BERITA

Universitas Lampung Menyambut Kedatangan 2.611 Mahasiswa Baru melalui Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi

22
×

Universitas Lampung Menyambut Kedatangan 2.611 Mahasiswa Baru melalui Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi

Sebarkan artikel ini
Universitas Lampung Menerima 2.611 Mahasiswa Baru dari Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi
Universitas Lampung Menerima 2.611 Mahasiswa Baru dari Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Universitas Lampung (Unila) mengumumkan penerimaan sebanyak 2.611 mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk tahun akademik 2024.

Angka ini setara dengan 20,6% dari total kuota penerimaan sebanyak 9.815 mahasiswa.

Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., Wakil Rektor Bidang Akademik Unila dan Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), menyampaikan kegembiraannya atas keberhasilan para calon mahasiswa yang lolos melalui jalur prestasi.

“Saya mengucapkan selamat kepada para siswa yang berhasil melalui jalur prestasi. Bagi yang belum berhasil, masih ada kesempatan melalui jalur tes tertulis dan mandiri,” ujarnya pada Selasa (26/3/2024) di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lantai 2, Kampus Unila.

Suripto juga menyoroti persaingan yang ketat di beberapa program studi (Prodi) pada penerimaan SNBP 2024 di Unila, terutama di kategori Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial dan Humaniora (Soshum).

“Persaingan paling ketat dalam Saintek terjadi di prodi Farmasi dengan rasio 1:42 siswa. Sedangkan, di Soshum, keketatan terbesar terjadi di Prodi Manajemen dengan rasio 1:31 siswa,” jelasnya.

Untuk Saintek, minat tertinggi didominasi oleh prodi Farmasi, Pendidikan Kedokteran, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Agribisnis, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Teknik Sipil, Sistem Informatika, dan Teknik Elektro.

Di Soshum, minat terbesar berada pada prodi Manajemen, PGSD, Hukum, Akutansi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Indonesia, Ilmu Administrasi Negara, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Muhamad Komarudin, M.T., Koordinator Humas PMB Unila, juga menyatakan bahwa pendaftar jalur SNBP didominasi oleh sekolah di Provinsi Lampung dengan 13.602 pendaftar, diikuti oleh Provinsi Sumatera Selatan dengan 1.838 pendaftar.

Selain itu, hampir semua provinsi di Indonesia memiliki pendaftar SNBP.

Meskipun begitu, pendaftar SNBP 2024 masih didominasi oleh siswa-siswi SMA, mencapai 72%, meskipun ada juga yang berasal dari SMK dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN).

Bagi yang masih berminat, pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan dibuka mulai tanggal 21 Maret hingga 5 April 2024.

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang 1 akan dilakukan pada 30 April dan 2-7 Mei.

Sedangkan, UTBK gelombang 2 akan dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024, dengan pengumuman hasil SNBT dijadwalkan pada tanggal 13 Juni 2024.

Universitas Lampung masih membuka pintu bagi mereka yang berminat untuk bergabung dengan mengikuti jalur tes tertulis dan mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *