BERITA

Peluncuran Sertifikat Elektronik “Sentuh Tanahku”: Menteri ATR/BPN Dorong Efisiensi dan Keamanan Pertanahan di Indonesia

63
×

Peluncuran Sertifikat Elektronik “Sentuh Tanahku”: Menteri ATR/BPN Dorong Efisiensi dan Keamanan Pertanahan di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Menteri ATR BPN Luncurkan Sertifikat Elektronik di Lampung, Sekda Lampung Selatan Ikut Partisipasi
Menteri ATR BPN Luncurkan Sertifikat Elektronik di Lampung, Sekda Lampung Selatan Ikut Partisipasi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, turut serta dalam acara bersejarah penyerahan sertifikat dan peluncuran aplikasi sertifikasi elektronik tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Novotel Bandar Lampung pada Senin (4/12/2023).

Acara ini juga menjadi momentum penting dengan penyerahan secara simbolis sertifikat kepada 10 penerima, mencakup sebagian kecil dari total 2.550.800 sertifikat tanah yang telah diserahkan secara daring di seluruh Indonesia.

Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, dalam sambutannya, menyatakan bahwa penerapan aplikasi sertifikat tanah elektronik dengan nama “Sentuh Tanahku” ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pendaftaran tanah.

Ia menekankan bahwa aplikasi ini tidak hanya mempermudah proses administrasi, tetapi juga melindungi keamanan sertifikat dari risiko bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.

“Aplikasi sertifikat elektronik ini meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam pembuatan sertifikat, mengurangi interaksi langsung dengan masyarakat dalam layanan pertanahan, dan membatasi ruang gerak mafia tanah,” ujar Hadi Tjahjanto.

Salah satu inovasi utama dalam Sentuh Tanahku adalah sistem keamanannya yang menggunakan teknologi lock data.

Hal ini memungkinkan pemerintah untuk meningkatkan proteksi data pada sertifikat versi elektronik, menjadikannya lebih sulit untuk dimanipulasi atau disalahgunakan.

“Kedepannya, kami berharap keamanan autentisitas dan validitas data sertifikasi akan terus ditingkatkan, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya sertifikat palsu dan duplikasi data,” tambah Hadi Tjahjanto, menegaskan komitmen pemerintah dalam menjaga integritas dan keamanan data pertanahan.

Dengan peluncuran Sentuh Tanahku, diharapkan bahwa penggunaan sertifikat elektronik akan menjadi langkah maju dalam transformasi digital di sektor pertanahan Indonesia, memberikan manfaat nyata dalam efisiensi administrasi dan keamanan dokumen pertanahan.