OTOMOTIF

ION Mobility M1-S: Mengeksplorasi Potensi Motor Listrik Jarak Tempuh Jauh

69
×

ION Mobility M1-S: Mengeksplorasi Potensi Motor Listrik Jarak Tempuh Jauh

Sebarkan artikel ini
Spesifikasi ION Mobility M1-S, Motor Listrik Jarak Tempuh Jauh
Spesifikasi ION Mobility M1-S, Motor Listrik Jarak Tempuh Jauh

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – ION Mobility M1-S telah muncul sebagai salah satu pilihan unggulan dalam dunia skuter dan sepeda motor listrik dengan jarak tempuh yang mencengangkan, melebihi 100 kilometer.

Ini merupakan sebuah terobosan yang luar biasa dalam pasar kendaraan roda dua elektrik di Indonesia.

Pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023, ION Mobility M1-S kembali mendapatkan perhatian, meskipun sebenarnya telah hadir di pasar Indonesia sekitar satu tahun sebelumnya.

Perusahaan produsen, ION Mobility, masih terus melakukan pengembangan pada model ini, dan pengiriman kepada konsumen baru dijadwalkan akan dimulai pada Februari 2024.

ION Mobility M1-S saat ini adalah produk perdana dan satu-satunya yang dimiliki oleh ION Mobility untuk pasar Indonesia.

Selain itu, brand ini juga menghadirkan skuter konsep “Project Dynamo” yang merupakan hasil kolaborasi dengan TVS Motor Company, namun skuter konsep ini belum dijual.

Dalam tren konsumen Indonesia yang menyukai skuter berkapasitas besar, ION Mobility M1-S tampaknya memiliki potensi yang kuat.

Bagi konsumen yang tertarik pada skuter listrik ini, ada beberapa hal penting yang perlu mereka ketahui.

Harga ION Mobility M1-S

ION Mobility M1-S tersedia dalam dua varian, yang berbeda berdasarkan kapasitas baterai.

Varian termurah dijual seharga Rp49 juta on the road DKI Jakarta, sebuah angka yang di atas rata-rata harga kendaraan roda dua di Indonesia.

Varian tertinggi dijual seharga Rp56 juta. Harga yang cukup tinggi ini mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi ION Mobility dalam memasarkan produk ini, terutama karena target pasar mereka adalah konsumen akhir.

Daftar Harga Motor Listrik ION Mobility M1-S:

  • ION Mobility M1-S 72 V 50 Ah (Jarak tempuh hingga 120 km) – Rp49 Juta
  • ION Mobility M1-S 72 V 60 Ah (Jarak tempuh hingga 150 km) – Rp56 Juta

ION Mobility juga sedang mempersiapkan skema kredit untuk memudahkan konsumen dalam membeli produk ini.

Spesifikasi ION Mobility M1-S

Spesifikasi ION Mobility M1-S sangat menjanjikan. Skuter ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam waktu hanya 3,7 detik.

Tenaga puncak yang dihasilkan mencapai 12,5 kW, dengan torsi maksimum 43 Nm, dan kecepatan tertinggi mencapai 105 kilometer per jam.

Salah satu fitur menonjol yang membedakan M1-S dari skuter listrik lainnya adalah penggunaan rantai untuk mengirim tenaga dari motor listrik ke roda belakang.

Hal ini memungkinkan perawatan dan perbaikan lebih mudah di mayoritas bengkel, serta memberikan pengalaman berkendara yang lebih familiar seperti motor konvensional.

Ada dua varian dengan kapasitas baterai yang berbeda, dan ini juga mempengaruhi jarak tempuhnya.

Varian dengan baterai 72 V 50 Ah memiliki jarak tempuh hingga 120 kilometer, sementara varian dengan baterai 72 V 60 Ah dapat mencapai 150 kilometer.

Jarak tempuh sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada gaya mengemudi dan medan yang dilalui.

Pengecasan Baterai

Baterai M1-S tidak dapat dilepas, dan pengecasan dilakukan dengan menarik kabel yang ada di bawah jok. Proses pengecasan dapat disesuaikan dengan kemampuan sumber listrik yang tersedia.

Selama proses pengecasan, jok motor tetap bisa ditutup sehingga barang-barang di dalam bagasi tetap aman.

Kepraktisan dan Kenyamanan

M1-S menawarkan kepraktisan yang tinggi, dengan bagasi besar di bawah jok yang dapat digunakan untuk menyimpan helm full face.

Selain itu, skuter ini dilengkapi dengan cantolan di depan lutut pengendara untuk membawa tas atau belanjaan.

Terdapat juga dua kantong di bawah setang, dengan salah satunya dilengkapi soket USB untuk mengecas handphone.

Jok tebal membuat perjalanan lebih nyaman, dan area kaki cukup luas untuk memberikan kenyamanan dalam berpijak.

Garansi

Setiap pembelian M1-S dilengkapi dengan dua jenis garansi: garansi baterai selama lima tahun dan garansi motor elektrik selama tiga tahun.

Kesimpulan

ION Mobility M1-S adalah pilihan menarik bagi mereka yang mencari skuter atau sepeda motor listrik dengan jarak tempuh yang luar biasa.

Dengan desain yang menarik dan berbagai fitur yang mengagumkan, M1-S menawarkan pengalaman berkendara yang unik. Namun, harga yang cukup tinggi menjadi pertimbangan bagi calon konsumen.