BERITANASIONAL

Universitas Teknokrat Indonesia Membimbing SMKN SPP Lampung dalam Pengembangan Website Sekolah melalui Program Pengabdian

93
×

Universitas Teknokrat Indonesia Membimbing SMKN SPP Lampung dalam Pengembangan Website Sekolah melalui Program Pengabdian

Sebarkan artikel ini
Universitas Teknokrat Indonesia Membimbing SMKN SPP Lampung dalam Pengembangan Website Sekolah melalui Program Pengabdian
Universitas Teknokrat Indonesia Membimbing SMKN SPP Lampung dalam Pengembangan Website Sekolah melalui Program Pengabdian

Media90 – Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan dan penggunaan website sekolah di SMKN SPP Lampung sejak bulan Maret 2023.

Pelatihan ini menggunakan tools modern dan ditujukan bagi guru, tenaga kependidikan, dan pelajar di SMKN SPP Lampung.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan oleh Universitas Teknokrat Indonesia.

Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan.

Dalam konteks ini, website sekolah menjadi sangat penting sebagai sarana komunikasi, informasi, dan media yang efektif antara sekolah, siswa, orang tua, dan masyarakat.

Peran website sekolah telah berkembang dari sekadar situs online yang menampilkan informasi dasar menjadi platform yang dinamis dan interaktif.

Melalui website sekolah, sekolah dapat berbagi berbagai informasi, berita, pengumuman, dan kegiatan akademik maupun ekstrakurikuler dengan pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pendidikan.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan meliputi pemberian materi konsep dasar pengembangan website sekolah, praktik manajemen konten, dan pemanfaatan teknologi modern.

Para peserta pelatihan diberikan pemahaman tentang manajemen konten dan fungsi situs web.

Mereka juga dibantu menggunakan tools modern dan teknologi terbaru dalam pengembangan web, termasuk desain responsif untuk memastikan tampilan yang optimal pada berbagai perangkat.

Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk mempelajari bagaimana mengelola konten, membuat halaman, mengatur tata letak, dan mempublikasikan konten sesuai kebutuhan sekolah.

Junaina, Kepala SMKN SPP Lampung, mengungkapkan bahwa kehadiran website sekolah dapat meningkatkan citra sekolah, mempererat hubungan dengan pemangku kepentingan seperti orang tua, alumni, dan masyarakat, serta meningkatkan transparansi dan keterbukaan dalam memberikan informasi yang akurat dan terkini.

Selain itu, website sekolah juga memiliki potensi untuk memperluas jangkauan pemasaran dan promosi sekolah melalui platform online.

Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, menjelaskan bahwa penting bagi sekolah untuk memahami kebutuhan akan website yang efisien dan berkualitas.

Pengembangan dan pengelolaan website sekolah yang baik memerlukan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang.

Mahathir Muhammad juga menekankan bahwa pelatihan dan peningkatan keterampilan dalam pengembangan dan penggunaan website sekolah merupakan langkah penting bagi guru dan staf sekolah untuk memenuhi kebutuhan digital saat ini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan tim dosen UTI, yaitu Rusliyawati, Erliyan Redy Susanto, dan Agus Wantoro, serta tim mahasiswa UTI, yaitu Bella Imam Firmansyah (Teknik Komputer), Junico Ade Setiawan (Informatika), dan Ryan Fathurohman (Sistem Informasi).

Diharapkan melalui kegiatan ini, SMKN SPP Lampung dapat memanfaatkan potensi website sekolah secara optimal, meningkatkan kualitas komunikasi, serta mampu memenuhi tuntutan kebutuhan digital dalam dunia pendidikan yang terus berkembang.