NASIONAL

Membanggakan! Siswa SMA Pangudi Luhur Jakarta Akan Menciptakan Satelit CubeSat Buatan Mereka Sendiri

171
×

Membanggakan! Siswa SMA Pangudi Luhur Jakarta Akan Menciptakan Satelit CubeSat Buatan Mereka Sendiri

Sebarkan artikel ini
Membanggakan! Siswa SMA Pangudi Luhur Jakarta Akan Menciptakan Satelit CubeSat Buatan Mereka Sendiri
Membanggakan! Siswa SMA Pangudi Luhur Jakarta Akan Menciptakan Satelit CubeSat Buatan Mereka Sendiri

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Para siswa di SMA Pangdi Ruhur Jakarta mendapat tawaran luar biasa dari Adi Rahman Adivoso, presiden direktur PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), yang menginginkan mereka untuk menciptakan satelit sendiri.

Adi Rahman Adivoso, seorang lulusan SMA PL Jakarta tahun 1972 dan juga penggagas dari satelit terbaru, Nusantara 3 (Satria-1), ingin mengilhami generasi muda untuk berinovasi dalam industri satelit.

Kesempatan ini diberikan khususnya kepada para siswa kelas 10 dan 11, yang akan diberikan tanggung jawab untuk menciptakan satelit seperti cubesat dan nanosat.

Adi Rahman Adivoso, setelah memiliki pengalaman selama 50 tahun di industri satelit, yakin bahwa siswa-siswi SMA PL Jakarta mampu mengikuti jejak para siswa di Israel yang telah berhasil menciptakan satelit di sekolah mereka.

“Saya telah melihat siswa-siswa SMA Israel membuat satelit sendiri, meskipun ukurannya kecil. Saya percaya siswa-siswa SMA PL juga mampu melakukannya,” ujar Adi.

Adi memberikan dorongan kepada para siswa tersebut dengan memberi mereka waktu dua tahun untuk menyelesaikan proyek ini.

Dia berharap, dengan bimbingan dan kerja sama tim dari PSN, para siswa dapat berhasil menciptakan satelit yang mereka impikan.

Bagi Adi, membangun satelit itu seperti bermain Lego, di mana pengujiannya harus cukup sulit dan melibatkan banyak disiplin ilmu.

Dia berharap proyek ini dapat menghilangkan stigma ketakutan terhadap industri satelit dan membuktikan bahwa menciptakan satelit bukanlah hal yang mustahil.

Selama proyek berlangsung, tim dari PSN akan bekerja sama dengan para siswa dari SMA PL Jakarta untuk memberikan panduan dan dukungan.

Jika proposal proyek ini disetujui dan satelit berhasil dibangun, PSN siap membantu dalam menggalang dana yang diperlukan.

Adi memperkirakan dana sekitar 2-3 miliar Rupee akan diperlukan untuk mewujudkan proyek ambisius ini.

Perlu diketahui, PSN adalah perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia dan saat ini telah memiliki kapasitas satelit terbesar di negara ini.

Satelit terbaru mereka, Nusantara 3 (Satria-1), akan menjadi milik Pemerintah Republik Indonesia dan menjadi satelit pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Ka-band dengan kapasitas VHTS (Very High Throughput Satellite) mencapai 150 Gbps.

Hal ini akan membuka peluang akses internet lebih cepat dan luas di daerah-daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terjauh).

Semangat para siswa SMA Pangdi Ruhur Jakarta dalam menghadapi proyek ini sangatlah tinggi. Mereka tidak hanya berharap dapat menciptakan satelit sendiri, tetapi juga ingin menjadi bagian dari perkembangan teknologi satelit di Indonesia.

Dengan dukungan dari PSN dan semangat mereka yang membara, harapan untuk melihat satelit buatan siswa-siswa Indonesia melintasi angkasa semakin nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *