BERITA

Upaya Inklusif Pemprov Lampung: Tanggamus Dijangkau, Layanan Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Diperluas

240
×

Upaya Inklusif Pemprov Lampung: Tanggamus Dijangkau, Layanan Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Diperluas

Sebarkan artikel ini
Pemprov Lampung Jemput Bola Berikan Pelayanan Rehabilitasi Penyandang Disabilitas di Tanggamus
Pemprov Lampung Jemput Bola Berikan Pelayanan Rehabilitasi Penyandang Disabilitas di Tanggamus

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Rabu (22/11/2023), Pemerintah Provinsi Lampung melalui Tim Pelayanan Sosial Jejaring Masyarakat (Yansos Jejama) Dinas Sosial Provinsi Lampung, melaksanakan upaya penjangkauan dan rehabilitasi sosial yang langsung menyentuh para penyandang disabilitas di Kabupaten Tanggamus.

Acara tersebut berlangsung di Aula GSG Islamic Center Desa Kedamaian, Kecamatan Kota Agung, dan berhasil menjangkau sebanyak 110 penyandang disabilitas.

Selama kegiatan, dilakukan penyerahan alat bantu seperti kursi roda sebanyak 20 buah, kruk ketiak 2 buah, alat bantu dengar 7 buah, tongkat netra 2 buah, kursi roda khusus 1 buah, dan tripod 2 buah.

Program inovatif Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, yang menjadikan kepedulian terhadap penyandang disabilitas sebagai fokus utama, mendapat apresiasi dari Pelaksana Tugas (Pj.) Bupati Tanggamus, Drs. Hamid Heriansyah Lubis M.Si.

Baca Juga:  Yayasan Alfian Husin Bantu 45 Korban Banjir dengan Beras dan Mi Instan Menjelang Ramadhan

Sekda Kabupaten hadir pada penutupan acara dan secara langsung menyerahkan beberapa alat bantu kepada penyandang disabilitas.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Lampung, melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung, yang telah memberikan bantuan kepada Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tanggamus. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga kami yang kurang beruntung karena mengalami disabilitas,” ujar Drs. Hamid Heriansyah Lubis M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Aswarodi M.Si, menjelaskan bahwa Pelayanan Sosial Jejaring Masyarakat (Yansos Jejama) adalah kegiatan jemput bola yang memberikan layanan rehabilitasi di luar panti, menjangkau langsung para penyandang disabilitas di desa dan kecamatan.

Tim Yansos Jejama, yang terdiri dari tenaga medis, perawat kejiwaan, psikolog, dan pekerja sosial, melakukan pemeriksaan dan assesment untuk menentukan derajat kedisabilitasan.

Baca Juga:  Keistimewaan di Sumatra: IIB Darmajaya Menjadi Tuan Rumah Pemutaran Tiga Film Festival Sinema Prancis

Hasilnya berupa rekomendasi jenis intervensi yang diberikan kepada penyandang disabilitas.

Kegiatan ini sejalan dengan misi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, serta penyandang disabilitas guna mewujudkan masyarakat Lampung yang berjaya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DWP Tanggamus Ibu Nuraini, Kepala Desa setempat, perangkat desa, kecamatan, dan pejabat di Kabupaten Tanggamus.

Semua pihak bersatu untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, menjadikan acara ini sebagai langkah konkret dalam menciptakan inklusi dan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas di Tanggamus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *