BERITANASIONAL

Potensi Ekstrak Ikan Gabus dalam Mendukung Penyembuhan Pasca Melahirkan: Penelitian oleh Dosen Universitas Malahayati

147
×

Potensi Ekstrak Ikan Gabus dalam Mendukung Penyembuhan Pasca Melahirkan: Penelitian oleh Dosen Universitas Malahayati

Sebarkan artikel ini
Potensi Ekstrak Ikan Gabus dalam Mendukung Penyembuhan Pasca Melahirkan Penelitian oleh Dosen Universitas Malahayati
Potensi Ekstrak Ikan Gabus dalam Mendukung Penyembuhan Pasca Melahirkan Penelitian oleh Dosen Universitas Malahayati

Media90 – Penelitian ini dilakukan oleh tiga dosen dari Universitas Malahayati, yaitu Anggraini, Ratna Dewi Putri, dan Suci Mega Sari, dengan tujuan untuk mengevaluasi efektivitas ekstrak ikan gabus dalam mempercepat penyembuhan luka pada ibu setelah melahirkan. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Rawat Inap Sukamaju, Bandar Lampung, pada tahun 2020.

Luka perineum, yang sering terjadi pada proses persalinan, dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak sembuh dengan baik.

Untuk mempercepat penyembuhan luka, perawatan yang tepat serta asupan nutrisi yang cukup penting. Dalam penelitian ini, ekstrak ikan gabus dengan kandungan protein dan albumin yang tinggi diberikan kepada ibu pasca melahirkan. Ekstrak ikan gabus sebanyak 500 Mg diminum tiga kali sehari selama 10 hari setelah melahirkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ikan gabus efektif dalam mempercepat penyembuhan luka perineum jika dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mengonsumsi ekstrak ikan gabus.

Ikan gabus merupakan sumber nutrisi hewani yang memiliki kadar protein tertinggi dibandingkan dengan belut, daging sapi, dan telur. Selain itu, kandungan albumin yang tinggi dalam ikan gabus juga berperan dalam proses penyembuhan luka.

Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan ekstrak ikan gabus dalam bentuk kapsul yang banyak dijual di pasaran. Selain itu, ikan gabus juga dapat dikonsumsi secara langsung sebagai bagian dari makanan sehari-hari.

Diharapkan bahwa penggunaan ekstrak ikan gabus ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka perineum, mengurangi risiko infeksi, dan perdarahan pada ibu pasca melahirkan.

Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman kita tentang potensi penggunaan ekstrak ikan gabus dalam perawatan kesehatan ibu pasca melahirkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam perawatan kesehatan ibu pasca melahirkan di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *