OTOMOTIF

Keunggulan Fenomenal Aston Martin Valkyrie: Hypercar Mewah dengan Harga yang Menggelegar!

80
×

Keunggulan Fenomenal Aston Martin Valkyrie: Hypercar Mewah dengan Harga yang Menggelegar!

Sebarkan artikel ini
Aston Martin Valkyrie, Spesifikasi Hypercar Dengan Harga Fantastis
Aston Martin Valkyrie, Spesifikasi Hypercar Dengan Harga Fantastis

Media90 – Spesifikasi Aston Martin Valkyrie menarik untuk diketahui secara detail oleh pecinta hypercar.

Perlu diketahui, Aston Martin merupakan merek mobil asal Inggris yang telah menawarkan berbagai model legendaris dan ikonik, salah satunya Valkyrie.

Aston Martin Valkyrie bisa dibilang termasuk hypercar dengan performa terbuas di dunia. Tidak banyak hypercar yang memiliki performa seperti Valkyrie.

Selain itu, mobil ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi dan tersedia dalam jumlah terbatas. Oleh karena itu, Aston Martin Valkyrie eksklusif sehingga sangat sedikit orang yang bisa memiliki mobil tersebut.

Harga Aston Martin Valkyrie

Banyak dari Kamu mungkin penasaran dengan harga Aston Martin Valkyrie. Jika melansir situs web Topspeed per Mei 2024, hypercar tersebut dibanderol hingga 3,5 juta dolar AS atau sekitar Rp56,14 miliar.

Harga ini bisa lebih mahal jika dipasarkan di Tanah Air karena pajak mobil mewah dengan kapasitas mesin besar terbilang tinggi di sini.

Selain itu, biaya servis Valkyrie juga tinggi. Dilansir dari berbagai sumber, pengguna mobil tersebut perlu menyiapkan bujet sekira 340 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,45 miliar selama 3 tahun untuk servis mobilnya.

Biaya servis Aston Martin Valkyrie pun dilaporkan lebih mahal dibandingkan dengan hypercar lain.

Misalnya, Bugatti Chiron 2024 yang perlu diservis dengan biaya sekira 170 ribu dolar AS atau sekitar Rp2,72 miliar selama 4 tahun.

Pihak Aston Martin menyarankan setiap pemilik Valkyrie servis mobilnya di jaringan bengkel resmi mereka. Hal ini untuk mencegah pemilik Valkyrie kehilangan garansi resmi mobilnya.

Spesifikasi Aston Martin Valkyrie

Setelah mengetahui harganya, Kamu pastinya jadi penasaran dengan spesifikasi Aston Martin Valkyrie.

Berikut ini adalah detail spesifikasi mobil tersebut dari bagian mesin hingga fitur.

Mesin:

Masih dilansir dari situs web Topspeed, hypercar ini dibekali dengan mesin hybrid V12 berkapasitas 6,5 liter.

Tersedia dalam dua varian, mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 1.001 hp pada 10.500 rpm untuk Coupe dan Spyder serta 1.100 hp pada 10.500 rpm untuk AMR Pro.

Torsinya sendiri mencapai 900 Nm di putaran 6.000 rpm untuk keseluruhan. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis 7 percepatan.

Perlu diketahui, Aston Martin Valkyrie dirancang sebagai hypercar mid-engine, mesin di tengah bodi dengan rasio tenaga dan berat 1:1.

Di sisi lain, motor penggerak listrik pada mobil ini mampu mengeluarkan tenaga 138 hp untuk varian Coupe dan Spyder maupun 160 hp untuk AMR Pro.

Untuk menempuh akselerasi 0-100 km per jam, Valkyrie hanya butuh waktu sekitar 2,5 detik. Pada varian Coupe dan Spyder, kecepatan tertinggi mencapai 354 km per jam, sedangkan AMR Pro, punya kecepatan lebih besar, yaitu 402 km per jam.

Valkyrie menggunakan sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD). Mengenai bobotnya, sebesar 1.030 kg untuk varian Coupe dan Spyder dan 997 kg untuk varian AMR Pro.

Alasan bobot mobil ini terbilang ringan karena strukturnya 100 persen terbuat dari serat karbon.

Interior dan Fitur:

Jika melihat tampilan luar Aston Martin Valkyrie, terlihat sangat modern dan futuristik secara keseluruhan.

Ditambah, mobil ini memiliki wiper di tengah yang memberikan kesan unik.

Keunikan pada Valkyrie juga bisa bisa dilihat pada bagian interiornya. Terdapat setir kemudi berdesain oval yang disematkan berbagai tombol untuk mengoperasi beberapa fitur di mobil.

Kabin mobil ini dibalut dengan bahan serat karbon. Joknya menggunakan material kulit Alcantara yang terkesan mewah.

Kemewahan interior Valkyrie semakin terasa berkat adanya headset khusus yang terkoneksi dengan Bluetooth sehingga pengguna dapat mengobrol dengan keluarga atau teman ataupun mendengarkan musik kesukaan sambil berkendara.

Ada pula fitur-fitur canggih lain yang disematkan seperti Rearview Camera dan Sideview Camera. Terdapat juga tiga mode berkendara yang bisa dipilih pengemudi Valkyrie, yakni Urban, Sport, dan Track.

Sejarah Aston Martin Valkyrie

Jika menelusuri sejarahnya, Aston Martin Valkyrie bermula dari proyek bersama antara Aston Martin dengan Red Bull Racing saat masih menjadi mitra di ajang balap F1.

Hasil dari proyek tersebut adalah purwarupa Aston Martin AM-RB 001 yang ditunjukkan pada 2016.

Berdasarkan situs web Aston Martin, munculnya purwarupa ini berkat tiga orang, yaitu Adrian Newey yang saat itu menjabat sebagai Chief Technical Officer Red Bull Racing, Marek Reichman sebagai EVP and Chief Creative Officer Aston Martin, dan David King yang menduduki jabatan VP and Chief Special Operations Officer Aston Martin.

Adanya nama Newey menjadi perhatian banyak orang karena dianggap sebagai salah satu ‘F1 guru’ sekaligus salah satu desainer paling sukses di kompetisi balap tersebut.

Diketahui, Newey sudah lama memendam keinginan mendesain mobil yang ganas. Menurut dia, Aston Martin punya pengalaman membuat mobil-mobil GT yang indah, cepat, serta nyaman.

Di 2017, terungkap nama versi produksi Aston Martin AM-RB 001. Mereka bertiga sepakat menyebutnya Aston Martin Valkyrie.

Dilansir dari situs web The Verge, nama tersebut berasal dari mitologi Norwegia. Valkryie merupakan pelayan perempuan Odin dalam perang yang memilih ksatria hidup dan gugur.

Ia juga merupakan perempuan yang membawa pahlawan gugur ke surga dalam mitologi Norwegia, yakni Valhalla. Setelah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *