OTOMOTIF

Batu Bara sebagai Sumber Listrik Kendaraan Listrik: Apakah Benar-benar Percuma?

181
×

Batu Bara sebagai Sumber Listrik Kendaraan Listrik: Apakah Benar-benar Percuma?

Sebarkan artikel ini
Batu Bara sebagai Sumber Listrik Kendaraan Listrik Apakah Benar-benar Percuma
Batu Bara sebagai Sumber Listrik Kendaraan Listrik Apakah Benar-benar Percuma

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, baru-baru ini mengungkapkan pandangannya tentang transisi menuju kendaraan listrik melalui akun Instagram pribadinya.

Ia menanggapi skeptisisme yang sering muncul terkait penggunaan kendaraan listrik, terutama ketika sumber listriknya masih berasal dari pembangkit listrik yang menggunakan batu bara.

Ridwan Kamil, yang akrab dipanggil Kang Emil, menyoroti pandangan skeptis yang menganggap kendaraan listrik hanya memindahkan emisi karbon tanpa menguranginya.

Dalam unggahan yang dilihat oleh Media90 pada Rabu (28/6/2023), ia memberikan penjelasan kepada mereka yang memiliki pandangan tersebut terkait transisi menuju kendaraan listrik.

“TIDAK PERCUMA,” tulisnya dalam keterangan unggahan tersebut. Menurut Kang Emil, penggunaan kendaraan listrik memiliki manfaat dalam mengurangi emisi karbon, meskipun pembangkit listrik masih menggunakan energi fosil.

Ia menjelaskan bahwa tidak ada emisi karbon yang dilepaskan ke udara dari kendaraan itu sendiri.

Lebih lanjut, Kang Emil menambahkan, “APALAGI jika pembangkit listrik berasal dari energi terbarukan seperti sinar matahari, panas bumi, air, atau tenaga angin/bayu.

Emisi karbon dapat turun berlipat-lipat.” Pernyataan tersebut menunjukkan dukungannya terhadap penggunaan sumber energi terbarukan untuk memasok listrik bagi kendaraan listrik.

Saat ini, pemerintah Indonesia tengah mendorong industri otomotif untuk beralih ke kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya mengurangi emisi gas rumah kaca.

Salah satu jenis kendaraan listrik yang disorot adalah mobil dan sepeda motor berbasis baterai, yang dikenal sebagai Battery Electric Vehicle (BEV).

Dalam unggahannya, Kang Emil juga memamerkan foto-foto dirinya saat mengendarai motor listrik RKG 5000. Motor listrik tersebut adalah hasil kolaborasi dengan produsen motor listrik lokal, Gesits.

Dengan desain yang mirip dengan moge klasik BMW, motor listrik ini merupakan sumbangsih desain dari Kang Emil untuk produk lokal.

Kang Emil juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam melawan pemanasan global melalui penggunaan kendaraan listrik.

“Jadi mari lawan krisis pemanasan global dengan perlahan mengubah cara kita dalam berkendara, menggunakan mobil dan motor listrik,” ungkapnya.

Dengan pernyataan dan dukungannya terhadap kendaraan listrik, Gubernur Ridwan Kamil berharap dapat mendorong transisi menuju transportasi yang lebih ramah lingkungan dan berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon di Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *