramaikan persaingan dengan penawaran yang menarik.

Hingga saat ini, Ertiga masih menjadi pilihan banyak orang yang mencari MPV yang terjangkau, nyaman, dan irit bahan bakar.

Pada bulan April 2012, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan Suzuki Ertiga di Indonesia. Sebelumnya, mobil ini telah lebih dulu dipasarkan di negara India.

Ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, Suzuki Ertiga hadir dalam tiga varian yang berbeda, yaitu Ertiga GA dengan harga sekitar Rp143 juta, Ertiga GL seharga Rp153 juta, dan Ertiga GX sekitar Rp165 juta.

Generasi pertama Ertiga ini menggunakan mesin berkode K14B yang mampu menghasilkan tenaga hingga 94,6 hp.

Setelah 11 tahun berlalu, Suzuki Ertiga telah mengalami banyak perubahan. Desain eksterior dan interior telah diperbarui untuk menjaga tampilan yang lebih modern, dan mesin K15B yang lebih canggih dengan sentuhan teknologi mild hybrid telah diperkenalkan.

Bagi mereka yang mencari Ertiga generasi pertama bekas, masih ada beberapa unit yang tersedia di pasar mobil bekas. Harga bervariasi tergantung pada varian dan kondisi mobilnya.

Sebagai contoh, sebuah Ertiga GX tahun 2012 bisa ditemukan dengan harga mulai dari Rp100 juta, tergantung pada penjual dan lokasi di DKI Jakarta.

Di Jawa Timur, terdapat tiga penjual yang menawarkan varian serupa dengan harga sekitar Rp120 juta. Untuk konsumen yang mencari harga lebih terjangkau, varian Ertiga GL bekas bisa ditemukan mulai dari Rp95 jutaan.

Perlu dicatat bahwa ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, Suzuki Ertiga hanya tersedia dengan transmisi manual.

Pilihan transmisi otomatis (matic) baru diperkenalkan pada bulan April 2013 untuk varian Ertiga GL dan GX. Pada bulan Januari 2013, kedua varian ini juga mendapatkan tambahan fitur AC double blower.

Suzuki Ertiga generasi pertama tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari MPV bekas yang ekonomis dan dapat diandalkan.

Dengan berbagai perubahan yang telah dilakukan pada model-model berikutnya, Ertiga 2012 memiliki tempat tersendiri dalam sejarah perkembangan MPV di Indonesia.