BERITA

Unila Umumkan 5.278 Pelajar Lolos Seleksi SNBT 2024, SMAN 2 Bandar Lampung Terbanyak

70
×

Unila Umumkan 5.278 Pelajar Lolos Seleksi SNBT 2024, SMAN 2 Bandar Lampung Terbanyak

Sebarkan artikel ini
Unila Umumkan 5.278 Pelajar Lolos Seleksi SNBT 2024, SMAN 2 Bandar Lampung Terbanyak
Unila Umumkan 5.278 Pelajar Lolos Seleksi SNBT 2024, SMAN 2 Bandar Lampung Terbanyak

Media90 – Universitas Lampung (Unila) telah mengumumkan hasil seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk tahun 2024. Sebanyak 5.278 siswa dari Lampung dinyatakan lolos dan diterima di Unila.

Komarudin, Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila, menyampaikan bahwa pada SNBT 2024 ini terdapat total 37.633 pendaftar, meningkat 30,85 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, 5.278 calon mahasiswa dinyatakan lulus, yang mana kuota penerimaan hanya sebesar 14 persen dari total pendaftar.

Selain itu, 2.054 calon mahasiswa akan menerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).

“Jumlah yang lulus ada 5.278 calon mahasiswa, dengan kuota 14 persen yang diterima dari jumlah peminat. Kemudian ada 2.054 calon mahasiswa yang akan menerima beasiswa KIPK,” jelas Komarudin.

Baca Juga:  Penundaan Kenaikan Pangkat dan Mutasi Polisi di Tulang Bawang Setelah Pinjamkan Kendaraan ke Warga dan Tinggalkan Dinas

Fakultas Kedokteran menjadi yang paling diminati dan memiliki nilai tertinggi dalam SNBT 2024 ini. Fakultas tersebut menarik perhatian 2.155 pendaftar.

Selain Fakultas Kedokteran, program studi yang banyak diminati adalah Fakultas Hukum, D3 Perpajakan, Manajemen, Farmasi, dan D3 Administrasi Perkantoran.

Untuk kategori Saintek, peminat terbanyak ada di Fakultas Kedokteran, sedangkan untuk kategori Soshum, Fakultas Hukum menjadi pilihan utama.

“Terbanyak peminat Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, D3 Perpajakan, Manajemen, Farmasi, D3 administrasi Perkantoran. Prodi Saintek peminat terbanyak di kedokteran dan Prodi Soshum peminat terbanyak di hukum,” ujar Komarudin.

Dari segi asal sekolah, SMAN 2 Bandar Lampung menjadi sekolah dengan jumlah siswa terbanyak yang diterima di Unila, diikuti oleh SMA 5 Al-Kautsar, SMAN 1 Terbanggi Besar, dan SMAN 12 Bandar Lampung.

Baca Juga:  Tim Khusus Dibentuk Polda Lampung untuk Investigasi Kematian Siswa SPN Kemiling

“Setelah dinyatakan diterima, para calon mahasiswa selanjutnya melakukan pengisian data pokok mahasiswa melalui laman Sidakma Unila 15-20 Juni 2024, untuk menjadi dasar apakah diterima jalur mandiri atau tidak,” tambah Komarudin.

Bagi calon mahasiswa yang lulus di Fakultas Kedokteran, mereka diwajibkan untuk mengikuti pemeriksaan tambahan pada 19-29 Juni 2024.

Untuk pindah jurusan, mahasiswa minimal harus menempuh studi hingga semester kedua terlebih dahulu dan mengikuti mekanisme yang ada.

Pengumuman ini membawa harapan baru bagi ribuan pelajar di Lampung yang berjuang keras dalam proses seleksi, sekaligus menjadi langkah awal bagi mereka untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi di Unila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *