BERITANASIONAL

Gubernur Menerima Penghargaan Sebagai Pembina Terbaik dalam Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Nasional 2023

160
×

Gubernur Menerima Penghargaan Sebagai Pembina Terbaik dalam Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Nasional 2023

Sebarkan artikel ini
Gubernur Menerima Penghargaan Sebagai Pembina Terbaik dalam Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Nasional 2023
Gubernur Menerima Penghargaan Sebagai Pembina Terbaik dalam Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Nasional 2023

Media90 – Pada pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV Tahun 2023 yang diselenggarakan di PKOR, Bandar Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meraih penghargaan sebagai Gubernur Pembina Terbaik dalam bidang Teknologi Tepat Guna dan Posyantek.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar pada Rabu (7/6/2023).

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengungkapkan kegembiraannya karena dapat menyelenggarakan GTTGN XXIV di Provinsi Lampung yang luar biasa ini.

Ia juga mengapresiasi prestasi Lampung yang meraih banyak juara dalam gelaran GTTGN sebelumnya. Pada tahun ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan seluruh Bupati/Walikota Lampung juga menerima penghargaan atas keberhasilan dalam Teknologi Tepat Guna.

Dalam kesempatan tersebut, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyoroti pentingnya Teknologi Tepat Guna dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Pasal-pasal dalam undang-undang tersebut menggarisbawahi penggunaan teknologi tepat guna dalam tugas pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menegaskan bahwa penggunaan dana desa sangat direkomendasikan untuk inovasi dan pengembangan teknologi tepat guna.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan seluruh jajaran yang telah berperan sebagai pusat penyebaran dan bisnis Teknologi Tepat Guna Nusantara.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjelaskan bahwa GTTGN merupakan event nasional yang diselenggarakan setiap tahun untuk penyebarluasan informasi dan promosi mengenai teknologi tepat guna.

Acara ini bertujuan untuk mempercepat alih teknologi dari inventor/penemu kepada masyarakat pengguna, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi UMKM di desa.

Gubernur Arinal berharap bahwa Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara Menguatkan Daya Saing Desa dan Menyejahterakan Warga dapat memberikan manfaat bagi pembangunan berkelanjutan di desa dan di seluruh Indonesia.

GTTGN XXIV Tahun 2023 di Provinsi Lampung dihadiri oleh Gubernur-gubernur se-Indonesia, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Bupati/Walikota, dan Ketua DPRD se-Indonesia.

Kegiatan GTTGN XXIV ini berlangsung mulai tanggal 1-11 Juni 2023, dengan puncak acara pada 6-10 Juni 2023. Berbagai kegiatan dilaksanakan, termasuk pameran Teknologi Tepat Guna, lokakarya, temu bisnis, lomba cepat tepat nusantara, rakornis, pelatihan BUMDes, dan widyawisata.

Selain itu, GTTGN XXIV juga menampilkan pesta rakyat, bazar UMKM, kuliner, wahana hiburan, dan fashion show di Gedung Graha Wangsa Bandar Lampung.

GTTGN merupakan ajang tukar informasi dan promosi teknologi tepat guna dari seluruh provinsi di Indonesia, dan tahun ini Provinsi Lampung dipercaya sebagai tuan rumah GTTGN XXIV Tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *