OTOMOTIF

7 Pilihan Motor Kopling Terjangkau Cocok untuk Keseharian atau Jadi Andalan Modifikasi

143
×

7 Pilihan Motor Kopling Terjangkau Cocok untuk Keseharian atau Jadi Andalan Modifikasi

Sebarkan artikel ini
7 Rekomendasi Motor Kopling Murah Untuk Harian Atau “Bahan” Modif
7 Rekomendasi Motor Kopling Murah Untuk Harian Atau “Bahan” Modif

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Lupakan sejenak Kawasaki Ninja, Honda CRF, atau Yamaha R15 sebab ulasan ini akan lebih fokus membahas deretan motor kopling murah.

Ada banyak pilihannya terutama jika menengok ke pasar motor bekas. Sampai saat ini sepeda motor masih menjadi pilihan jenis transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Hal itu tentunya tak lepas dari biaya operasional dan perawatan yang ramah di kantong. Skuter matik sukses menjadi primadona dalam beberapa tahun belakangan.

Namun, bukan berarti motor kopling tak memiliki daya tarik sama sekali. Mereka yang lebih menyukai sensasi berkendara sporty maka motor kopling bisa menjadi pilihan ideal.

Daftar Pilihan Motor Kopling Murah

Informasi lebih rinci mengenai daftar rekomendasinya bisa disimak dalam uraian di bawah ini.

1. Honda Verza

Honda Verza menjadi salah satu rekomendasi bagi konsumen yang mencari motor kopling dengan harga terjangkau.

Harganya tergolong murah untuk ukuran motor baru jenis sport dengan banderol berada di angka Rp21,4 jutaan.

Pada generasi terbarunya, motor ini menyuguhkan tampilan yang lebih bergaya retro dengan lampu berbentuk bulatnya.

Motor ini menggunakan mesin 150 cc, 1-silinder, dan sudah dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar injeksi.

Konsumen juga bisa menjumpai kaki-kaki berukuran 17 inci dengan suspensi ganda di bagian belakang.

Tak sedikit yang menjuluki Verza sebagai motor pekerja karena simpel dan perawatannya mudah.

Belum lagi tingkat konsumsi bahan bakarnya juga tergolong irit. Selain sebagai kendaraan pribadi, hal tersebut membuat Verza juga banyak dijadikan sebagai kendaraan operasional perusahaan-perusahaan.

2. Honda Megapro

Honda sudah tidak menjual Megapro baru sejak 2018, tapi keberadaannya bisa banyak ditemui di pasar motor bekas.

Megapro menawarkan karakteristik yang mirip dengan Verza, yaitu tunggangan harian yang bandel dan irit bahan bakar.

Megapro sudah dipasarkan di Indonesia sejak 1999 dan hadir dalam empat generasi. Mulai dari Megapro “Hiu” (1999), Megapro “Primus” (2006), New Megapro (2010), hingga New Megapro FI (2014).

Dua generasi awal memiliki tampilan yang klasik dengan lampu depan bulat dan suspensi ganda di belakang.

Sedangkan dua generasi terakhir memiliki desain yang sudah jauh lebih modern. Megapro memiliki harga jual yang relatif terjangkau di pasar motor bekas.

Pantauan baru-baru ini, New Megapro dipasarkan mulai harga Rp7 jutaan oleh beberapa penjual.

3. Yamaha Byson

Tampang gagah menjadi ciri khas kuat yang dimiliki salah satu pilihan motor kopling murah ini. Yamaha Byson pertama kali meluncur di Indonesia pada 2010 sampai akhirnya stop dijual pada 2018.

Pada awal-awal masa kehadirannya di Indonesia, Byson sukses menarik perhatian karena desainnya yang unik.

Motor ini terlihat berotot mulai dari depan sampai belakang. Walaupun tak sedikit yang beranggapan miring terhadap penggunaan cover plastik di tangki bensin hingga knalpotnya.

Byson memang bukan pilihan ideal jika konsumen menginginkan motor yang responsif karena performa mesinnya tergolong biasa-biasa.

Namun, dengan dimensinya yang besar tersebut Byson menawarkan kenyamanan dan kestabilan terutama ketika digunakan jarak jauh.

Pada saat ini harga pasaran Byson di pasar motor bekas cukup menarik untuk mereka yang mencari motor kopling murah.

4. Suzuki Thunder 125

Pilihan selanjutnya untuk motor kopling murah kembali berasal dari bursa seken, yaitu Thunder 125. Sejarahnya, motor ini pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2004.

Lampu bulat, tangki besar, dan mesin 125 cc menjadi beberapa ciri khas dari motor ini. Generasi awal motor ini hadir tanpa dilengkapi dengan kick starter.

Hal tersebut bukan sesuatu yang lumrah pada masa itu. Oleh sebabnya pada 2006 Suzuki melakukan pembaruan yang di antaranya penambahan fitur kick starter.

Thunder 125 cocok untuk mereka yang menginginkan motor sport murah. Dibandingkan Megapro atau Byson, harga pasaran Thunder 125 boleh dibilang yang paling rendah.

Hal tersebut bisa dimaklumi lantaran model ini memiliki kapasitas mesin yang paling kecil.

5. Yamaha Jupiter MX 135

Untuk generasi awal Jupiter MX 135 yang resmi meluncur pada 2005 memang masih menggunakan transmisi semi otomatis 4-percepatan seperti motor bebek umumnya.

Namun, generasi berikutnya yang rilis pada 2010 sudah menggunakan transmisi kopling manual 5-percepatan.

Oleh karena itu, Jupiter MX 135 buatan 2010 ke atas juga bisa menjadi pilihan motor kopling murah.

Pada masa awal-awal diluncurkan, motor ini ramai peminat karena tampilan yang sporty dan performa bisa diandalkan.

Penggunaan suspensi monoshock di belakang menjadi daya tarik tersendiri. Boleh dibilang dulu hanya motor ini dan Suzuki Satria yang menggunakannya.

Pada saat ini Yamaha masih menjual generasi teranyar motor ini yang menggunakan nama MX King 150 dengan harga tembus di atas Rp25 juta.

6. Yamaha Vixion Generasi Awal

Hingga saat ini Vixion masih menjadi andalan Yamaha untuk segmen motor sport 150 cc di Indonesia. Namun, harga barunya kini sudah tembus di atas Rp29,2 juta.

Beda cerita jika konsumen menengok ke pasar motor bekas. Bakal tersedia Vixion dari berbagai generasi termasuk keluaran pertamanya yang meramaikan jalanan Indonesia sejak 2007.

Pada awal meluncur, motor ini membawa gebrakan penting karena langsung menggunakan sistem suplai bahan bakar injeksi.

Selain itu, Vixion juga menggunakan rangka Deltabox yang menjadi ciri khasnya. Generasi awal motor ini memiliki ciri khas penggunaan lampu depan bulat.

Berdasarkan pantauan baru-baru ini di bursa motor bekas, Vixion keluaran 2007 sudah dijual mulai harga Rp6 jutaan.

7. Honda CB150R Generasi Awal

Motor yang juga dikenal dengan sebutan Streetfire ini merupakan pesaing langsung dari Vixion. Walaupun kehadirannya di pasar agak belakangan karena baru meluncur pada 2012.

Salah satu ciri khas yang dibawa motor ini sejak dulu hingga sekarang ialah penggunaan rangka teralis. Honda masih menjual generasi terbaru CB150R dengan harga Rp30 jutaan.

Sedangkan untuk harga bekas generasi pertamanya sudah di bawah Rp10 juta. Sama halnya dengan Vixion, motor ini juga sudah menggunakan injeksi sejak awal hadir meramaikan pasar Indonesia. Motor ini juga cocok untuk mereka yang mengutamakan performa.

Kesimpulan Motor Kopling Murah

Demikian ulasan tentang pilihan atau rekomendasi motor kopling murah yang ada di Indonesia sekarang. Mesti diakui pilihannya terbatas jika konsumen mengincar motor baru.

Namun, lain cerita jika mau menengok ke pasar motor bekas. Konsumen bisa menemukan model andalan para pabrikan dari generasi awal yang dijual dengan harga lebih terjangkau.

Selanjutnya mari lihat beberapa pertanyaan yang beredar di internet dengan topik serupa.

Apakah Keunggulan Motor Kopling?

Motor kopling memberikan kendali penuh terhadap penggunaan transmisi kepada pengendara. Cocok untuk mereka yang menyukai sensasi berkendara sporty.

Apakah Motor Kopling Lebih Irit?

Motor kopling berpotensi memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit dibandingkan motor matik. Hal itu dikarenakan mesin motor kopling lebih sering berada di putaran yang relatif lebih rendah.

Apa Motor Bebek yang Pakai Kopling?

Contoh motor bebek yang menggunakan kopling, di antaranya Yamaha F1ZR, Honda Supra V, Honda Supra XX, Suzuki Satria 120 R, atau Yamaha 125Z yang memiliki harga fantastis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *