OTOMOTIF

Citroen Indonesia Meluncurkan E-C3 dan C3 Aircross: Siapakah Pasarnya?

187
×

Citroen Indonesia Meluncurkan E-C3 dan C3 Aircross: Siapakah Pasarnya?

Sebarkan artikel ini
Impor Dari India, Masihkah Citroen E-C3 Dan C3 Aircross Sesuai Selera Pasar Indonesia
Impor Dari India, Masihkah Citroen E-C3 Dan C3 Aircross Sesuai Selera Pasar Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Citroen Indonesia baru saja menggebrak pasar otomotif Tanah Air dengan meluncurkan dua model terbaru: E-C3, sebuah compact hatchback full listrik, dan C3 Aircross, SUV 7-seater yang penuh gaya.

Meskipun keduanya baru diperkenalkan, C3 Aircross sudah menetapkan harga perkiraannya di Indonesia, berkisar antara Rp290 hingga Rp300 juta.

C3 Aircross, dengan dimensi panjang 4.323 mm, lebar 1.796 mm, tinggi 1.669 mm, dan jarak sumbu roda 2.623 mm, telah diposisikan untuk bersaing dengan Suzuki XL7, Honda BR-V, Hyundai Stargazer X, dan Mitsubishi Xpander Cross di segmen Low SUV yang semakin kompetitif.

Sementara itu, E-C3 langsung tersedia di pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2023 dengan harga Rp395 juta (OTR Jakarta, khusus untuk GIIAS 2023).

Ini menjadikannya salah satu mobil listrik 4-pintu termurah di Indonesia, setelah Neta V.

Namun, perlu diperhatikan bahwa baik E-C3 maupun C3 Aircross diimpor secara utuh dari India.

Bahkan, model-model ini yang sudah diluncurkan di Indonesia memiliki perbedaan signifikan dengan versi Eropa, karena keduanya dirancang khusus untuk pasar negara berkembang seperti India dan Asia Tenggara.

Pertanyaannya adalah apakah mobil-mobil Citroen yang diimpor dari India ini sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia?

Dan apakah Citroen memiliki rencana untuk mengembangkan model khusus untuk pasar Indonesia?

Wawancara Eksklusif dengan Stellantis

Kami berkesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif dengan salah satu perwakilan dari Stellantis, perusahaan induk Citroen, dalam acara Media Roundtable Citroen Indonesia di GIIAS 2023.

Berikut beberapa poin penting dari wawancara kami dengan Daniel Gonzalez, COO ASEAN & General Distributors Stellantis.

Media90: Citroen memiliki beberapa produk yang dirancang khusus untuk negara-negara seperti India dan Amerika Selatan. Apakah Citroen memiliki rencana untuk mengembangkan model khusus untuk Indonesia, mengingat kebutuhan pasar mirip di negara-negara tersebut?

Daniel: Kami selalu berupaya untuk memahami kebutuhan masyarakat Indonesia. Apakah itu berarti mengembangkan model sepenuhnya baru tergantung pada tingkat permintaan. Namun, membuat model khusus atau modifikasi untuk pasar Indonesia adalah pilihan yang masuk akal jika ada permintaan yang kuat.

Media90: Apa yang diperlukan untuk menyesuaikan produk Citroen untuk pasar Indonesia?

Daniel: Kunci utamanya adalah melihat apakah volume konsumen yang meminta penyesuaian tersebut cukup besar. Produk seperti C3 dan C3 Aircross menggunakan “Smart Car Platform” yang dirancang khusus untuk India dan Asia Tenggara. Namun, kami selalu membuka pintu untuk penyesuaian jika diperlukan.

Media90: Apakah sudah ada langkah-langkah penyesuaian produk untuk pasar Indonesia yang telah dilakukan?

Daniel: Ya, kami telah berkomunikasi dengan Indomobil selama beberapa bulan untuk memahami kebutuhan pasar Indonesia. Bahkan untuk E-C3 dan C3 Aircross, kami mendengarkan masukan dari Indomobil tentang apa yang dibutuhkan untuk pasar Indonesia, dan kami akan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, kami telah melakukan beberapa perubahan pada E-C3 berdasarkan masukan dari pasar Indonesia, seperti pengaturan spion elektrik dan penggunaan lampu depan LED.

Apa yang Akan Datang?

Dengan komitmen Citroen untuk mengikuti perkembangan pasar otomotif Indonesia, kita bisa berharap melihat lebih banyak penyesuaian produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen di Tanah Air.

Seiring berjalannya waktu, ini bisa membuka jalan bagi model-model Citroen yang lebih khusus untuk pasar Indonesia, mengingat potensi dan daya tarik yang dimilikinya.

Yang pasti, pasar otomotif Indonesia akan menjadi tempat yang menarik untuk diperhatikan dengan perkembangan Citroen yang penuh antusiasme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *