OTOMOTIF

Kia EV9 GT-Line Tidak Dilengkapi dengan Spion Kamera Guna Patuhi Aturan

369
×

Kia EV9 GT-Line Tidak Dilengkapi dengan Spion Kamera Guna Patuhi Aturan

Sebarkan artikel ini
Kia Tidak Pakai Spion Kamera Di EV9 GT-Line Karena Langgar Aturan
Kia Tidak Pakai Spion Kamera Di EV9 GT-Line Karena Langgar Aturan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Era baru mobilitas ramah lingkungan semakin terangkat dengan hadirnya mobil listrik terbaru dari PT Kreta Indo Artha (KIA), Kia EV9 GT-Line, yang resmi diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia.

Dengan harga Rp1,975 miliar OTR Jakarta, Kia EV9 GT-Line tidak hanya menawarkan kecanggihan teknologi ramah lingkungan, tetapi juga mengejutkan dengan inovasi spion kamera yang memberikan sentuhan futuristis pada desainnya.

Salah satu fitur yang membedakan Kia EV9 GT-Line adalah spion kamera yang dipasang dengan begitu rapi pada kendaraan ini.

Spion tersebut bukan hanya memberikan tampilan yang unik dan futuristis pada mobil, tetapi juga memberikan keuntungan fungsional bagi pengemudi.

Dengan spion kamera ini, pengemudi dapat dengan mudah melihat kondisi di sekitar mobilnya, memberikan pandangan yang lebih luas dan membantu dalam navigasi yang aman.

Namun, kabar kurang menggembirakan datang dari Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT KIA, yang mengungkapkan bahwa spion kamera canggih ini harus diganti pada Kia EV9 GT-Line yang dijual di Indonesia.

“Spion ini melanggar peraturan lalu lintas di Indonesia. Oleh karena itu, kami harus ganti spion itu dengan yang biasa. Kami ingin mempertahankan spion tersebut, tapi memang tidak sejalan dengan peraturan yang ada,” terang Ario saat berbicara dengan Media90 di ajang GIIAS 2023 beberapa waktu lalu.

Aturan peraturan lalu lintas di Indonesia, seperti yang diatur dalam Pasal 37 No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, mengharuskan kaca spion kendaraan memenuhi dua syarat penting.

Pertama, kendaraan wajib memiliki dua buah kaca spion atau lebih.

Kedua, kaca spion tersebut harus terbuat dari bahan yang memungkinkan pandangan ke arah samping dan belakang secara jelas tanpa mengubah jarak serta bentuk objek yang terlihat.

Meskipun Kia EV9 GT-Line harus mengganti spion kamera canggihnya demi kepatuhan aturan, mobil ini tetap menawarkan berbagai fitur canggih yang tidak kalah menarik.

Fitur Advanced Driving Assist System (ADAS) menjadi salah satu keunggulan Kia EV9 GT-Line, yang meliputi beragam fitur seperti Forward Collision Avoidance Assist, Smart Cruise Control Lane Following Assist, Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision Avoidance Assist, Blind-spot View Monitor, High Beam Assist, Safe Exit Assist, Safe Exit Warning, Driver Attention Warning, Rear Cross-traffic Collision Avoidance Assist, Forward/Side/Reverse Parking Collision-avoidance Assist, Forward/Side/Reverse Parking Distance Warning, dan Surround View Monitor.

Tidak hanya itu, kemudahan parkir di ruang sempit juga dihadirkan melalui fitur Remote Smart Parking Assist (RSPA) yang telah disematkan pada mobil ini.

Dengan segala fitur canggih dan inovatifnya, Kia EV9 GT-Line tetap menjadi pilihan menarik bagi para konsumen yang menginginkan mobilitas yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan teknologi dan kenyamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *