OTOMOTIFTIPS

Ini Dia Daftar Mobil Klasik Paling Berharga di Indonesia: Potensi Investasi yang Menggiurkan!

178
×

Ini Dia Daftar Mobil Klasik Paling Berharga di Indonesia: Potensi Investasi yang Menggiurkan!

Sebarkan artikel ini
Daftar Mobil Klasik Dengan Harga Mahal Di Indonesia, Bisa Buat Investasi
Daftar Mobil Klasik Dengan Harga Mahal Di Indonesia, Bisa Buat Investasi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sudah bukan hal yang aneh lagi jika saat ini mobil klasik memiliki harga yang cukup mahal.

Saking mahalnya, harga mobil tersebut bahkan melebihi mobil baru dengan kelas menengah sampai atas.

Hal ini tentunya menjadi perbincangan menarik bagi sebagian orang. Apa sih yang membuat mobil klasik memiliki harga yang mahal?

Salah satunya tentu populasi dan kondisi dari mobil itu sendiri. Mobil klasik bukanlah mobil baru yang bisa dengan mudah dibeli di dimanapun dengan harga yang sudah tetap.

Sebelum mengupasnya lebih jauh, Kamu tentu sering mendengar kata mobil klasik.

Menurut Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tidak semua mobil bisa dikategorikan sebagai mobil klasik.

Banyak orang beranggapan jika mobil yang sudah tua merupakan kategori mobil klasik. Padahal sebenarnya tidak demikian, lho.

Pengertian Mobil Klasik

Menurut PPMKI, mobil yang masuk ke dalam kategori klasik merupakan mobil yang dulunya dibuat dengan jumlah terbatas dan memiliki nilai.

Sementara mobil yang diproduksi masal dan digunakan untuk pemakaian harian tidak termasuk ke dalam kategori klasik.

Beberapa di antaranya yang bisa masuk kategori mobil klasik adalah mobil dengan model coupe (dua pintu), station wagon, dan cabriolet.

Namun, pada kondisi tertentu ada beberapa mobil yang tadinya hanya berstatus mobil tua namun kini menjadi mobil klasik.

Hal tersebut akan terjadi jika jumlah mobil tersebut di Indonesia cukup langka atau sedikit. Misalnya, VW Combi produksi pertama, Morris Mini, dan MINI Cooper generasi pertama kini bisa dikategorikan sebagai mobil klasik.

Lalu kemudian ada Mercedes-Benz G-Class atau sering disebut Jip Mercy versi short wheel base (SWB) juga kini masuk ke dalam kategori mobil klasik.

Lebih lanjut, mobil yang masuk kategori mobil klasik biasanya memiliki usia minimal 35 tahun dari saat ini (2022).

Artinya, mobil yang layak masuk kategori tersebut berusia paling muda diproduksi pada tahun 1987.

Ada juga sebagian orang yang mengatakan jika mobil klasik ini umumnya masih menggunakan bumper dengan bahan besi.

Nah, setelah mengetahui sedikit arti dari mobil klasik, sekarang kita bahas bersama yuk apa saja mobil yang punya harga mahal di Indonesia. Penasaran?

Daftar Mobil Klasik Harga Mahal di Indonesia

  1. Mercedes-Benz Fintail / Mercy Batman
    Mobil klasik dengan harga mahal salah satunya ada Mercedes-Benz berkode bodi W110, W111, dan W112. Di Indonesia mobil ini populer dengan julukan Mercy Batman atau Fintail. Alasan mobil tersebut Batman karena bagian ekornya terlihat menyerupai ekor dari Batmobile (mobil yang digunakan Batman) pada tahun 1960-an. Seri ini juga menjadi cikal bakal dari S-Class yang ada di keluarga Mercedes. Di Indonesia, mobil klasik ini punya harga yang cukup mahal, terlebih yang menggunakan transmisi otomatis bawaan pabrik. Kisarannya berkisar di Rp150 jutaan sampai Rp500 jutaan tergantung kondisi dan tipe.
  2. Mitsubishi Colt Galant GTO
    Kemudian mobil klasik dengan harga mahal ada Mitsubishi Colt Galant Gran Turismo Omologato (GTO). Mobil 2 pintu ini pertama kali diproduksi pada 1970 sampai 1977. Soal harga pasaran di Indonesia cukup gelap. Namun beberapa sumber mengatakan jika mobil ini memiliki valuasi di tahun 2022 di atas Rp200 jutaan.
  3. Toyota Celica
    Di urutan mobil klasik dengan harga mahal selanjutnya ada Toyota Celica. Di Indonesia Celica terkenal sebagai mobil sport dengan populasi yang sedikit. Bagi pecinta mobil klasik biasanya mereka akan mengincar Toyota Celica generasi pertama. Generasi pertama ini diproduksi pada tahun 1970 sampai 1977 dan menjadi kompetitor dari Mitsubishi Colt Galant GTO. Jumlahnya di Indonesia pun sangat sedikit, sehingga kisaran harganya sangat gelap. Menurut beberapa sumber mobil ini punya harga lebih dari Rp350 jutaan.
  4. Chevrolet Bel Air
    Mobil klasik yang punya harga mahal lainnya ada Chevrolet Bel Air. Mobil satu ini menjadi salah satu ikon mobil klasik dan antik di berbagai dunia. Bentuknya yang indah seakan menjadi magnet tersendiri bagi mereka yang melihat. Tak heran jika harganya saat ini sudah sangat mahal. Chevrolet Bel Air sendiri memiliki beberapa generasi. Generasi pertama diproduksi pada 1949 sampai 1954, kemudian generasi kedua dibuat pada 1954 sampai 1957. Sedangkan generasi ketiga dibuat pada 1957 sampai 1958, generasi keempat dibuat pada 1958 sampai 1960, dan generasi kelima dibuat pada 1961 sampai 1964. Dari seluruh model, generasi kedua menjadi salah satu favorit terutama tahun 1956 dan 1957. Soal harga, mobil klasik ini sudah memiliki banderol harga yang sangat mahal di kisaran Rp600 jutaan sampai lebih dari Rp1 miliar.
  5. Morris Mini / Mini Cooper
    Morris Mini merupakan generasi pertama dari Mini Cooper yang biasa kita kenal. Jika lupa bentuknya Kamu bisa mengingat kendaraan yang digunakan oleh tokoh Mr Bean. Generasi pertamanya diproduksi pada tahun 1959 sampai 1967. Lalu generasi keduanya diproduksi dari 1967 sampai 1970 dan generasi ketiga diproduksi 1969 sampai 1976. Terakhir ada generasi yang sering disebut sebagai last edition oleh pecinta di Indonesia dengan rentang produksi 1976 sampai 2000. Empat generasi ini yang kerap dicari kolektor. Soal harga, Morris Mini dan Mini Cooper punya kisaran harga di Rp250 jutaan sampai Rp750 jutaan.
  6. Chevrolet Impala
    Nama Chevrolet Impala tentu tak bisa dilupakan jika kita membahas mobil klasik dengan harga mahal. Di Indonesia mobil ini sudah memiliki banderol harga yang selangit. Beberapa model yang cukup menjadi incaran adalah generasi pertama 1958-1959, generasi kedua 1959-1960, dan generasi ketiga 1961-1964. Kamu bisa mendapatkan mobil ini dengan harga termurah di Rp350 jutaan hingga Rp1 miliar.
  7. Ford Mustang
    Ford Mustang juga nggak boleh dilupain nih dari mobil klasik yang punya harga mahal. Di Indonesia Mustang dikenal sebagai salah satu mobil idaman car enthusiast. Sebenarnya ada banyak generasi Mustang, namun yang menjadi primadona merupakan generasi pertama yang dibuat pada 1965 sampai 1973. Terus, gimana nih soal harga mobil yang kental nuansa Amerika ini? Jangan khawatir, harganya sudah pasti bisa bikin Kamu kaget karena rata-rata Mustang yang dijual di Indonesia punya harga lebih dari Rp1 miliar. Harga ini tentunya terus meroket lho, nggak salah kalau mobil bisa dijadikan investasi.
  8. Mercedes-Benz G-Class / Jip Mercy
    Daftar terakhir yang masuk ke dalam mobil klasik dengan harga mahal ada Mercedes-Benz G-Class atau Jip Mercy. Mobil berbodi kotak ini pertama kali diproduksi pada 1979 sampai 1992 dengan kode bodi W460. Produksi pertama hadir dalam beberapa model seperti chasis panjang 3 pintu, chasis panjang 5 pintu, chasis pendek 3 pintu, chasis pendek panel van, dan chasis pendek convertible. Namun yang masuk secara resmi ke Indonesia terdiri dari chasis pendek 3 pintu, chasis panjang 5 pintu, dan chasis panjang 5 pintu panel van. Versi panel van umumnya menjadi unit yang dipesan khusus untuk kendaraan dinas TVRI dengan spesifikasi angkut yang berat. Menyoal harganya, Mercedes-Benz G-Class ini punya banderol Rp500 jutaan sampai Rp1,3 miliar untuk versi chasis panjang. Sedangkan untuk versi chasis pendek harganya sudah lebih dari Rp1,5 miliar.

Dari semua mobil klasik dengan harga mahal di atas, mana yang menjadi favorit Kamu? Kalau saya sih lebih pilih G-Class karena harganya selalu meroket setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *