BERITA

Upaya Peningkatan: Istana Negara Bidik Akselerasi Revitalisasi Irigasi Tambak dan Klarifikasi Status Lahan Tambak di Pasena

35
×

Upaya Peningkatan: Istana Negara Bidik Akselerasi Revitalisasi Irigasi Tambak dan Klarifikasi Status Lahan Tambak di Pasena

Sebarkan artikel ini
Istana Negara Targetkan Percepatan Revitalisasi Irigasi Tambak dan Perjelas Status Lahan Tambak Dipasena
Istana Negara Targetkan Percepatan Revitalisasi Irigasi Tambak dan Perjelas Status Lahan Tambak Dipasena

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin (29/1/2024), Deputi I, Bidang Kemaritiman dari Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (KSP RI), beserta rombongan, melaksanakan kunjungan ke pertambakan udang Dipasena di Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang.

Acara tersebut diselenggarakan di sekretariat Perhimpunan Petambak Pembudidaya Udang Wilayah Lampung (P3UW Lampung) mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Kunjungan ini, yang dipimpin oleh Tenaga Ahli Utama Kedeputian I KSP Bidang Kemaritiman, Alan Frendy Koropitan, merupakan kunjungan kedua dalam rangka kerja sama.

Diskusi utama difokuskan pada status hukum lahan irigasi, termasuk aspek kanal saluran pasok, saluran buang, pintu Dam, dan breakwater di pertambakan Dipasena.

Alan menyampaikan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK RI) telah menyatakan bahwa lahan tersebut masuk dalam kategori Area Penggunaan Lain (APL), yang berarti kepemilikannya ada pada pemerintah dan dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat Dipasena.

Dalam pertemuan tersebut, Alan mendorong Kementerian PUPR untuk memulai pembahasan mengenai tindak lanjut rencana revitalisasi irigasi pertambakan Dipasena.

Sambil menunggu proses lebih lanjut, Alan juga mencatat kemungkinan penguatan dalam sertifikasi Barang Milik Negara (BMN).

Dia menekankan kepada BPN dan manajemen PT CP Prima untuk mendukung percepatan proses ini, sehingga pemerintah dapat segera merevitalisasi pertambakan Dipasena.

Pertemuan selanjutnya dijadwalkan dua pekan ke depan di Bina Graha, Jakarta.

Sementara itu, Suratman, Ketua P3UW Lampung, menyambut baik kunjungan KSP ke Dipasena. Menurutnya, permasalahan yang selama ini terasa kompleks di sektor pertambakan, saat ini sudah semakin terang.

“Kita semua berharap ke depannya segera terselesaikan dengan baik. Sehingga produksi udang Dipasena dapat kembali berjaya,” kata Suratman.

Turut hadir dalam pertemuan ini berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Sekretaris Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Direktur Kelautan dan Perikanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sekda Provinsi, Kadis Perikanan Lampung, anggota DPD-RI, Pemda Kabupaten Tulang Bawang, Camat Rawajitu Timur, Kepala Kampung, Badan Permusyawaratan Kampung, tokoh agama se-Rawajitu Timur, serta pengurus P3UW Lampung sebagai tuan rumah.