OTOMOTIFTIPS

7 Trik Sederhana untuk Menghindari Mabuk Perjalanan di Mobil, Tidak Ribet!

26
×

7 Trik Sederhana untuk Menghindari Mabuk Perjalanan di Mobil, Tidak Ribet!

Sebarkan artikel ini
7 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Di Mobil, Mudah Dilakukan Kok!
7 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Di Mobil, Mudah Dilakukan Kok!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bagi yang seringkali mabuk di perjalanan, mencegahnya saat berkendara dengan mobil merupakan hal yang penting, terutama menjelang mudik lebaran tahun 2024.

Mabuk perjalanan atau motion sickness dapat menimpa siapa saja, bahkan yang sudah terbiasa berkendara dengan mobil.

ini sering dialami oleh perempuan hamil atau anak-anak usia 2-12 tahun. Gejalanya bisa berupa keringat dingin, mual hingga muntah, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kondisi jalan, makanan berat, atau bau kurang sedap di dalam mobil.

Tips Mencegah Mabuk saat Naik Mobil

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah mabuk saat naik mobil:

1. Hindari Makanan Berat

Sebelum berkendara, hindari makanan berat yang sulit dicerna. Pilihlah makanan ringan seperti biskuit, roti, atau kacang-kacangan.

Jika perlu makan makanan berat, konsumsilah dalam porsi kecil sekitar 45-60 menit sebelum perjalanan. Jangan sampai perut kosong atau terlalu penuh saat berkendara.

2. Istirahat Cukup

Pastikan untuk istirahat yang cukup terutama sebelum perjalanan jauh. Jika merasa lelah atau kurang fit, sebaiknya beristirahat sebagai penumpang dan biarkan yang lain yang mengemudi.

3. Berbaring atau Duduk dengan Nyaman

Jika merasa tidak enak badan, cobalah berbaring atau duduk dengan nyaman di dalam mobil. Duduk menghadap ke depan dan tetap fokus pada horison dapat membantu meredakan gejala mabuk.

4. Gunakan Minyak Angin atau Aromaterapi

Bawa minyak angin atau aromaterapi yang dapat membantu meredakan pusing dan mual. Oleskan sedikit di pelipis dan perut, atau hirup aromanya untuk menghilangkan rasa tidak nyaman.

5. Hindari Bermain Ponsel

Jangan menggunakan ponsel selama perjalanan karena hal ini dapat memperparah gejala mabuk. Fokuslah pada pemandangan luar atau dengarkan musik yang menenangkan.

6. Buka Jendela Sedikit

Jika mungkin, buka sedikit jendela untuk sirkulasi udara yang lebih baik di dalam mobil. Udara segar dapat membantu meredakan gejala mabuk.

7. Hindari Pewangi Mobil yang Terlalu Kuat

Jangan gunakan pewangi mobil yang terlalu kuat karena aromanya dapat memicu mual dan membuat Anda tidak nyaman. Pilihlah pewangi yang ringan dan tidak mengganggu.

Kesimpulan

Tujuh tips di atas dapat membantu mencegah mabuk perjalanan saat naik mobil. Penting untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum perjalanan agar dapat menikmati mudik lebaran dengan nyaman dan tanpa gangguan.

Jangan lupa untuk membawa peralatan yang diperlukan seperti minyak angin, bantal leher, dan makanan ringan sebagai langkah pencegahan. Semoga perjalanan Anda lancar dan menyenangkan!

FAQ

Apa sajakah tips mencegah mabuk saat naik mobil?
Beberapa tips mencakup hindari makanan berat, istirahat cukup, gunakan minyak angin, hindari bermain ponsel, buka jendela sedikit, dan hindari pewangi mobil yang terlalu kuat.

Apakah bermain ponsel bisa membuat mabuk saat naik mobil?
Iya, karena dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh dan penglihatan.

Apakah minyak angin atau aromaterapi ampuh untuk mencegah mabuk kendaraan?
Ya, keduanya dapat membantu meredakan gejala mabuk seperti pusing dan mual.

Apakah perlu membawa bantal leher atau penutup mata saat naik mobil?
Sebaiknya, karena dapat membantu Anda beristirahat dengan nyaman dan mencegah mabuk perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *